by

Cara Cepat Tanpa Iklan Menanggulangi Laptop Hang

Bagaimana cara menanggulangi laptop hang? Laptop hang, terhenti tidak ada respons ketika baru mengawali, ini mampu terjadi.

Oh ya, bagi Anda yang tidak tahu, startup yang dimaksud di sini mampu tiga hal. Saat Booting, saat tamat Booting, dan sesudah masuk ke Windows.

Efeknya terperinci suatu laptop sehingga tidak bisa dipakai. Untuk alasan ini, kami ingin membahasnya sedikit.

Ada banyak penyebab persoalan laptop yang macet ketika startup. Tapi jangan repot-repot, berikut ini ialah hal utama yang lazimnya terjadi.

Penyebab Laptop Hang Saat Startup

Cara Mengatasi Laptop Hang pada Windows 7, 8 dan 10 Dengan Benar

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Dipasang

Banyak aplikasi yang diinstal, akan menambah beban kinerja bagian Laptop (RAM, Processor, Harddisk). Singkatnya ini tidak disebabkan oleh keseluruhan, namun pada aplikasi yang dimuat ketika memuat awal.

2. File Cache Sistem Terlalu Penuh

Tujuan cache di sini yakni tata cara file yang secara otomatis timbul dikala laptop dipakai. File seperti ini mampu menambah beban kinerja laptop, dan kadang-kadang dapat membuat sistem jadi sulit untuk dimuat.

Efeknya mampu dicicipi selama waktu startup.

3. Ada kerusakan pada sistem

Intinya di sini ialah sebab Anda menginstal aplikasi tertentu, atau memang mengubah metode file. Ini tentu saja mampu memiliki efek, dan menciptakan metode tidak wajar (Jika memang ada kesalahan).

4. Ada virus

Virus pada tata cara Windows cukup lazim. Dan ini mampu menambah beban kinerja, tergolong ketika proses Mulai dimulai. Efeknya akan memperlambat pemuatan.

Dan pada waktu-waktu tertentu crash mampu menciptakan startup gagal.

5. Hard drive yang rusak

Hard drive yang rusak dapat terjadi pada laptop. Umumnya, ini disebabkan oleh usia laptop yang terlalu panjang, atau alasannya adalah laptop suka mati sendiri.

Berikut ini merupakan cara mengtaasi laptop yang hang.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Penyebab Laptop Hang Saat Startup

1. Menghentikan Program yang Macet dengan Task Manager

Ini ialah salah satu cara termudah untuk mengatasi laptop hang menurut kami, bila ada software yang macet lazimnya memori RAM akan penuh.

Tapi kita masih mampu membuka task manager dengan mengklik Ctrl + Alt + Del kemudian pilih Task Manager.

Jika Anda telah memasukkan task manager, cari acara yang membuat laptop Anda lambat. Makara itu cukup sederhana, cukup pilih perangkat lunak yang mengkonsumsi paling banyak RAM lalu klik End Program.

Tunggu beberapa saat hingga acara dihentikan oleh task manager, lihat RAM yang penuh sudah menyusut. Setelah itu Anda menjajal menciptakan laptop bila tidak lagi macet atau masih macet.

2. Masuk ke Safe Mode

Untuk masuk ke safe mode sangat gampang, pastinya Anda harus mematikan laptop terlebih dulu atau laptop sudah mati.

Dengan memasuki safe mode, Anda akan dibawa ke sistem operasi Windows dasar di mana semua acara pihak ketiga dan perangkat lunak lain tidak dapat digunakan.

Cara masuk ke mode kondusif cukup gampang, adalah nyalakan laptop Anda kemudian tekan F8. Di setiap merek laptop biasanya cara yang berlainan untuk masuk ke safe mode namun perbedaannya hanya pada cara masuknya.

Dimungkinkan untuk menggunakan tombol F1 sampai F12.

3. Matikan Laptop Secara Paksa

Jika laptop Anda macet dan tidak ada respons sama sekali, bahkan task manager tidak mampu dibuka, maka tidak ada cara lain selain memaksa laptop mati.

Terpaksa di sini tidak seperti mencabut baterai laptop ketika masih menyala. Cara menangani kemacetan laptop dengan ini cukup mudah. Cukup tekan tombol daya laptop hingga laptop mati.

Memang, tata cara ini tidak diusulkan, kecuali bila Anda dalam keadaan mendesak Anda mesti menggunakan Mama. Setelah laptop mati, maka Anda dapat me-restart laptop mirip biasa.

4. Instal Anti Malware Dan Antivirus

Menurut usulan kami, instalasi anti-malware dan antivirus adalah salah satu perawatan permulaan untuk mencegah kerusakan pada laptop.

Anti-malware dan antivirus bertugas untuk menertibkan segala sesuatu yang berbau malware dan virus pada laptop, hal ini berkhasiat untuk menangkal kerusakan perangkat lunak.

5. Pulihkan Windows

Cara menangani kemacetan laptop selanjutnya menggunakan restore windows.

Langkah ini sesungguhnya sama dengan menginstal ulang metode, metode ini bisa Anda gunakan jikalau antivirus dan antimalware tidak berfungsi mengawasi laptop Anda secara maksimal.

Caranya dengan menekan Windows + R, jendela Run akan muncul. Di jendela Jalankan, tekan rstrui lalu masuk. Kotak obrolan Pulihkan Poin akan timbul. Klik Next> Pilih Restore time kemudian tekan next lagi.

Maka proses restore akan berlangsung. Tunggu sampai proses pemulihan tamat dan lihat perbedaannya.

6. Instal ulang OS Laptop

Jika memang semua tata cara di atas sudah dijalankan tetapi laptop masih hang, macet atau tidak ada balasan untuk penyelesaian terakhir ialah menginstal ulang laptop.

Ini yakni solusi terbaik jika Anda tidak ingin repot menggunakan 9 sistem sebelumnya.

Memang, semua perangkat lunak yang diinstal akan dihapus, dan laptop Anda akan kembali seperti itu gres dalam arti bahwa tata cara operasi masih segar.

Keuntungan menginstal ulang semua virus, malware, dan sistem yang rusak akan dihapus selama proses instalasi ulang.

7. Sesuaikan pengaturan BIOS

Untuk pengaturan BIOS ini, kami yakin setiap merek laptop mempunyai performa yang berbeda satu sama lain. Di sini kami memperlihatkan teladan menggunakan laptop Dell.

Caranya yaitu dengan menyalakan laptop, kemudian masuk ke BIOS menggunakan F2. Setelah memasuki BIOS, pilih Advanced BIOS Featured atau fitur lanjutan dari BIOS.

Cari cache BIOS, jikalau Anda menemukannya maka nonaktifkan atau Nonaktifkan. Akhirnya simpan pengaturan menggunakan F10. Begitulah cara mengatasi kemacetan laptop menggunakan pengaturan BIOS.

8. Copot Program yang Membuat Kesalahan Laptop Seperti Perangkat Lunak Berkapasitas Besar

Jika Anda suka bermain game, pertama kali berbelanja laptop Anda mesti memilih laptop dengan RAM dan VGA yang besar.

Tetapi bila laptop Anda memiliki spesifikasi di bawah rata-rata, mungkin bila Anda menggunakannya untuk bermain game, itu akan terasa lambat, tertinggal, tidak merespons, bahkan hang.

Karena itu solusinya, hapus instalan game dan perangkat lunak besar yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Instal dan mainkan game yang mempunyai spesifikasi kecil, ini juga untuk kebaikan laptop Anda sendiri.

9. Perbarui Driver

Memang driver merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam laptop. Tanpa driver, laptop Anda tidak akan mampu melakukan apa pun.

Sama mirip aplikasi di ponsel, driver laptop di sini berfungsi seperti OS yang mesti diperbarui. Jika ada masalah mirip laptop yang sering hang, maka salah satu problem mampu ditemukan pada driver.

Coba periksa apakah driver laptop Anda memiliki model terbaru atau tidak dengan menggunakan perangkat lunak driver booster.

10. Periksa keadaan perangkat keras (RAM, hard drive, kipas, dan unsur lainnya)

Jika sesudah diinstal ulang, namun masih ada problem dengan laptop Anda, itu mempunyai arti ada mesin / perangkat keras yang kondisinya kurang maksimal seperti kotor, korosif, berdebu, dan bahkan rusak.

Untuk langkah ini Anda harus membawanya ke tukang komputer terbaik di dekat tempat tinggal Anda.

  • Cara Membuat Fanspage
  • Cara Mengatasi Force Close
  • Cara Download Subtitle Youtube

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami tentang Cara Mengatasi Laptop Hang pada Windows 7, 8 dan 10 Dengan Benar, agar bisa menolong anda semua.

Terima kasih telah membaca postingan ini dan jangan lupa untuk membaca postingan kami yang yang lain.

News Feed