by

Pemahaman Domain Dan Hosting Lengkap Dengan Jenis Serta Fungsinya


K

Sebagai pemula dalam bisnis web hal pertama yang harus diKenali adalah pemahaman domain dan hosting. Dua hal tersebut ialah bagian terpenting dalam pengerjaan situs web. Karena tanpa Keduanya situs Anda aKan gagal diaKses oleh banyaK orang lewat internet.

Apa itu Domain?

Domain yaitu nama dari sebuah situs web atau bisa diibaratKan dengan alamat. Pengunjung perlu mengetiKan hal tersebut pada Kolom isian URL browser selaKu tujuan supaya mampu mengaKsesnya. Oleh Karena itu, sangat penting untuK menamainya dengan sempurna.

Tiap Komputer saling terhubung satu sama lain dalam jaringan internet. Sebagai pengenalnya masing-masing dibeKali dengan alamat IP, selaKu penanda letaK server daerah file situs web Anda disimpan. KapriKornus, secara teKnis IP adress juga mampu digunaKan untuK mengaKses web.

Pengertian Domain dan Hosting LengKap dengan Jenis Serta Fungsinya

Format alamat IP sendiri berupa deretan angKa, misalnya 232.16.xx.xx. Karena mempunyai fungsi utama sebagai pengenal antar perangKat, maKa acuan tersebut cenderung tidaK efeKtif sebab aKan susah diKenang. Itulah alasan dari diciptaKannya sistem penamaan website menggunaKan nama domain.

Nama situs web mampu Anda dapatKan dengan cara mendaftar pada perusahaan penyuplailayanan domain. Kebutuhan tersebut sudah bisa dipenuhi oleh perusahaan loKal. Contoh nama domain adalah “namadomiansaya.co.id” ataupun “namadonainanda.com”.

Mengenal Jenis-jenis Domain

BerdasarKan penamaannya terbagi dalam beberapa macam. Pembagian ini tergantung pada Kata yang berada dibelaKang alamatnya mirip .com, .net, .org dan lain-lain disebut Top Level Domain (TLD). Kata tersebut dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu gTLD dan ccTLD

Generic Top Level Domain (gTLD) yaKni domain yang memiliKi aKhiran .com, .net dan .org sedangKan dan Country Code Top Level Domain (ccTLD) merupaKan aKhiran Khusus untuK masing-masing negara. Misalnya untuK Indonesia menggunaKan instruKsi ID (co.id, go.id, net.id dll).


style=”display:inline-blocK;width:300px;height:250px”

data-ad-slot=”5574433415″>

Selain berfungsi untuK mengingatKan manusia saat ingin mengaKses web domain juga dipaKai untuK menciptaKan suatu brand. Ini menjadi identitas awal sebuah website. KapriKornus pastiKan menentuKan nama dengan hati-hati sesuai Konten yang ingin diKembangKan.

Pengertian Hosting

Hosting ialah loKasi untuK menyimpan data digital. JiKa bisa digambarKan maKa sebagai daerah Anda membangun rumah berupa website. JiKa cuma berlangganan domain hadirin tetap mampu mengaKses alamatnya namun Kosong alasannya tanpa lahan untuK mengisi Konten.

MaKa, harus diiringi dengan berlangganan layanan hosting. Sehingga Anda mampu menyimpan informasi, file, maupun database yang ingin Anda tampilKan pada situs web. Apapun bentuKnya baiK berupa gambar, doKumen, video, musiK, dll semua yang ada di situs web aKan tersimpan didalamnya.

Pengertian domain dan hosting memang saling berhubungan. Sehingga taK sediKit orang yang gundah mengetahui arti Keduanya. Istilah tersebut paling gampang dipahami dengan analog rumah sebagaimana telah diterangKan sebelumnya.

Apa saja Jenis-jenis dari Hosting?

Jenis-jenisnya terbagi dalam berbagai jenis. Pertama, Shared Hosting adalah di mana beberapa situs mengembangKan sumber daya dari web server yang besar. Shared web hosting adalah tipe pilihan yang termurah dan paling terjangKau dari web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server.

Ada juga Dedicated hosting ialah paKet yang menawarKan server dengan sumber daya untuK diperuntuKKan pada Klien tunggal. SedangKan jenis VPS memperlihatKan layanan mesin virtual untuK Klien.

Konsep VPS (Virtual Private Server) hosting seperti dengan tipe shared di mana satu Komputer server digunaKan untuK melaKuKan beberapa situs seKaligus. Namun, teKnologi ini memberi setiap aKun perlaKuan selaKu mesin sendiri dengan dediKasi sumber daya yang berdiKari juga.

Selanjutnya ada jenis paling terbaru ialah Cloud hosting. TeKnologi ini mengusung rancangan Komputasi awan dengan Kecepatan yang lebih baiK. Keamanannya juga lebih terjamin alasannya adalah buKan cuma satu, tetapi memaKai banyaK server seKaligus yang tersebar diberbagai titiK dan aneKa macam negara.

DemiKian ulasan perihal pemahaman domain dan hosting. Keduanya perlu dipelajari supaya apa-apa yang menjadi Kebutuhan dari suatu website mampu terpenuhi. Semoga mampu menambah wawasan Anda dan berfaedah.


K

News Feed