12 Kiat Mengurangi Air Di Rumah Tanpa Ribet

Posted on

Tips meminimalkan air di rumah sepertinya perlu diketahui oleh setiap orang, guna menekan pengeluaran rumah tangga.

Memang tak dapat disangkal bahwa air merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menunjang aneka macam acara sehari-hari, mulai dari mencuci, mengolah makanan, hingga mandi.

Nah, alasannya penggunaan air yang tak disadari inilah, mungkin di antara kamu ada yang terkejut ketika datang-datang menerima tagihan air dalam jumlah besar. Tentu hal ini membuat kau kesal, bukan?

(Baca Juga: 10 Pemanas Air Listrik Terbaik)

Oleh karena itu, agar ini tak perlu terjadi lagi di abad yang akan datang, kamu perlu mengenali ihwal kiat mudah dalam mengurangi air di rumah dengan cara yang benar dan tepat, mirip yang hendak kita bahas di dalam kesempatan kali ini.

Tips Menghemat Air di Rumah

Sebenarnya, kiat meminimalisir air tidaklah sesulit yang kita bayangkan lho. Tanpa memerlukan perangkat teknologi yang canggih, kamu hanya cukup berubah gaya hidup saja. Bagaimana sih caranya?

1. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Mengurangi Aktivitas Menyiram

Tips pertama yang perlu dimengerti dalam meminimalisir air ialah, dengan meminimalisir intensitas dalam melakukan acara menyiram, mirip mencuci kendaraan dan menyiram tanaman.

Apabila biasanya kamu mencuci kendaraan beroda empat 3 hari sekali, maka kamu mampu menguranginya dengan mencuci mobil minimal 1 atau 2 minggu sekali saja, atau hanya dikala kendaraan beroda empat benar-benar dalam keadaan kotor.

Selain itu, kamu mampu mencoba untuk mencuci kendaraan dengan selang bertekanang, sehingga bisa menghemat sampai 80 persen penggunaan air.

Sementara itu untuk mengurangi air saat menyiram tanaman, tentu kau tidak perlu menyiram flora dikala hujan atau ketika memasuki isu terkini hujan, bukan?

2. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Mengganti Bak Menjadi Shower

Mungkin kau acap kali menemukan rumah-rumah yang memakai kolam mandi untuk menampung air, atau bahkan rumah kau sendiri.

Perlu dikenali bahwa rumah dengan bak mandi sering kali sering lupa dalam mematikan keran dikala sedang mengisi air di kolam.

Akibatnya, banyak air yang terbuang tidak berguna ke selokan. Hal inilah yang membuat tagihan air menjadi membengkak tanpa disadari.

Nah, salah satu cara yang bisa dikerjakan untuk menyiasatinya yaitu dengan mengganti bak tersebut menjadi tata cara shower.

Sehingga, kau secara otomatis hanya akan menyalakan keran air saat dipakai dan mematikannya dikala sudah simpulan digunakan. Cara satu ini juga menciptakan air menjadi tidak terbuang secara cuma-hanya.

Ternyata, mandi memakai shower tercatat cuma menghabiskan sekitar 15-30 liter air saja. Sedangkan berendam di bathtub justru memerlukan sampai 300 liter air dalam sekali pemakaian.

3. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Tidak Lupa Mematikan Keran

Walaupun misalkan kamar mandi rumah sudah diganti menjadi shower, umumnya nyaris selalu ada ‘oknum’ yang acap kali menjadi dalang lupa mematikan keran saat telah tamat dipakai, baik itu setelah final mencuci tangan, mencuci piring, mengambil wudhu, bahkan saat final mandi.

Padahal, air yang dikeluarkan tanpa sengaja dan secara sia-sia itu menjadi salah satu hal yang membuat tagihan menjadi makin membesar.

Tak hanya itu, kebiasaan jelek satu ini juga bisa membuat kelestarian air menjadi terancam. Oleh alasannya itu, jangan malas untuk senantiasa saling mengingatkan anggota keluarga yang lain untuk tidak lagi lupa mematikan keran.

4. Tips Menghemat Air di Rumah Dengan Daur Ulang Air Bekas Cucian

Selanjutnya adalah dengan daur ulang air bekas cucian. Nah, daur ulang disini tujuannya bukan dengan mengolah air kotor menjadi air higienis dengan derma filter, melainkan dengan memakai air bekas untuk keperluan yang lain.

Sebagai acuan, air yang habis dipakai untuk mencuci baju atau bilasan basuh piring bisa kita gunakan kembali untuk kebutuhan yang lain, mirip menyiram toilet atau menyiram tanaman.

5. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Mengurangi Waktu Mandi

Bagi sebagian orang, mandi merupakan momen yang menggembirakan. Karena hal itulah, tak jarang pula banyak orang yang sering menghabiskan waktu yang cukup usang di kamar mandi.

Akan tetapi, ternyata kebiasaan tersebut bisa menciptakan kau juga turut menghabiskan banyak air tanpa disadari lho.

Apa yang hendak terjadi jikalau kamu melakukan itu secara terus-menerus? Jelas planning untuk menghemat budget rumah tangga, khususnya dalam mengeluarkan uang air, tidak ada terealisasikan.

Mungkin akan sukar, namun ada baiknya bila kau mulai mengurangi kebiasaan berlama-lama di kamar mandi ini.

Selain itu, kamu juga bisa menyiasatinya dengan mandi menggunakan shower untuk mampu lebih mengurangi air.

6. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Mengurangi penggunaan Deterjen

Tips mudah menghemat air di rumah berikutnya yakni dengan meminimalkan penggunaan deterjen. Perlu dikenali bahwa penggunaan deterjen atau cairan pembersih lainnya terang membutuhkan air untuk membilasnya.

Oleh alasannya adalah itu, logikanya semakin banyak deterjen atau cairan pembersih yang dipakai, maka akan kian banyak pula air yang diharapkan untuk membilas itu.

Karenanya, ada baiknya bila kau mulai meminimalisir penggunaan deterjen biar aktivitas membilas pun juga tidak membutuhkan banyak air.

Tak hanya itu, kamu juga mampu menyiasatinya dengan memakai sabun biodegradable yang berbahan organik agar air bekasnya masih mampu dipakai atau di daur ulang untuk kebutuhan yang lain.

7. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Mematikan Keran Saat Menyikat Gigi

Ternyata, kiat mengurangi air sama sekali tidak susah lho. Hanya dengan mematikan keran ketika menyikat gigi saja sudah bisa membantu dalam menekan biaya tagihan air.

Memang terdengar mudah, namun sering kali diabaikan. Faktanya, banyak orang yang ternyata mempunyai kebiasaan untuk tetap menyalakan keran air ketika menggosok gigi.

Padahal menurut penelitian, ada sekitar 6 liter air yang mau terbuang secara cuma-hanya dari keran air yang dinyalakan saat seseorang melaksanakan kegiatan gosok gigi lho.

Maka dari itu, ada baiknya jikalau kebiasaan satu ini segera dihilangkan. Menyalakan dan mematikan keran sesuai keperluan.

8. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Memeriksa Saluran Air Secara Rutin

Saluran air yang melakukan pekerjaan dengan baik ternyata mampu menolong kau dalam mengurangi air lho. Sebab, memeriksakan susukan air secara terencana ini justru mampu membantu kamu dalam mendapatkan kebocoran dengan cepat.

Sehingga apabila terjadi suatu kebocoran, maka kau bisa secepatnya menanganinya dengan segera dan mencegah air yang terbuang secara tidak berguna.

9. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Menggunakan Filter Air

Tips meminimalkan air dengan mudah selanjutnya yakni dengan memakai filter air. Jika kamu sering membeli air dengan menggunakan bungkus galon, maka kau mungkin bisa melakukan penghematan dengan menggunakan filter air.

Memang apa sih keterkaitannya? Dengan menggunakan filter air, kamu tidak butuhlagi berbelanja air bungkus atau galon, alasannya adalah air keran di rumah mampu kamu manfaatkan untuk dikonsumsi, yakni dengan cara memfilternya menggunakan suatu alat.

Memang alat filter air ini mempunyai harga yang relatif mahal, akan tetapi jikalau kau melakukan penghitungan menyeluruh, maka biaya mahal untuk membeli filter air tetap jauh lebih hemat dibandingkan kamu membeli air galon setiap 2 minggu sekali.

10. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Membuat Lubang Biopori

Bagi yang belum tahu, lubang biopori ialah suatu lubang silindris yang dibentuk masuk ke dalam tanah secara vertikal, selaku metode resapan air dengan tujuan untuk meminimalkan genangan air, yaitu dengan cara memajukan daya resap air pada tanah.

Lubang biopori ini bisa menjadi salah satu cara brilian untuk mengurangi air. Langkah-langkah untuk membuatnya yaitu dengan:

  • Buatlah lubang dengan diameter 10 cm di halaman rumah
  • Isilah lubang dengan sampah organik
  • Pada nantinya, lubang akan terisi air secara otomatis ketika hujan turun

Nah, air yang masuk ke dalam lubang tersebut akan meresap ke dalam tanah dan dijadikan sebagai sumber air tanah untuk suplai air bersih yang kau butuhkan untuk mendukung kegiatan di rumah.

11. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Menggunakan Air Aerator

Aerator itu sendiri ialah suatu mesin penghasil gelembung udara yang berfungsi untuk menggerakkan air di dalam aquarium agar airnya menjadi kaya akan oksigen terlarut yang mana sungguh diharapkan oleh semua ikan.

Nah, menggunakan alat ini bisa menghalangi fatwa dari keran, sehingga bisa melaksanakan penghematan air dengan baik.

12. Tips Menghemat Air di Rumah dengan Tidak Menggunakan Botol Plastik

Tips terakhir yang mampu kamu kerjakan dalam meminimalisir air di rumah adalah dengan mulai menyingkir dari penggunaan botol plastik.

Sebab, botol plastik dinilai mampu menghancurkan sumber air di dalam tanah alasannya adalah penguraiannya yang memerlukan waktu usang.

Tak cuma itu, racun yang terdapat di dalam botol plastik pun juga bisa mengkontaminasi tanah dan sumber-sumber air yang ada.

Oleh alasannya adalah itu, kamu mampu menyiasatinya dengan memakai alat filter air untuk lebih meminimalisir penggunaan air.

(Baca Juga: Penyebab Tagihan Listrik Mahal)

Jadi, itulah beberapa kiat mudah dalam meminimalisir air yang mampu kamu kerjakan di rumah. Tahukah kau? Sekarang membayar tagihan air sudah bisa dikerjakan dengan memakai kartu kredit lho.

Bahkan, kamu juga mampu mempergunakan beberapa situs e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, yang membuat pembayaran tagihan air menjadi lebih mudah tanpa perlu repot ke luar rumah.

Belum punya kartu kredit? Segera olok-olokan saja di CekAja.com untuk aktivitas transaksi yang lebih mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *