5 tips Cek Blt Rp600 Ribu Penting Sungguh Gampang, Kau Sudah Tahu?

Posted on

Buat kau pegawai dengan gaji di bawah Rp5 juta dan mengikuti program BLT pemerintah, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara cek BLT Rp600 ribu yang bisa dikerjakan? Meski BLT tahap pertama sudah diberikan pemerintah pada Kamis (27/8), tetapi rasanya masih ada beberapa orang yang belum tahu dengan terperinci cara cek BLT Rp600 ribu.

Hal tersebut dikarenakan, ada beberapa cara cek BLT Rp600 ribu yang mampu dilaksanakan, untuk mengenali apakah BLT dari pemerintah sudah masuk atau belum.

Nah, buat tahu apa saja cara cek BLT Rp600 ribu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kau. Simak bahu-membahu, yuk!

Sekilas perihal BLT Rp600 Ribu

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang cara cek BLT Rp600 ribu, ada baiknya kau mengenali apalagi dulu sekilas ihwal BLT Rp600 ribu.

Sejatinya, pinjaman BLT Rp600 ribu oleh pemerintah ini, ditujukan untuk para pegawai swasta dan pegawai pemerintah non PNS, yang terdaftar selaku penerima BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki gaji per bulan di bawah Rp5 juta.

Ini dijalankan pemerintah selaku bentuk stimulus ekonomi, dalam menghadapi pandemi virus Covid-19 yang sampai sekarang belum usai.

Sebab, selama pandemi Covid-19, banyak sekali masyarakat yang terdampak. Terlihat dari banyaknya pemutusan relasi kerja yang terjadi di sejumlah perkantoran.

Maka dari itu, salah satu cara yang pemerintah kerjakan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menawarkan BLT senilai Rp600 ribu per bulan, selama 4 bulan berturut-turut, yang diperlukan keuntungannya mampu dinikmati eksklusif oleh masyarakat.

(Baca Juga: Penerapan PSBB di Jakarta)

Sistem Pemberian BLT Rp600 Ribu

Untuk sistemnya sendiri, pemerintah akan menawarkan BLT secara sedikit demi sedikit. Melansir dari nasional.kontan.co.id, menurut perhitungan BPJS Ketenagakerjaan, ada sekitar 15,5 juta pekerja yang hendak menerima BLT sebesar Rp600ribu.

Pada tahap pertama, Kementerian Ketenagakerjaan sudah mendapatkan data sebanyak 2,5 juta pendaftar yang mau mendapatkan BLT.

Untuk tahap berikutnya, BPJS Ketenagakerjaan nanti akan memberikan data kandidat akseptor BLT tersebut, terhadap Kementerian Ketenagakerjaan secara sedikit demi sedikit.

Namun, Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan untuk semua data kandidat akseptor BLT Rp600 ribu, telah bisa diverifikasi sebelum tamat bulan September 2020.

Pada akhir Agustus 2020, tepatnya yakni tanggal 27, pemerintah sudah menunjukkan BLT RP600 ribu tahap pertama, kepada para pendaftarnya untuk kala tunjangan Agustus – September.

Dengan kata lain, pendaftar yang data-datanya sudah divalidasi oleh pemerintah dan namanya masuk dalam tahap pertama, akan menerima BLT sebanyak Rp 1,2 juta.

Proses bantuan BLT tersebut, dilaksanakan dengan cara mentransfer pribadi ke rekening pendaftar, lewat empat Bank BUMN, yaitu Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri dan Bank BNI.

Tetapi, jika bank yang dipakai oleh pendaftar yakni bank swasta, maka pendaftar harus lebih bersabar alasannya adalah proses pengantaran BLT lewat bank swasta, akan memakan waktu lebih banyak, ialah sekitar satu sampai dua hari.

Melansir dari cirebon.tribunnews.com, Ida Fauziyah sebagaiMenteri Ketenagakerjaan mengatakan, kalau pemberian BLT Rp600 ribu ini akan diberikan setiap minggunya, setidaknya untuk 2,5 juta pendaftar.

Dengan demikian, untuk kamu pekerja yang sudah terdaftar selaku peserta BLT Rp600 ribu, namun belum menerima dananya pada Kamis (27/8), kau mungkin perlu melakukan pengecekan kembali, dengan mengajukan pertanyaan langsung ke HRD kantor atau lewat beberapa cara cek BLT Rp600 ribu yang bisa dilaksanakan.

Persyaratan dan Cara Daftar BLT Rp600 Ribu

Agar mampu melaksanakan beberapa cara cek BLT Rp600 ribu, kau pasti harus terdaftar apalagi dahulu sebagai pendaftar. Namun, untuk mampu melaksanakan pendaftaran, tentukan kamu memenuhi beberapa standar, mirip:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Bekerja sebagai karyawan swasta dan pegawai pemerintah non PNS
  • Memiliki gaji per bulan di bawah Rp5 uta
  • Menjadi akseptor aktif di BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek per Juni 2020
  • Memiliki nomor rekening aktif di bank
  • Tidak menjadi peserta penerima manfaat acara Kartu Prakerja

Apabila kamu sudah memenuhi semua standar di atas, maka kau telah mampu melakukan pendaftaran BLT Rp600 ribu, dengan cara selaku berikut:

  • Buka laman resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Setelah itu klik daftar pengguna
  • Kemudian, pilih satu dari tiga segmen yang sesuai dengan status kau, adalah segmen untuk Penerima Upah (PU), segmen Bukan Penerima Upah (BPU) dan segmen Pekerja Migran Indonesia (PMI)
  • Jika telah, masukkan alamat e-mail, lalu klik kirim
  • Isi formulir pendaftaran sesuai dengan data yang dibutuhkan, mirip nama lengkap pendaftar, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama lengkap ibu kandung, nomor ponsel dan alamat e-mail
  • Jika proses pendaftaran berhasil, nantinya kau akan mendapatkan PIN yang diantarmelalui e-mail, atau nomor ponsel yang telah didaftarkan.

Jika semua langkah di atas sudah dijalankan dengan benar, maka kamu tinggal menunggu agenda BLT Rp600 ribu mu cair. Kamu nanti bisa melakukan pengecekan, lewat beberapa cara cek BLT Rp600 ribu dari pemerintah.

5 Cara Cek BLT Rp600 Ribu

Berbicara tentang cara cek BLT Rp600 ribu, sejatinya cara yang bisa dikerjakan sangat banyak. Kamu mampu melaksanakan pengecekan melalui aplikasi, situs web, Whatsapp, SMS maupun tiba langsung ke kantor cabang Kementerian Ketenagakerjaan, dengan membawa beberapa dokumen yang diperlukan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas langkah-langkah yang harus dijalankan, dari cara cek BLT Rp600 ribu, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Cara Cek BLT Rp600 Ribu melalui Aplikasi

  • Unduh aplikasi BPJSTK Mobile di Play Store atau App Store
  • Setelah aplikasi berhasil di unduh, peserta harus melaksanakan registrasi untuk mendapatkan PIN
  • Saat melakukan registrasi, akseptor wajib memasukkan nomor KPJ, nomor e-KTP atau NIK, tanggal lahir, serta nama lengkap pendaftar
  • Setelah sukses melaksanakan pendaftaran, peserta bisa login dengan memasukkan alamat e-mail dan password
  • Kemudian pilih sajian kartu digital
  • Apabila penampilan menu Kartu Digital sudah keluar, klik penampilan tersebut, kemudian di bagian bawah akan tampakstatus penerima BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak.

2. Cara Cek BLT Rp600 Ribu melalui Website

  • Buka laman resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Setelah itu, masukkan alamat e-mail dan password, lalu login
  • Klik sajian layanan, kemudian pilih cek saldo JHT
  • Kemudian masukkan PIN yang telah dikirim melalui SMS
  • Jika pin yang dimasukkan benar, maka akan keluar performa sisa saldo
  • Dari saldo tersebut, kau bisa melihat apakah dana BLT Rp600 ribu sudah masuk atau belum

3. Cara Cek BLT Rp600 Ribu melalui Whatsapp

Untuk melakukan pengecekan dana BLT Rp600 ribu melalui Whatsapp, bekerjsama cara yang perlu kamu kerjakan sungguh mudah. Kamu bisa pribadi menghubungi ke nomor 08111-9115-910 atau ke nomor +62 855-1500-910, seperti yang dilansir mantrasukabumi.asumsi-rakyat.com.

4. Cara Cek BLT Rp600 Ribu lewat SMS

Selain lewat tiga cara di atas, kamu juga mampu melaksanakan pengecekan dana BLT Rp600 lewat SMS. Langkah-langkah yang mesti kau lakukan pun tidak kalah gampang dari cara cek lewat Whatsapp, yaitu:

  • Ketik DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal Lahir#Nomor Peserta#E-mail (jika ada)
  • Kemudian kirim SMS ke 2757
  • Untuk format tanggal lahir, kau bisa memasukkannya dengan format dd-mm-yy

5. Cara Cek BLT Rp600 Ribu Datang Langsung ke Kantor Cabang

Cara mengevaluasi BLT Rp600 ribu yang terakhir yakni dengan datang eksklusif ke kantor cabang. Pastikan kau menjinjing beberapa dokumen yang diperlukan, untuk menganalisa kepesertaan serta mengambil dana BLT R600.

Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan tersebut, di antaranya yaitu KTP elektro dan Kartu Kepesertaan.

Apabila dua dokumen itu sesuai dengan data yang didaftarkan, maka sudah ditentukan bahwa kau telah resmi terdaftar sebagai akseptor BLT Rp600 ribu dari pemerintah, selama empat bulan berturut-turut.

(Baca Juga: Dampak Virus Corona dan Pemotongan Gaji Karyawan)

Bagaimana, semua cara pengecekan BLT Rp600 ribu tersebut sangat gampang untuk dilakukan, bukan? Kamu bisa memilih satu dari lima cara tersebut, yang paling sesuai untuk kamu kerjakan.

Hanya saja, untuk cara terakhir, yakni datang eksklusif ke kantor cabang seharusnya tidak kau kerjakan saat ini.

Hal tersebut dikarenakan, saat ini kita masih berada di tengah situasi pandemi Covid-19. Yang mana, setiap orang sudah seharusnya melaksanakan karantina diri, untuk menangkal terjadinya penularan virus Covid-19.

Sehingga, ada baiknya kau melaksanakan pengecekan BLT Rp600 ribu secara online, yaitu melalui aplikasi, website, Whatsapp atau SMS, untuk menghalangi penularan virus Covid-19.

Sebab, jika kamu memaksa untuk tetap melaksanakan pengecekan eksklusif ke kantor cabang, maka potensi untuk kamu tertular virus Covid-19 sangat besar.

Pasalnya, kalau sudah tertular virus Covid-19, kamu tidak cuma merasakan sakit yang hebat, tetapi kamu juga mesti mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit, untuk pengobatan dan perawatan selama kamu sakit. Dengan begitu, beban yang harus ditanggung oleh kau dan keluarga terbilang sangat besar.

Namun, kau mampu meminimalkan besarnya biaya pengobatan dengan memakai asuransi kesehatan. Karena, asuransi kesehatan akan menjamin semua ongkos pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Untuk itu, buat kau yang belum mempunyai asuransi kesehatan, kamu bisa secepatnya mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang mampu kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan asuransi kesehatan lewat CekAja.com pun sungguh mudah, cepat dan aman, alasannya CekAja.com telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk ejekan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *