Menu

Mode Gelap

- · 2 Des 2020 06:36 WIB ·

8 Seni Manajemen Mencar Ilmu Efektif, Menuntut Ilmu Jadi Lebih Mengasyikkan


 8 Seni Manajemen Mencar Ilmu Efektif, Menuntut Ilmu Jadi Lebih Mengasyikkan Perbesar

Mencari cara untuk seni manajemen mencar ilmu efektif memang terkadang dilaksanakan, tidak cuma oleh para pelajar saja, melainkan untuk masyarakat secara lazim.

strategi belajar efektif

Hidup ini memang tidak pernah berhenti meminta kita untuk selalu mencar ilmu. Sebut saja seperti berguru untuk ujian di sekolah, mencar ilmu untuk masuk Perguruan Tinggi, melamar pekerjaan, tes CPNS, hingga berguru untuk pindah pekerjaan dan lain-lain.

Dikarenakan hal itulah, tidak heran jika ada pepatah “belajarlah hingga ke negeri Cina”, alasannya menimba ilmu memang tidak pernah ada habisnya.

(Baca Juga: 5 Tips Efektif Belajar SBMPTN)

Hanya saja, walaupun setiap orang bisa melakukan kegiatan belajar sesuai apa yang mereka inginkan, orang yang memiliki strategi berguru efektif lah yang biasanya mampu menyerap ilmu dengan lebih baik lagi.

Jika kamu merupakan satu dari sekian banyak yang belum menemukan cara supaya belajar menjadi lebih efektif, janganlah khawatir karena di dalam peluang kali ini kita akan membicarakan wacana strategi mencar ilmu efektif yang setidaknya mampu memberikanmu kemudahan dalam mencerna pelajaran dengan lebih singkat dan efisien.

Strategi Belajar Efektif

1. Tentukan Tujuan Utama

Strategi mencar ilmu efektif yang pertama yaitu dengan menentukan tujuan utama dan target. Sebagai teladan, bila tujuan awalmu untuk mencar ilmu ialah biar mampu masuk ke Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia, maka target yang mesti kamu memutuskan ialah untuk mampu memiliki nilai yang mumpuni.

Nah, dibuatnya sasaran dan tujuan ini adalah supaya kau juga mempunyai motivasi untuk lebih bergairahdalam belajar.

Tidak cuma itu, tujuan dan target juga akan membantumu untuk tetap fokus dan konsisten selama berlangsungnya proses belajar.

2. Membuat Jadwal Belajar

Setelah memilih sasaran dan tujuan, maka langkah berikutnya dalam strategi mencar ilmu efektif ialah dengan menciptakan acara berguru.

Dalam hal ini, kau akan dituntut untuk lebih konsisten dan berkomitmen dalam agenda yang sudah dibentuk.

Misalkan, saban hari kau akan mencar ilmu setidaknya selama 2-3 jam dengan istirahat selama 10 menit. Selain itu, kau juga mampu memilih waktu yang sekiranya akan memberikan akomodasi dalam menyerap ilmu.

Ada orang yang lebih tenteram untuk berguru di pagi hari, tetapi ada pula yang justru lebih tenteram ketika belajar sebelum tidur.

Jika kau merasa bahwa berguru di malam hari lebih efektif, maka cobalah untuk konsisten. Hindari mencar ilmu dengan sistem kebut semalam.

Bahkan kalau kamu merasa lelah dan cuma bisa belajar selama 20 menit, itu akan jauh lebih baik dibandingkan tidak berguru sama sekali.

3. Bangun Suasana Belajar yang Nyaman

Tidak ada salahnya jika kau membuat situasi mencar ilmu senyaman mungkin. Suasana mencar ilmu yang nyaman untuk setiap orang biasanya berlainan-beda.

Ada yang lebih tenteram belajar di daerah yang sunyi, tetapi ada pula yang lebih nyaman berguru sambil mendengarkan musik.

Nah, kau bisa membangun situasi berguru yang tenteram sebagai salah satu strategi berguru efektif. Apabila kau memang merasa lebih bisa konsentrasi belajar dikala mendengarkan musik, maka kau mampu memasang musik-musik favorit melalui speaker ataupun headset.

4. Merangkum Pelajaran

Merangkum pelajaran mampu dijadikan sebagai salah satu strategi mencar ilmu efektif sebab dari sinilah kau bisa mencari tahu seberapa jauh pemahamanmu kepada suatu materi. Membaca satu buku tentu akan memakan waktu yang cukup lama.

Dengan merangkum pelajaran kamu bisa mempersingkat waktu belajar sekaligus mencerna materi dengan lebih singkat dan efisien.

Kamu mampu menciptakan rangkuman dengan menggunakan bahasa sendiri sesuai dengan apa yang kau pahami.

Tidak cuma untuk mempersingkat waktu, seni manajemen berguru efektif satu ini juga akan memberikanmu akomodasi dalam mengingat suatu materi.

5. Buat Akronim yang Mudah Diingat

Jika kau memperoleh beberapa istilah yang sedikit sulit untuk diingat, maka kamu mampu membuat singkatan sendiri yang hendak memberikanmu kemudahan dalam mengenang.

Sebagai acuan kau mencar ilmu wacana asas-asas pemilu ialah langsung, umum, bebas, belakang layar, jujur dan adil.

Jika mengenang semuanya sekaligus mungkin akan sedikit sukar. Maka kau bisa menciptakan rangkaian kata yang lebih gampang dikenang, mirip “Lu Be R Ju Dil”. Dengan memakai abreviasi, hal tersebut akan mempermudahmu dalam mengenang berbagai hal di dalam bahan pembelajaran.

6. Memahami Bukan Menghafal

Dalam hal ini, tampaknya masih banyak orang yang sering tertukar antara menghafal dan mengetahui.

Padahal keduanya mempunyai makna yang berlawanan lho. Menghafal materi tidak bisa disamakan dengan memahami, dan juga tidak bisa dimasukan ke dalam strategi belajar efektif.

Biasanya, menghafal condong efektif dalam rentang waktu pendek saja, mirip semalam sebelum cobaan. Namun, cara satu ini juga menjadi salah satu cara yang gampang dilupakan oleh sebagian orang.

Sementara itu, mengetahui dianggap justru lebih efektif dan berjangka panjang alasannya secara tidak pribadi kau lebih mengetahui terhadap bahan dan teori pembelajaran.

Jika kamu sudah paham akan suatu bahan, maka kamu juga akan lebih mudah dalam mengerjakan banyak sekali jenis soal dari perspektif yang berlawanan-beda.

Biasanya, pertanyaan yang terdapat di dalam cobaan tidak pernah sungguh-sungguh sama mirip apa yang kau dapatkan di buku.

Akan ada saatnya kau memperoleh pertanyaan yang diambil dari sudut pandang yang berbeda, dan dengan mengerti suatu bahan, pasti kau tidak akan pernah kesusahan dalam menjawab banyak sekali bentuk pertanyaan.

7. Perbanyak Materi yang Kurang Dipahami

Di dalam setiap bahan pembelajaran, pasti ada kalanya kau kurang mengetahui pada salah satu materi dan justru cukup menguasai di materi lainnya. Nah, dalam hal ini ketahuilah bahan-materi apa saja yang sekiranya kurang diketahui.

Kemudian, cobalah kau tandai bahan-materi yang tidak dikenali, baik itu dengan membuat catatan kecil maupun dengan menggunakan stabilo.

Setelah itu, jikalau sudah saatnya kamu berguru sesuai dengan agenda yang telah dibuat sebelumnya, maka tugasmu berikutnya yakni dengan mendahulukan bahan yang kurang diketahui tersebut.

Dengan begitu, seluruh bahan pembelajaran akan mampu kau kuasai dan ketahui secara merata, sehingga kamu juga tidak akan mengalami kesusahan ketika menghadapi cobaan nantinya.

8. Hindari Begadang

Ini beliau salah satu strategi belajar efektif yang mungkin cukup ampuh bagi setiap orang, yakni dengan tidak begadang dan istirahat yang cukup.

Hal tersebut dikarenakan tidur yang cukup akan membantumu menyimpan berita dengan lebih baik dan efektif.

(Baca Juga: Daftar Bimbel Terbaik untuk Masuk PTN Favorit 2020)

Berdasarkan studi yang dikerjakan oleh Universitas Harvard mengungkapkan bahwa mahasiswa yang istirahat dengan cukup setiap malam akan dapat mengingat bahan pembelajaran sebesar 35% lebih baik dibandingkan mahasiswa yang sering begadang atau mencar ilmu di malam hari tanpa tidur.

Dapatkan aneka macam informasi mempesona lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kau juga mampu mendapatkan aneka macam anjuran produk keuangan sesuai kebutuhan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengobatan Asuransi Untuk Pekerja Dan Jenis-Jenisnya

2 Desember 2020 - 11:18 WIB

Pentinglah Asuransi Untuk Barang Elektronik Dan Contohnya

2 Desember 2020 - 11:15 WIB

5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

2 Desember 2020 - 11:09 WIB

tips Mengubah Kartu Kredit Yang Rusakâ Dan tips Mencegahnya

2 Desember 2020 - 11:06 WIB

Mengenal Pemahaman Dan Perbedaan Asuransi Perjalanan Syariah

2 Desember 2020 - 11:03 WIB

Rekomendasi 7 Daftar Buku Terbaik Untuk Belajar Saham

2 Desember 2020 - 11:00 WIB

Trending di -