9 Kesalahan Memakai Masker Yang Banyak Dilaksanakan Orang, Berhati-Hatilah!

Posted on

Kesalahan memakai masker tampaknya perlu dimengerti oleh setiap orang untuk kondisi mirip saat ini. Bagaimana tidak? Pandemi Covid-19 yang masih mewabah memang jadi mengharuskan setiap lapisan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, salah satunya yakni dengan senantiasa mengenakan masker ketika terpaksa mempunyai kepentingan di luar rumah.

Kesalahan Memakai Masker

Akan namun, nyatanya menggunakan masker itu sendiri bukan bermakna bisa semerta-merta menyingkir dari kita untuk tertular virus sepenuhnya. Sebab, penggunaan masker juga memiliki tata cara yang baik dan benar. Maka dari itu, agar tidak salah untuk kedepannya, di dalam potensi kali ini kita akan membicarakan ihwal beberapa kesalahan memakai masker sekaligus metode yang bagus dalam memakai masker menurut protokol kesehatan. Apa sajakah itu? Yuk disimak tolong-menolong.

Kesalahan Memakai Masker

Dilansir dari aneka macam sumber, terdapat beberapa kesalahan menggunakan masker yang kadang-kadang tanpa sadar dilaksanakan oleh kebanyakan orang, ialah diantaranya yaitu:

1. Hanya Menutupi Lubang Hidung

Kesalahan memakai masker yang pertama adalah mereka yang menggunakan masker cuma menutupi lubang hidung saja dan tidak hingga atas. Mungkin, banyak yang berpikir bahwa menggunakan masker cuma untuk melindungi lubang hidung dan mulut saja. Padahal, WHO menyarankan bahwa setiap orang wajib memakai masker setidaknya menutupi ujung hidup, mulut, dan dagu tanpa celah.

2. Terlalu Longgar

Kesalahan menggunakan masker berikutnya ialah menggunakan masker yang terlalu longgar. Jelas saja, masker yang terlalu longgar tidak mampu melindungi secara efektif seseorang dari paparan virus yang mampu masuk melalui celah yang ada. Oleh alasannya itu, tentukan sebelum berbelanja masker maka sesuaikan dulu dengan ukuran tampang. Masker yang ideal tidak akan terasa sakit bila digunakan dalam waktu usang dan juga tidak terlalu longgar.

3. Menggunakan Masker di Bawah Dagu

Kesalahan memakai masker selanjutnya yakni dengan menggunakan masker di bawah dagu. Kamu tidak akan mampu menyaksikan atau mengetahui jenis virus apakah yang melekat pada bagian bawah dagu sampai leher. Dan lalu kau menggantungkan masker ke bab dagu dan menaikannya kembali sampai ke ujung hidung. Secara otomatis, virus yang terdapat di bawah dagu tersebut akan terbawa dan melekat pada hidung dan mulutmu.

(Baca Juga: Amankah Memakai Masker Saat Olahraga?)

4. Melepas dan Memegang Masker

Melepas dan memegang masker sebelum mencuci tangan mungkin merupakan salah satu kesalahan menggunakan masker yang paling sering dilaksanakan orang tanpa sadar. Perlu dimengerti bahwa, sebelum mencuci tangan menggunakan sabun, ada baiknya bila kamu tidak melepas dan memegang masker apalagi dahulu.

Sebab, hal tersebut memungkinkan virus yang terdapat pada tangan justru akan mengkontaminasi bab masker yang menciptakan bisa terbawa dan masuk ke hidung dan verbal kalau kamu menggunakan masker itu kembali. Selain itu, usahakan pula untuk tidak melepas masker di kawasan biasa dengan alasan apapun.

5. Kain Masker yang Memiliki Lubang

Karena himbauan untuk senantiasa mengenakan masker saat sedang berada di luar rumah, maka ketika ini sudah berbagai aneka macam jenis versi masker yang mampu kamu beli di pasaran. Namun, mau se-fashionable apapun masker tersebut, tetap usahakan untuk membeli masker yang tidak memiliki lubang atau celah.

Pastikan bahwa masker mempunyai beberapa lapisan yang rapat. Terdapat beberapa kain masker yang condong tipis dan berongga (seperti jaring kecil). Nah, jenis masker tersebut tidak akan membantumu dalam mencegah penularan virus corona.

6. Mengalungkan Masker di Leher

Kesalahan menggunakan masker selanjutnya adalah dengan mengalungkan masker di leher. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa leher berkemungkinan untuk memiliki virus yang tak kasat mata. Sehingga, jika kau mengalungkan masker di leher maka secara tidak pribadi bisa menambahrisiko kontaminasi.

7. Menggunakan Masker Medis Secara Terbalik

Jika diamati, maka masker medis mempunyai kawat di salah satu bagiannya. Nah, kau harus menaruh bab masker yang terdapat kawat tersebut pada ujung hidung, dan bukan dagu. Sebab, adanya kawat berfungsi untuk menahan masker biar tetap menempel pada hidung. Oleh karena itu, setiap kawat yang terdapat di masker medis bisa ditekuk semoga pengguna mampu menyesuaikannya dengan ukuran hidung.

8. Tidak Membersihkan Masker dengan Baik

Jika kamu menggunakan masker kain, maka tentukan bahwa masker mesti senantiasa dibersihkan dengan benar setiap digunakan, guna menentukan bahwa masker tidak tercemar dengan virus. Disarankan untuk mencuci masker saban hari sesudah kau menggunakannya. Sementara itu untuk masker medis, maka pastikan untuk secepatnya membuangnya bila sudah kotor atau rusak.

9. Menggunakan Masker Basah atau Kotor

Kesalahan menggunakan masker yang terakhir yaitu dengan mengenakan masker yang masih berair atau kotor. Jika telah kotor, maka pastikan untuk secepatnya mencuci masker dan mengubahnya dengan yang baru. Sebab, selain mampu menimbulkan rasa kurang tenteram, menggunakan masker basah dan kotor juga tidak baik bagi pernapasan.

Cara Tepat Memakai Masker

Setelah mengenali tentang beberapa kesalahan menggunakan masker yang sering dianggap enteng dan dijalankan oleh banyak orang, sekarang saatnya kita turut mengenali perihal cara tepat yang perlu dikerjakan saat memakai masker. Dilansir dari kompas.com, beberapa cara untuk memakai masker adalah:

  • Pastikan untuk menggunakan masker sesuai bentuk wajah, tidak kekecilan maupun kebesaran.
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum menggunakan masker.
  • Jika memakai masker medis, maka letakkan garis kawat sempurna di bagian ujung hidung.
  • Setelah masker terpasang, sesuaikan kembali dengan kenyamanan dan tentukan bahwa tidak selenggarakan ada celah antara masker dan paras .
  • Masker mesti menutupi bab hidung, tampang, hingga dagu secara sempurna dan tanpa celah.
  • Apabila masker sudah terpasang, usahakan untuk tidak menyentuh masker jika kamu belum mencuci tangan.

Cara Tepat Melepas Masker

Selain mengetahui perihal kesalahan menggunakan masker yang banyak dijalankan oleh orang, sepertinya kau juga perlu mengenali wacana cara sempurna dalam melepas masker. Masih dilansir dari kompas.com, cara tepat dalam melepas masker ialah:

  • Selalu mencuci tangan sebelum melepas masker
  • Pastikan untuk tidak menjamah sisi luar masker, karena merupakan kawasan berkumpulnya bakteri.
  • Jika kamu mengenakan masker tali, maka lepaslah tali bagian bawah apalagi dahulu. Lalu, dilanjutkan dengan bab atas. Sedangkan untuk masker karet, cukup tarikan karet dari telinga tanpa menjamah permukaan masker.
  • Untuk masker sekali pakai, secepatnya robek masker sebelum dibuang ke tempat sampah, biar masker tidak didaur ulang. Sedangkan untuk masker kain, senantiasa cuci dan ganti masker saban hari. Tempatkan pula di wadah yang higienis dan tertutup.

Jadi, itulah beberapa kesalahan memakai masker yang sering dikerjakan oleh orang beserta hal-hal yang lain yang perlu dimengerti. Perlu dikenang untuk setiap lapisan penduduk , bahwa kesalahan menggunakan masker mampu mengakibatkan penularan virus corona yang ketika ini diketahui sungguh berbahaya. Maka dari itu, pastikanlah bahwa kau mengenakan masker sesuai dengan proposal yang sudah ditetapkan oleh WHO.

(Baca Juga: Tips Aman Pakai Masker Kain)

Selain itu, selaku proteksi ekstra, jangan lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan yang mampu memberikanmu sumbangan finansial di kurun pandemi seperti ketika ini. Bingung memilih asuransi kesehatan yang cocok? Jangan pula cemas! Sebab, CekAja.com hadir untuk memecahkan seluruh persoalan yang dihadapi, termasuk problem dalam menentukan produk asuransi terbaik.

Melalui CekAja.com, kamu bisa melaksanakan perbandingan tentang jenis produk asuransi manakah yang sekiranya paling cocok dengan keperluan dan kesanggupan. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melakukan pengajuan asuransi yang sepenuhnya dijalankan secara online, sehingga akan lebih menghemat waktu dan energi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ejekan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *