by

Agar Tak Boros Di Kala Digital, 5 Kebiasaan Penting Mesti Dikurangi

Tak mampu disangkal, pertumbuhan tekonologi semakin mutakhir saja di periode digital ini. Setiap tahun, ada saja produk teknologi yang dirilis untuk memudahkan acara seseorang. Namun, kolam pisau bermata dua, produk-produk teknologi selain mampu menjadi sahabat yang baik juga berpeluang menjadi musuh yang jahat. Terutama memiliki efek kepada keadaan finansial yang bikin boros.

5 Kebiasaan yang Harus Kamu Hindari di Era Digital

Meski teknologi mempermudah hidupmu, tetap bijak menggunakannya ya. Jangan mau terlena dan uangmu habis akibatnya. Yuk, cek apa saja kebiasaan yang perlu disingkirkan di kala teknologi canggih berikut ini:

1. Budak internet

Budak internet - Biar Tak Boros di Era Digital 5 Kebiasaan Ini Harus Dikurangi

Sebagian besar orang terutama yang hidup di kota telah akrab dengan internet. Apapun yang dicari atau diharapkan, cuma dengan mengakses internet, maka masalah bisa langsung kelar. Apalagi banyak platform media umum macam Facebook, Twitter, Youtube, TikTok dan lain-lain yang menjadi mainan baru anak kecil sampai cukup umur.

Alhasil, lumayan banyak pengguna yang sudah menjadi ‘budak internet’ dan kecanduan bermedia sosial tanpa henti. Kalau telah begitu, otomatis kuota internet terus dikorbankan. Mustahil jika kau terus-akses numpang WiFi punya orang, kan? Maka itu, sebaiknya gunakan internet dipakai untuk hal penting saja ya.

2. Keranjingan abuh

Keranjingan benjol - Biar Tak Boros di Era Digital 5 Kebiasaan Ini Harus Dikurangi

Berkat canggihnya teknologi, saat ini kamu cukup ongkang-ongkang kaki atau sambil rebahan saja jikalau mau belanja apapun. Tinggal buka ponsel lalu berselancar di marketplace, kamu mampu belanja apa saja yang kamu kehendaki. Mulai dari busana, aksesoris, makeup, hingga keperluan daput. Kegiatan ini lazimdisebut dengan abuh alias belanja online.

Jangan salah, kerap kali belanja online lebih murah ketimbang belanja langsung ke toko. Hanya saja, saking seringnya dimanjakan fasilitas dan diskon harga ekonomis, kau jadi keranjingan belanja online. Terkadang barang yang tidak diperlukan juga dibeli. Padahal, sebelum adanya kebiasaan belanja online, hidup kau baik-baik saja kok.

(Baca Juga: bisnis-gorengan-kala-ramadan-dengan-kredivo/” target=”_blank” rel=”noopener noreferrer”>Menikmati Renyahnya Bisnis Gorengan Selama bulan berkat dengan Kredivo)

3. Dikit-dikit pesan kuliner

Dikit-dikit pesan makanan - Biar Tak Boros di Era Digital 5 Kebiasaan Ini Harus Dikurangi

Memang, kehadiran aplikasi pesan antar masakan sangat membuat lebih mudah buat siapapun. Positifnya, cukup memesan via aplikasi ojek online. Tapi sekalinya kecanduan juga, katong mampu jebol. Dikit-dikit pesan masakan ini dan minuman itu alasannya adalah lagi banyak promo. Saldo terus diisi beratus-ratus ribu, sampai lupa jika ada kebutuhan lain yang wajib dipenuhi.

Lebih irit, yuk! Demi era depan keuangan yang lebih baik. Bijaklah memanfaatkan kedigdayaan teknologi ini. Termasuk membeli makanan secara online. Kalau masak sendiri lebih hemat biaya, kenapa mesti beli? Saldo aplikasi ojek online, nantinya bisa dipakai untuk tabungan dana darurat atau membayar premi asuransi deh .

4. Ngiler gadget baru

Ngiler gadget baru - Biar Tak Boros di Era Digital 5 Kebiasaan Ini Harus Dikurangi

Usia gadget sesungguhnya relatif pendek. Jika hari ini suatu merk mengeluarkan ponsel teranyar, setahun kemudian bisa jadi keluar tipe ponsel dengan spesifikasi yang lebih mutakhir. Tentu saja, tidak sedikit maniak gadget yang kadang-kadang gonta-ganti gadget terbarunya. Kalau sudah begitu, telah niscaya deh kocek yang ada di kantong habis untuk membeli gadget.

Padahal, gadget terutama ponsel fungsinya tak jauh untuk sekedar berkomunikasi dan menunjang keperluan sehari-hari. Kalau punya tujuan lain untuk mengikuti tren, tak ada habisnya! Maka itu sebaiknya, daripada sibuk berganti gadget, mending pakai gadget kamu yang ada hingga memang betul-betul layak diganti.

(Baca Juga: 3 Tips Lakukan Virtual Photoshoot Biar Cuan, JULO Siap Modalin!)

5. Tiada hari tanpa main game

Tiada hari tanpa main game - Biar Tak Boros di Era Digital 5 Kebiasaan Ini Harus Dikurangi

Di kala digital seperti sekarang ini, pecinta game tentunya amat dimanjakan. Bagaimana tidak, terusan internet super cepat dan gadget canggih bikin mereka semakin betah lama-usang bermain di dunia maya. Tentu saja hal ini hanya mampu dilaksanakan kalau kamu punya uang. Kamu perlu kuota internet, perangkat komputer canggih, dan gadget yang benar-benar suportif.

Boleh saja main game, asalkan dalam batas masuk akal alias tidak berlebihan. Tahu waktu kapan mesti stop dan sesuaikan pula dengan isi dompet. Jangan hingga kamu menghabiskan banyak duit, sampai berhutang hanya untuk menyalurkan hobi yang tak menciptakan apapun selain kepuasan tersendiri.

Nah, dibandingkan dengan sibuk melakukan 5 hal konsumtif seperti di atas, lebih baik di periode digital yang mempermudah segalannya ini, berusaha lah memutar otak untuk membangun bisnis online. Dengan begitu, kuota internetmu tak habis tidak berguna.

Banner Kredivo

Banyak sekali peluang yang menghasilkan pundi-pundi uang, apalagi di bulan bulan pahala. Semisal dengan mencoba berdagang kurma. Modalnya, bisa kau dapatkan lewat fasilitas dukungan online dari Kredivo. Apply sekarang juga untuk menunjang bisnismu lewat CekAja.com!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed