by

Alternatif Komplemen Selain Gula Pasir Yang Mulai Langka Alasannya Adalah Gosip Corona

Munculnya wabah Covid-19 atau virus corona, menciptakan materi pokok di Indonesia mulai langka dan mahal. Bahkan, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengatakan bahwa, materi pokok yang sudah mulai kehabisan stok adalah gula pasir. Kelangkaan ini membuat warga kesulitan menerima pasokan gula, dan beberapa di antaranya mulai mencari alternatif perhiasan selain gula pasir.

alternatif pemanis

Harga Gula Kini Tak Lagi Manis

Tidak cuma langka, mirip yang dikutip dari laman Liputan6.com, beberapa toko dan swalayan bahkan menjualnya dengan harga mahal yaitu sekitar Rp18.000, meski stok masih tersedia. Padahal, ketentuan batas Harga Eceran Tertinggi (HET) dari 1 kilogram gula pasir di level pelanggan ialah Rp12.500.

Sehingga, mencari alternatif pelengkap selain gula pasir, menjadi salah satu penyelesaian terbaik untuk menyanggupi kebutuhan rumah tangga.

Impor Gula Sulit, Dipicu Wabah Virus Corona yang Merebak ke Sejumlah Negara

Beberapa bulan belakangan, wabah virus corona memang sedang merebak ke sejumlah negara, mirip di China, Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, dan permulaan bulan Maret sudah masuk ke Indonesia. Hal ini pun membuat beberapa aktivitas jual beli dunia menjadi terhenti, seperti impor bahan pangan.

Dilansir dari Katadata.co.id, gula menjadi salah satu bahan pokok yang merepotkan diimpor, alasannya adalah merebaknya virus corona. Sehingga, persediaan gula di Indonesia makin menipis beberapa waktu terakhir. Namun, naiknya harga gula dipasaran, dikaitkan juga dengan adanya oknum yang sengaja menahan pasokan atau menguruk.

Sama halnya dengan para penimbun masker dan alat kesehatan yang lain, penimbun gula pasir ini juga telah diselidiki, bahkan bisa dipidana. Pasalnya, hal tersebut membuat warga jadi kesusahan mendapatkan pasokan gula, dan mengakibatkan harganya melonjak jauh.

Gula sendiri menjadi materi pangan yang cukup penting, dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk masak, membuat kue, membuat minuman manis dan lain-lain.

Nah, buat kamu yang nggak bisa jauh dari gula pasir atau hal yang elok-cantik, kau bisa loh mencari alternatif perhiasan selain gula pasir, yang mempunyai harga cukup murah dan tentunya juga kondusif untuk dikonsumsi, bahkan lebih sehat dari gula pasir.

(Baca Juga: Biar Gak Stres, Simak 7 Kabar Baik Seputar Virus Corona Ini)

Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir di Tengah Kelangkaannya Akibat Corona

1. Sirup Jagung

Sirup Jagung - Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir yang Mulai Langka Karena Isu Corona

Alternatif pemanis selain gula pasir yang pertama yaitu sirup jagung. Pemanis bikinan yang sering digunakan dalam masakan dan minuman bungkus ini ialah aksesori tinggi fruktosa.

Sirup jagung juga mengandung banyak glukosa, dimana beberapa glukosa mungkin bisa diubah dengan derma enzim menjadi bentuk fruktosa.

Kamu mampu menggunakan sirup ini sebagai tambahan yang mampu eksklusif dicampurkan ke dalam kuliner atau minuman. Namun, meski sirup ini bisa digunakan sebagai pengganti gula, penggunaan sirup ini juga dilarang berlebihan.

Pasalnya, fruktosa yang berlebihan di dalam badan, mampu mengakibatkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes dan penyakit jantung.

2. Madu

Madu - Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir yang Mulai Langka Karena Isu Corona

Memiliki rasa elok yang pas dan menyehatkan, madu juga bisa dijadikan alternatif aksesori selain gula pasir. Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan dari sari bunga, yang dikumpulkan oleh lebah. Lalu ekstrak tersebut diubah menjadi sirup selaku bahan pangan koloni lebah.

Sehingga, sarang lebah yang dipenuhi madu, bisa eksklusif dikonsumsi, sebagai aksesori pengganti gula. Untuk soal kesehatan, bahu-membahu madu mempunyai kalori yang lebih besar dari gula pasir.

Namun, kalau dikaitkan dengan gula darah, madu tidak meningkatkan kadar gula dalam darah dalam waktu yang cepat. Selain itu, madu juga memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin B dan C, yang baik untuk imunitas badan.

3. Gula Aren

Gula Aren - Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir yang Mulai Langka Karena Isu Corona

Gula orisinil Indonesia yaitu gula aren ini juga sering dijadikan alternatif suplemen selain gula pasir, oleh orang Indonesia. Meski mempunyai jumlah kalori yang hampir sama, ialah 16 kalori, namun gula merah hanya memiliki tingkat sukrosa lebih rendah, ialah 70-79 persen.

Pemanis yang mengandung karbohidrat ini, juga tidak boleh dimakan secara berlebihan. Karena faktanya, gula aren dan gula pasir, sama-sama memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tidak beda jauh ialah tebu dan embel-embel alami lainnya mirip pohon aren.

4. Daun Stevia

Daun Stevia - Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir yang Mulai Langka Karena Isu Corona

Biasa tumbuh di negara beriklim tropis, tumbuhan stevia ternyata mampu dijadikan alternatif komplemen selain gula pasir, yang makin langka dan mahal.

Meski daun ini belum begitu familiar, namun daun stevia sangat berguna selaku pengganti pemanis yang sehat. Pasalnya, daun stevia memiliki kandungan bebas kalori, sehingga aman untuk penderita diabetes.

Tidak cuma itu, daun stevia juga bisa dimanfaatkan selaku kuliner diet pengganti gula. Untuk mengonsumsi embel-embel ini, kamu tidak harus mengkonsumsi daunnya secara pribadi, sebab sekarang sudah tersedia stevia debu, berupa seperti pasir.

5. Agave Nektar

Agave Nektar - Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir yang Mulai Langka Karena Isu Corona

Alternatif aksesori selain gula pasir selanjutnya ada agave nektar, yang disebut mempunyai banyak keunggulan ketimbang gula pasir. Agave nektar mempunyai indek glikemik yang rendah dan mampu meminimalkan sensitivitas insulin (tidak meningkatkan gula darah secara cepat).

Hal tersebut dikarenakan agave nektar memiliki kandungan fruktosa yang lebih banyak daripada gula pasir. Namun, pengerjaan sirup agave memang mesti memerlukan waktu yang cukup usang.

Bagi kau yang belum tahu embel-embel agave nektar yang satu ini, ternyata yang dibuat dari flora yang serupa dengan tequila. Proses pembuatannya harus melalui beberapa rangkaian biar karbohidrat mampu pecah menjadi gula.

Untuk jumlah kalori yang terkandung dalam agave nektar, sama dengan madu. Namun, beda agave dengan madu adalah agave tidak mengandung antioksidan mirip madu.

6. Sirup Maple

Sirup Maple - Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir yang Mulai Langka Karena Isu Corona

Seperti namanya, sirup maple ialah alternatif pelengkap selain gula pasir, yang berasal dari getah pohon maple. Untuk satu sendok makan sirup maple murni, memiliki kandungan kalori sebesar 52 kalori dan 13,5 gram karbohidrat, 12,4 gram di antara karbohidrat itu merupakan sukrosa.

Namun, jikalau daripada madu, sukrosa di sirup maple lebih minim. Sirup maple juga mengandung zinc, magnesium, dan besi yang sangat baik untuk ketahanan tubuh.

Nah, itu beliau beberapa alternatif suplemen selain gula pasir, yang kian kesini sulit didapat dan harganya makin melambung. Bagaimana? Untuk memaniskan hidupmu, tidak melulu mesti memakai gula pasir bukan? Makara langkanya gula pasir dikala ini, dibutuhkan tidak menjadi sebuah kekalutan yang berlebih.

(Baca Juga: Menolak Bangkrut, 5 Usaha Ini Justru Laris Saat Social Distancing)

Selain Bahan Pangan, Siapkan juga Asuransi Kesehatan Agar Terlindung dari Corona

Tidak hanya mempertimbangkan soal bahan pangan, dan memasok materi pokok untuk keperluan di rumah, selama psychical distancing balasan corona. Kamu dan keluarga juga mesti mempertimbangkan santunan diri dan keluarga terhadap banyak sekali ancaman mirip wabah Covid-19 ini.

Perlindungan yang mampu kamu lakukan ialah dengan cara hidup sehat dan tidak lupa untuk mengajukan asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan, kau dan keluarga menjadi terlindungi dari banyak sekali bahaya penyakit.

Yuk, ejekan segera asuransi kesehatan pilihanmu yang bisa diadaptasi dengan kebutuhanmu juga, hanya di situs CekAja.com!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed