Amankan Listrik, Ketika Musim Hujan Tiba

Posted on

nosoproject.com– Saat ini wilayah kabupaten kuningan dan sekitarnya sudah memasuki musim hujan. Tentu dikala musim hujan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama terkait dengan jaringan listrik yang ada dirumah kita. Agar sambungan listrik dirumah kita tetap terjaga, ada beberapa hal yang tentunya harus diperhatikan oleh kita sebagai masyarakat pengguna listrik.

Lalu bagaimana mengamankan listrik ketika musim hujan tiba ?

Aliran listrik akan otomatis dipadamkan oleh PLN apabila rumah pelanggan terendam banjir. Dan apabila gardu distribusi aliran listrik milik PLN terendam air. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja konsleting listrik atau meledaknya gardu yang diakibatkan terendamnya gardu oleh air.

Sedangkan untuk mengatasi bahaya listrik ketika banjir terjadi, ada beberapa hal yang harus kita lakukan :

  • Matikan seluruh instalasi listrik yang ada didalam rumah.
  • Cabutlah peralatan listrik yang ada didalam rumah dan masih tersambung dengan stop kontak.
  • Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi, agar tidak terendam air banjir.
  • Apabila aliran listrik yang terkena banjir masih tidak padam, kita dapat menghubungi call centre PLN di nomor 123.
  • Segera menghubungi instansi terkait perihal penanggulangan bahaya banjir tersebut.

Dan apabila banjir tersebut sudah surut, perhatikan semua peralatan elektronik maupun instalasi listrik lainnya dalam keadaan kering. Karena jika tidak dalam keadaan kering dapat mengakibatkan konsleting listrik yang ujungnya bisa mengakibatkan kebakaran. Penormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi dipastikan kering. Dan ada penandatanganan Berita Acara yang disaksikan oleh ketua RT/RW/Tokoh Masyarakat Setempat.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan terkait instalasi listrik dimusim hujan. Karena bagaimanapun mencegah akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Informasi terkait mengamankan listrik di musim hujan ini didapatkan langsung dari akun instagram @pln_jabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *