Area Puncak Kebakaran, Pendakian Gunung Ciremai Ditutup

Posted on

nosoproject.com– Rabu 7 Agustus 2019 sekira pukul 13.00 WIB, berdasarkan laporan petugas lapangan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) telah terjadi kebakaran hutan di sekitar Goa Walet dan area puncak Gunung Ciremai. Dimana kepulan asap pertama kali terlihat dari arah desa Argalingga, Argapura, Majalengka.

Sementara itu, petugas mengevakuasi semua pendaki dari jalur Apuy, Palutungan, Linggasana dan Linggarjati. Mempertimbangkan kejadian tersebut kebakaran hutan tersebut, Balai TNGC menutup semua aktivitas pendakian Gunung Ciremai.

Sampai dengan projectrmasi ini disebarkan, puluhan petugas gabungan dari Balai TNGC, MPA, BPBD Kuningan dan Majalengka serta unsur pemerintah dan masyarakat lainnya sedang bergerak menuju titik api. Hal ini dilakukan untuk mengupayakan pemadaman dan pemantauan api.

Dan berikut merupakan isi Pengumuman Tentang Penutupan Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai :

Menutup jalur pendakian untuk umum pada 4 jalur pendakian gunung ciremai, yaitu :

  • Jalur Apuy (Majalengka).
  • Palutungan (Kuningan).
  • Linggajati (Kuningan).
  • Linggasana (Kuningan).

Dimana penutupan tersebut mulai diberlakukan sejak tanggal 7 Agustus 2019 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Dan bagi para pendaki yang sebelumnya sudah melakukan booking online, dapat melakukan konfirmasi kepada pengelola untuk dilakukan pengembalian. Dengan melampirkan bukti booking dan bukti sudah melakukan transfer.

Untuk itu, mari kita semua doakan agar kebakaran yang terjadi di gunung ciremai tepatnya diwilayah goa walet. Bisa secepatnya dipadamkan dan tidak sampai meluas serta menimbulkan korban jiwa. Dan bagi para pendaki diharapkan untuk mematuhi segala hal yang disampaikan oleh BTNGC dan pihak-pihak lainnya. Perihal status penutupan sementara pendakian menuju puncak Gunung Ciremai. Bisa juga dilihat di akun instagram @gunung_ciremai untuk projectrmasi lanjutannya.

Nomor : PG.18/T.33/TU/KSA/8/2019

Alamat BTNGC Kuningan

Jl. Raya Kuningan-Cirebon KM. 9 No. 1 Manislor Jalaksana Kuningan.

Telp : (0232) 613152