by

Berbelanja Keperluan Ketika Corona Dengan Kartu Kredit

Sejak pandemi corona mewabah di Indonesia pemerintah mulai menerapkan social distancing dan juga beraktifitas dari rumah saja, yakni mencar ilmu dan bekerja dari rumah. Namun selaku makhluk hidup, insan tidak mampu hanya berdiam diri semoga mampu memenuhi kebutuhan domestiknya. Pemenuhan keperluan pangan khususnya harus tetap dikerjakan untuk menyambung hidup.

Membeli Kebutuhan dengan Menggunakan Kartu Kredit Saat Corona

Tapi sejak adanya pembatasan jam operasional swalayan dan pembatasan mobilitas warga keluar dari rumah, upaya untuk menyanggupi keperluan pangan mesti lewat perjuangan lebih besar. Karena tidak setiap waktu supermarket dan pasar buka menyanggupi kebutuhan dasar konsumen ketika Corona.

Selain itu pemerintah juga menyarankan untuk meminimalkan belanja cash. Sebab uang kertas bisa menjadi salah satu media penyebaran virus Covid-19. Pemerintah mendorong penduduk untuk mempergunakan dan menggunakan kartu kredit untuk metode pembayaran online dikala berbelanja. Tentunya transaksi seperti ini sukar dilakukan di pasar tradisional.

(Baca juga: Yuk Cek, Cara mengelola Kartu Kredit Mandiri yang Hilang)

Beruntungnya di kala 4.0 ini insan tak perlu bingung dengan adanya hukum social distancing dan pembatasan aktivitas di luar rumah. Pasalnya telah banyak bertebaran supermarket online yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, mulai dari pangan sandang dan papan dengan harga variatif.

Jika terpaksa harus berbelanja memilih pribadi produk-produk yang diharapkan swalayan jadi rekomendasi utama, alasannya transaksinya dapat menggunakan kartu kredit dan duit elektronika . Namun tidak semua supermarket sudah memiliki mesin pembaca duit elektronika, karena itulah opsi terbesar yakni menggunakan kartu kredit.

Membeli Kebutuhan dengan Kartu Kredit di Tengah Pandemi Corona

Menggunakan kartu kredit jadi satu-satunya opsi untuk meminimalisir interaksi dengan kasir saat membeli alasannya tidak ada duit cash yang jalan dari satu tangan ke tangan lain. Belanja memakai kartu kredit juga lebih praktis, Anda cuma perlu gesek dan tagihan dapat dibayar secara bulanan maupun tahunan.

Untuk menerima total belanja yang lebih hemat dan aman ketika pandemi corona melanda, ada sejumlah trik yang bisa Anda praktikan saat belanja kebutuhan di tengah Corona menggunakan kartu kredit, berikut diantaranya:

1. Ingat Limit

Karena saat pandemi corona ini berjalan orang-orang beramai-ramai memborong belanjaan (panic buying), kita sering terprovokasi untuk ikut belanja banyak hal yang sebenarnya tidak diharapkan.

Yang perlu diingat adalah kartu kredit memiliki limit terbatas, sehingga Anda tidak bisa membeli melampaui batas limit. Sebelum pergi ke sentra perbelanjaan sebaiknya cek dahulu limit kartu kredit Anda sehingga lebih dapat mengendalikan nafsu belanja saat di supermarket.

2. Jaga Kerahasiaan Pin

Meski ketika penerapan social distancing semua swalayan memberlakukan hukum jaga jarak di bagian kasir, namun Anda tetap mesti berhati-hati saat bertransaksi memakai kartu kredit.

Hal ini alasannya ancaman kejahatan kartu kredit masih marak terjadi, salah satu modusnya yakni dengan memasang alat skimming di mesin EDC kartu kredit yang mampu membaca semua info penting di dalam kartu kredit. Selain itu jaga dengan benar kerahasiaan pin dengan tidak memberi celah kepada siapapun untuk mampu melihat variasi pin yang Anda masukkan.

3. Jangan Memborong

Memang ada hukum yang memastikan bahwa kita tidak boleh sering keluar rumah, tetapi bukan mempunyai arti mesti menimbun kebutuhan utama. Sebab hal ini akan menyebabkan kelangkaan di pasaran, dan justru menciptakan harga melonjak tinggi.

Boleh memborong tetapi upayakan hanya untuk 3-4 hari ke depan saja. Anda masih diperbolehkan ke supermarket satu kali sehari untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

4. Jangan Kalap dan Praktis Tergoda

Salah satu ujian terberat saat belanja di supermarket adalah dorongan untuk membeli segala yang berbau “promo” dan “diskon”. Padahal tidak semua produk potongan harga menguntungkan apalagi jikalau masih ada alternatif produk yang lebih hemat biaya tapi tetap bermutu.

Kartu kredit yang umumnya limitnya mampu mencapai 3x gaji bulanan sering juga menjadi argumentasi bagi beberapa orang untuk belanja kalap, termakan beberapa produk yang sebenarnya cuma menggembirakan mata.

Disaat pandemi mirip ini upayakan untuk cuma beli keperluan sehari-hari dan perawatan kesehatan saja, abaikan keperluan sekunder yang dapat ditangguhkan dilain waktu.

5. Catat Kebutuhan yang Akan Dibeli

Berbeda dengan hari lazimdimana kita mampu bebas berlama-lama menentukan produk yang mau dibeli. Ditengah pademi Corona ini disarankan untuk menyelesaikan transaksi secepat mungkin.

Makara ketika akan berbelanja seharusnya Anda sudah mempersiapkan catatan berisi kebutuhan yang mesti dibeli. Kalau perlu cek di beberapa situs web mengenai produk-produk yang tengah mengadakan promo, sehingga dikala berada di swalayan Anda mampu pribadi menuju gerai tujuan tanpa berpikir usang-usang dan menciptakan supermarket penuh dengan hadirin.

6. Cek Promo Kartu Kredit

Penting juga untuk senantiasa menganalisa promo yang disediakan kartu kredit dengan berbagai merchant tertentu. Hal ini akan mengurangi waktu Anda di swalayan dan juga dapat mengekang total pengeluaran.

Biasanya beberapa perbankan bekerjasama dengan sejumlah retail dan swalayan yang aktif menawarkan promo dan potongan harga, cek penawaran mereka melalui situs resminya.

7. Belanja di Merchant Rekanan

Demi mengurangi waktu dan duit, ada baiknya untuk cuma membeli di swalayan yang menjadi rekanan kartu kredit. Selain bisa menerima promo mempesona, Anda juga punya potensi untuk menghimpun poin reward lebih banyak yang mampu dipakai kembali untuk belanja keperluan lain. Upayakan untuk tidak belanja di jam sibuk atau akhir pekan ya agar tidak menyebabkan penumpukan massa di swalayan.

Misalnya ada kartu kredit BNI-Lotte yang menunjukkan banyak promo bagi nasabahnya jikalau membeli produk di Lotte Mart, lalu ada juga kartu kredit carrefour Mega Card yang mampu Anda pilih bila lebih suka membeli di Carrefour.

Sementara untuk menyanggupi kebutuhan bulanan dengan belanja di minimarket ada pula kartu kartu kredit BCA-Indomaret yang menunjukkan bonus Rp 25 Ribu setiap kali Anda belanja produk senilai Rp 200 Ribu.

8. Manfaatkan e-commerce

Pilihan terakhir saat Anda takut untuk keluar rumah maupun berinteraksi dengan orang lain yakni dengan belanja lewat e-commerce. Situs belanja online menyediakan semua keperluan Anda tanpa mengharuskan adanya transaksi langsung.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari, obat-obatan sampai produk-produk pembersih rumah yang sekarang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga. Proses pembayaran sangat gampang sebab cuma perlu memasukkan tiga digit terakhir dari nomor kartu kredit. Selain itu umumnya produk-produk yang dijual di situs online lebih hemat biaya terlebih kalau berhubungan dengan kartu kredit tertentu.

9. Jangan Belanja di Jaringan Wifi

Saat memilih untuk belanja keperluan secara online dengan kartu kredit, perhatikan jaringan internet yang Anda gunakan. Sebisa mungkin gunakan jaringan internet eksklusif bukan wifi.

Karena bahaya kejahatan sering mengintai di jaringan wifi, ialah saat Anda menyelesaikan transaksi pembayaran para hacker melakukan pekerjaan mencuri data-data pada kartu kredit.

Itulah beberapa trik berbelanja keperluan dikala Corona dengan kartu kredit. Saat pandemi mirip ini tidak ada salahnya mengajukan peningkatan limit, alasannya adalah potensi penggunaan kartu kredit bisa jadi sangat tinggi mengingat seluruh acara jual beli disarankan dilaksanakan dari rumah saja.

Keuntungan Belanja dengan Kartu Kredit Saat Wabah Corona

Ditengah wabah Covid-19 yang kian meluas ini, kita dituntut untuk meminimalisir transaksi langsung saat membeli yakni dengan menyingkir dari penggunaan uang cash dan menggantinya dengan debit atau kredit.

Namun dibanding debit, rasanya kartu kredit lebih punya keunggulan karena menawarkan manfaat suplemen yang tidak dimiliki kartu debit. Berikut yakni beberapa keunggulan atau laba belanja dengan kartu kredit ketika wabah corona:

  • Mengurangi interaksi dengan kasir

Kasir adalah orang yang paling rentan terpapar virus covid-19, pasalnya dalam beberapa jam dia melakukan pekerjaan dapat berinteraksi dengan lebih dari 5 orang.

Sementara, belanja dengan kartu kredit dan debit masih terhitung jarang di Indonesia, penggunaan uang cash untuk belanja jadi pilihan utama. Padahal uang cash menjadi media paling cepat mengembangkan virus Corona.

Nah, dengan memakai kartu kredit resiko paparan virus bisa menyusut, alasannya kartu kredit Anda tidak tercemar tangan lain, dengan catatan kasir tekun melaksanakan desinfektan berdikari untuk telapak tangannya.

  • Koleksi poin rewards

Jika dulu kartu kredit hanya dipakai untuk belanja keperluan bulanan yang dilaksanakan satu kali dalam satu bulan, sekarang dengan segala transaksi menggunakan kartu kredit maka intensitas penggunaan pun bertambah.

Alhasil kesempatan mengoleksi poin rewards juga lebih besar. Akumulasi poin bisa ditukar dengan banyak sekali bonus mirip voucher belanja di merchant tertentu, gratis kepingan belanja dan tiket pesawat. Kumpulkan sebanyak mungkin poin untuk mendapatkan gratis belanja lebih banyak di bulan depan.

  • Ada bantuan pelengkap

Mayoritas kartu kredit menunjukkan faedah asuransi jiwa dan asuransi pembelian produk. Sehingga jikalau Anda mengalami cacat permanen yang menjadikan tidak mampu melunasi sisa tagihan kartu kredit, maka akan dianggap lunas sebab pihak asuransi yang membayarnya.

Sementara asuransi produk umumnya memperlihatkan pertolongan untuk aneka macam produk yang dibayar dengan kartu kredit, mirip pemberian untuk kerusakan dan pencurian

  • Dapat dipakai diseluruh dunia

Keunggulan lain kartu kredit yaitu dapat digunakan untuk setiap transaksi dimanapun. Sehingga kalau Anda menentukan belanja online di situs e-commerce luar negeri transaksi dapat dijalankan dengan lebih gampang, alasannya adalah rata-rata situs perdagangan online di mancanegara memutuskan kartu kredit sebagai alat transaksi utama.

Anda Pun tidak perlu keluar rumah berburu mencari barang yang dibutuhkan dari satu toko ke toko lain, terutama yang tidak tersedia di Indonesia alasannya situs e-commerce akan menyiapkannya untuk Anda.

  • Mengatur anggaran keuangan

Di Tengah situasi ekonomi yang tak menentu karena virus Corona, tentunya kita mesti lebih terpelajar dalam mengontrol keadaan finansial keluarga.

Kartu kredit dapat melakukannya untuk Anda, menjadi administrasi keuangan yang dapat menertibkan pengeluaran bulanan agar tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Selain itu kartu kredit juga menunjukkan akses untuk mempunyai duit cash dengan acara tarik tunai maupun loan on phone. Sehingga saat sewaktu-waktu membutuhkan dana tunai kartu kredit mampu digunakan untuk belanja kebutuhan, tanpa harus mengotak atik keuangan yang sudah disusun sebelumnya.

Itulah keuntungan yang dapat Anda manfaatkan dengan mempunyai kartu kredit. Dalam suasana seperti sekarang ini, sebaiknya gunakan kartu kredit dengan bijak dengan meminimalkan belanja konsumtif.

Sesuaikan limit tahunan dengan keadaan keuangan Anda saat ini, utamanya yang terdampak eksklusif alasannya covid-19, jangan sampai kartu kredit malah menjadi beban keuangan keluarga tanpa menghadirkan faedah yang faktual. Jika belum memiliki kartu kredit, Cekaja.com mempunyai banyak pilihan kartu kredit yang mampu anda cari tahu dulu manfaatnya. Soal keamanan, Cekaja.com terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed