by

Cara Cepat Tanpa Iklan Meniadakan Ransomware

Bagaimana Cara Menghapus Ransomware? Baru-gres ini kita semua tahu bahwa dunia digital sedang diaduk oleh serangan virus cryptolocker WannaCry Ransomware atau juga dikenal sebagai WNCR, WannaCryptor, Wanna Decryptor, WannaCrypt dan WCry.

Ribuan komputer di seluruh dunia adalah sasaran acak yang dilakukan oleh penyerang untuk menerima keuntungan. Bahkan salah satu agensi di Indonesia menjadi korban virus WannaCry Ransomware ini.

Apa itu Ransomware?

Cara Menghapus Ransomware dan Cara Mencegah Agar Tidak Terserang

Ransomware yaitu malware atau perangkat lunak jahat yang bertujuan memblokir data korban sehingga korban dipaksa untuk membayar duit tebusan.

Beberapa waktu kemudian, ransomware Wannacry telah mengagetkan dunia sebab sukses menginfeksi aneka macam perusahaan di dunia dan menjadikan kerugian yang tak sedikit.

Cara meniadakan Ransomware

Cara Mencegah Ransomware

1. Hapus dengan Antivirus

Antivirus yakni perangkat lunak pertama yang menjadi penyelesaian untuk menanggulangi berbagai virus, termasuk Ransomware.

Nah, bila Anda mendapatkan Ransomware, Anda mampu menjajal menghapusnya dengan antivirus. Untuk antivirus itu sendiri, Anda dapat menjajal dahulu antivirus yang ada di laptop Anda.

Namun, lazimnya antivirus tidak akan mampu meniadakan Ransomware. Yah, banyak yang menganjurkan menggunakan antivirus ESET.

Makara, ketika Ransomware pertama kali muncul, antivirus ini diklaim bisa menanggulangi Ransomware.

Untuk mengunduh antivirus ESET, Anda mampu langsung mendatangi website resmi. Antivirus ini bantu-membantu berbayar, namun Anda dapat menggunakan model uji coba selama 30 hari.

2. Instal Windows

Nah, jikalau tata cara ini tidak dilaksanakan sejak usang. Laptop anda terjangkit Ransomware, nyaris seluruh ekstensi file diubah menjadi ekstensi .derp.

Karena pasti anda tak maurepot, maka kami langsung saja memberitahunya bahwa cara termudah untuk mengatasinya yakni dengan menginstal Windows.

Metode ini memang sungguh besar lengan berkuasa. Namun, Anda harus rela bila semua file di laptop hilang alasannya apa yang hendak Anda lakukan ialah menginstal ulang dengan menghapus semua partisi hard drive.

Jika Anda percaya ingin melaksanakan ini, baca cara menginstal Windows 10 lengkap dengan gambar. Pada postingan ini Anda akan dipandu tentang cara menginstal Windows 10 hingga simpulan.

Mengapa kami mengusulkan menggunakan Windows 10? Alasannya yaitu untuk terus mendapatkan pembaruan dari Microsoft. Masalahnya, saat ini Windows 7 tidak lagi mempunyai bantuan.

3. Hapus melalui Safe Mode

Safe Mode adalah salah satu fitur bawaan Windows yang sering digunakan untuk mengatasi aneka macam persoalan. Ketika Windows dalam Safe Mode, hanya beberapa fitur yang diaktifkan (yang mampu dibilang terbatas).

Nah, fitur ini juga sering digunakan untuk menetralisir aneka macam virus. Untuk Ransomware sendiri, dapat teratasi dengan cara ini atau tidak, namun tidak ada salahnya untuk menjajal .

Jadi, Anda cuma perlu menghentikan semua proses mencurigakan di Task Manager. Caranya, silakan masuk ke Task Manager (tekan Ctrl + Alt + Del) lalu pilih proses yang mencurigakan dan tekan End Task.

Selain itu, Anda juga mampu memakai Editor Registri. Caranya, masuk dengan menekan Windows + R kemudian ketik Regedit dan tekan Enter.

Setelah itu, cari file yang menyampaikan Crypt dan WannaCry lalu hapus. Jika demikian, silakan restart laptop. Anda akan secara otomatis masuk ke mode Windows secara wajar .

4. Dekripsi Virus

Biasanya, di folder kawasan file dipengaruhi oleh virus, ada satu file dengan format. Txt yang berisi pesan. Inti dari pesan ini yakni bahwa pengguna harus membeli Rryomware decryptor sehingga file mampu dipulihkan.

Yah, mungkin ini adalah salah satu bisnis yang dilakukan oleh orang jahat. Maka, pengguna harus mengeluarkan sejumlah duit untuk mengeluarkan uang kunci decryptor ini.

Bila file yang terserang virus ialah file yang sungguh penting, mungkin ini ialah cara terbaik untuk mengembalikan file tersebut.

Masalahnya adalah, sangat jarang cara lain yang berfungsi kecuali decryptor dengan decryptor Ransomware.

Nah, itu tadi bermacam-macam cara yang mampu Anda pakai atau terapkan untuk menghilangkan atau menangani virus Ransomware. Dari beragam cara tadi, cara terakhir yakni cara paling efektif untuk mengembalikan file Anda.

Namun, jika file pada laptop tidak terlalu penting, maka lebih baik menggunakan cara ketiga, adalah menginstal ulang Windows dengan meniadakan semua partisi hard drive.

Cara Mencegah Ransomware

Jika komputer Anda masih aman dari serangan ransomware, bersyukurlah bahwa Anda mempunyai cukup waktu untuk memblokir serangan virus ini. Inilah yang perlu Anda kerjakan untuk menangkal ransomware.

1. Jangan mengklik tautan unduhan / unduhan file yang mencurigakan dalam surel

Ketika Anda menerima email dari pengirim yang tidak terang dan dibarengi dengan lampiran atau tautan yang tidak Anda kenal, ada baiknya Anda tidak mengunduh / mengklik email tersebut.

Periksa alamat email pengirim, jika dari seseorang yang sudah Anda kenal, Anda bisa mengonfirmasi dulu.

Jika Anda tidak mengetahui alamat pengirim, Anda lebih baik mengabaikan file atau tautan yang terkandung dalam email.

2. Menonaktifkan SMB 1.0 pada sistem

Microsoft merekomendasikan agar pengguna Windows menonaktifkan SMB 1.0, yang merupakan pintu gerbang ke ransomware untuk menyerang komputer pengguna mereka.

Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda mampu masuk ke Panel Kontrol Windows. Berikut ini yaitu bimbingan untuk menonaktifkan SMB 1.0.

  • Buka Panel Kontrol
  • Pilih Program
  • Pilih Program & Fitur
  • Pilih Hidupkan atau Matikan Fitur Windows
  • Hapus centang Dukungan SMB 1.0 / CIFS File Sharing
  • Mulai ulang PC / Laptop

3. Lakukan pembaruan metode atau perangkat lunak secara terstruktur

Pembaruan metode atau perangkat lunak yakni cara paling efektif untuk mencegah virus.

Pembaruan yang dibuat oleh pengembang bermaksud untuk menuntaskan bug dalam perangkat lunak dan mengembangkan keamanan perangkat lunak.

Jika pengembang melakukan pembaruan, itu mempunyai arti untuk kenyamanan dan keselamatan penggunanya. Untuk itu, amati metode dan perangkat lunak yang Anda miliki, jika telah usang, lakukan pembaruan sekarang.

Anda juga mampu mengaktifkan fitur pembaruan otomatis sehingga Anda tidak perlu menilik setiap hari.

  • Aplikasi Video Bokeh
  • Aplikasi Nonton Film China
  • Aplikasi Nonton Drakor

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami perihal Cara Menghapus Ransomware dan Cara Mencegah Agar Tidak Terserang, biar mampu menolong anda semua.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *