by

Cara Cepat Tanpa Iklan Reset Fup Indihome

Cara Reset FUP IndiHome – Hai guys.. Jika Anda mampir ke postingan ini, itu artinya Anda yakni seorang pengguna IndiHome yang sedang kekurangan FUP dan bingung menangani lemotnya internet saat batas pemakaian habis.

Jika Anda berlangganan IndiHome dengan paket apapun dan kecepatan apapun baik 10, 20, 40 atau bahkan 100 Mbps tentu paket tersebut memiliki FUP, alasannya yaitu ini merupakan kebijakan dari Telkom untuk menjaga mutu.

Biasanya FUP ini mempunyai batas bermacam-macam tergantung paket yang Anda daftarkan, mulai dari 200 GB, 350 GB, dst.. Dan jikalau batas pemakaian tersebut sudah meraih batas, maka kecepatan internet akan menurun.

Lalu bagaimana caranya supaya kecepatan internet IndiHome tetap stabil meski telah melebihi batas pemakaian masuk akal / FUP? Mari kita bahas pada pembahasan berikut.

Apa Itu FUP (Fair Usage Policy)?

cara reset FUP indihome

FUP atu merupakan abreviasi dari Fair Usage Policy merupakan suatu kebijakan yang dipraktekkan oleh provider serpeti Telkom atau yang yang lain untuk menjaga mutu layanan internet mereka supaya tetap stabil.

FUP yakni ketentuan batas penggunaan wajar pengguna (seperti yang sudah kami jelaskan di permulaan). Misalnya jikalau Anda berlangganan WiFi IndiHome dengan kecepatan 10 Mbps dengan FUP sebesar 350 GB.

Maka FUP tersebut akan berlaku selama 1 bulan, dan kalau sebelum 1 bulan Anda sudah menggunakan internet sebesar 350 GB, Anda masih tetap bisa memakai internet.

Hanya saja kecepatan internet yang semestinya 10 Mbps, karena FUP atau batas pemakaian masuk nalar Anda sudah meraih batas, maka kecepatan tersebut akan menurun drastis. Bahkan samapi 500 kpbs atau lebih rendah.

Ini hanya selaku istilah, tentunya setiap paket internet IndiHome mempunyai FUP yang berlawanan pula tergantung Anda berlangganan paket yang mana. Di bawah ini beberapa FUP IndiHome untuk setiap paketnya.

Baca juga: Cara Menampilkan Kontak WhatsApp

Berapa Batasan FUP Internet IndiHome?

Sangat penting bagi pengguna IndiHome untuk mengetahui batas-batas FUP setiap paket yang didaftarkan. Hal ini mudah-mudahan Anda tidak salah sangka kepada Telkom.

Karena banyak persoalan bahwa beberapa pengguna IndiHome yang mengeluh alasannya ialah kecepatan internet-nya sungguh lemot. Terlepas dari beberapa maintenance, mungkin alasannya ialah mereka tidak tahu FUP yang ditemukan.

Sehingga kecepatan internet menurun drastis. Nah, biar tidak salah paham lagi berikut FUP dari beberapa paket internet IndiHome:

PaketFUP 1FUP 2KecepatanPenurunan
IndiHome 10 Mbps300 GB400 GB7.5 Mbps40 % – 75 %
IndiHome 20 Mbps500 GB800 GB15 Mbps40 % – 75 %
IndiHome 30 Mbps700 GB1200 GB22.5 Mbps40 % – 75 %
IndiHome 40 Mbps900 GB1600 GB30 Mbps40 % – 75 %
IndiHome 50 Mbps1200 GB2000 GB37.5 Mbps40 % – 75 %
IndiHome 100 Mbps2000 GB2000 GB50 Mbps40 % – 75 %

Ketentuan FUP

  • FUP berlaku untuk semua pelanggan IndiHome Fiber dengan kecepatan sekurang-kurangnya10Mbps.
  • FUP tidak berlaku untuk internet IndiHome dengan kecepatan kurang dari 10Mbps.
  • Pelanggan akan mengalami penurunan kecepatan terusan kalau meraih FUP.
  • FUP akan direset dalam jangka waktu 1 bulan (akan terhitung mulai dari 0 GB), dan berlaku setiap bulan.
  • Jika pemakaian melampaui FUP maka konsumen tidak akan dikenakan ongkos perhiasan apapun.

Sekarang Anda mengerti batas-batas FUP dari setiap paket internet IndiHome. Lalu bagaiaman kita mengetahui sisa FUP yang kita miliki?

Baca juga: Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

Cara Cek FUP / Kuota IndiHome

Agar kecepatan internet IndiHome tetap stabil, maka Anda mesti berkala mengevaluasi penggunaan FUP Anda. Untuk mengevaluasi FUP atau sering disebut kuota IndiHome sungguh mudah.

Anda mampu menggunakan aplikasi myIndiHome yang dapat Anda download dari Google Play Store bila Anda pengguna Android, atau Apple App Store kalau Anda menggunakan iOS / iPhone.

Anda bisa login dengan akun IndiHome Anda, dan pada halaman Beranda aplikasi akan tertera berapa penggunaan internet Anda selama bulan ini (sebelum reset).

Selain menggunakan aplikasi myIndiHome Anda juga mampu mengusut FUP IndiHome melalui SMS, caranya selaku berikut:

  1. Buka hidangan / aplikasi Pesan di ponsel Anda.
  2. Kirim SMS dengan format (ISPIHKode area+nomor indihome yang terdaftar) kemudian kirim ke nomor 98108.
  3. Maka Anda akan mendapatkan balasan SMS dari pihak Telkom yang terdiri dari semua gosip tentang FUP paket IndiHome Anda.
  4. Selesai.

Dengan mengevaluasi secara terpola FUP IndiHome maka Anda mampu mengontrol kecepatan internet Anda sendiri. Lalu bagaimana bila FUP sudah habis atau meraih batas? Adakah cara meresetnya?

Baca juga: Cara Menyimpan Chat Whatsapp

Cara Reset FUP IndiHome

Saat FUP meraih batas niscaya Anda ingin melaksanakan reset FUP IndiHome supaya kecepatan internet IndiHome tetap kencang. Sebenarnya ada jasa reset FUP yang mampu Anda cari di daerah Anda.

Tetapi bila Anda ingin menjajal melakukannya sendiri, Anda mampu melaksanakan byspass, atau dengan kata lain, Anda bisa memakai internet IndiHome tanpa FUP.

Cara Mengatasi FUP IndiHome dengan Bypass

Untuk menangani FUP IndiHome dengan cara bypass yakni menggunakan santunan aplikasi HTTP Injector, tetapi cara ini cuma bisa dikerjakan oleh pengguna ponsel Android.

Untuk caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Download dan Instal aplikasi HTTP Injector di sini.
  2. Jika sudah, kerjakan aplikasinya, kemudian masuk ke Menu dan pilih Penghasil Payload, kemudian silahkan konfiguarsi mirip di bawah ini dan tap tombol Membuat Payload.
cara bypass FUP indihome dengan HTTP injector

Setelah itu, kembali ke suguhan utama aplikasi kemudian pilih Server Singapura dan konfigurasikan mirip berikut:

  • Remot Proxy : centang
  • Port : 80 atau 8080
  • SSH :centang

Baca juga: Cara Membuat Akun SSH

Jika sudah, klik Start untuk melakukan aplikasi. Sekarang Anda bisa terkoneksi dengan internet tanpa menyedot FUP IndiHome. Dan Anda bisa menikmati kecepatan internet dengan full tanpa penurunan.

Anda bisa cek speed internet Anda dengan Cara Mengecek Kecepatan Internet di postingan kami sebelumnya. Jika kecepatan internet masih lemot, Anda bisa baca Cara Mempercepat Koneksi Internet di sini.

Akhir Kata

Perlu kami beri catatan, bahwa cara reset FUP IndiHome dengan memakai HTTP Injector di atas sebuah dikala dapat tidak berfungsi lagi. Hal ini karena pihak Telkom terus melaksanakan pengembangan.

Hal yang paling ampuh untuk menjaga kecepatan internet IndiHome tetap kencang yakni dengan cara mengendalikan penggunaan FUP. Telkom pun menerapkan kebijakan FUP ini untuk mempertahankan mutu mudah-mudahan tidak overload.

Yang bisa mengakibatkan layanan internet mereka lemot atau bahkan down. Anda juga bisa melaksanakan hal yang sama bila pengguna WiFi di rumah Anda terlampau banyak dengan Cara Membatasi Kecepatan Wifi.

Sekian ulasan dari kami. Jika berguna, silahkan bagikan postingan ini ke sobat-teman Anda supaya mereka juga tahu ihwal kebijakan FUP IndiHome ini. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed