by

Cara Di Antara Kita Bahasa Indonesia

Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan Presiden Obama mengenakan pakaian eksklusif di KTT APEC, Beijing, Tiongkok. (Sekretariat Kabinet) 

Berdasarkan keterangan dari Hikmahanto, keterampilan bahasa Inggris Jokowi wajar. Karena ayah 3 anak itu memang tak pernah bermukim di luar negeri. “Pak Jokowi nggak pernah di luar negeri, dia nggak laksana anak muda kini yang terekspos (bahasa Inggris),” ucap lelaki berkacamata itu.

“Medoknya nggak masalah, orang Australia gunakan logatnya pun nggak masalah. Apa adanya saja, bila memang tersebut bahasa Inggris Pak Jokowi. Sepanjang informasi yang di kepalanya tersampaikan,” tandas Hikmahanto.

Presiden East-West Center, organisasi yang berfokus pada dunia edukasi dan riset Charles E Morisson memuji pidato Jokowi. Berdasarkan keterangan dari dia, presentasi Jokowi soal tawaran investasi berjalan paling baik dengan bahasa Inggris yang simpel, memakai pointer-nya sendiri.

“Jokowi spoke at CEO Summit in excellent, simple Eng, no notes, using own pointer and ppt control, focused on investmt [email protected]_CEOsummit (Gaya bicara Jokowi simpel, memakai pointer dan power poin serta berfokus pada investasi,” kicau Charles E Morisson dalam akun Twitter-nya, @charmorrison.

Ben Rhodes, Deputi Penasihat Keamanan Nasional guna Komunikasi Strategis guna Presiden Amerika Serikat Barack Obama menilai pidato Jokowi mengesankan. Kata dia, tersebut merupakan tahapan yang baik guna menjalin hubungan bilateral kesatunya dengan Amerika Serikat.

“POTUS (President of The United States) had a good first bilat here in China with Indonesia – a key strategic mitra for the US. Pres Joko Widodo is an impressive reformer (Presiden Amerika Serikat telah mengawali hubungan baik dengan Indonesia di China. Indonesia adalah mitra strategis Amerika Serikat. Presiden Joko Widodo ialah pembaharu yang mengesankan),” tulis Ben dalam akunnya, @rhodes44.

Jokowi (pemimpin kedua dari kanan) dijepit Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (Reuters)

Jokowi Jadi ‘Rebutan’

Di samping dipuji sebab pidatonya, Jokowi mendapat lokasi terhormat, sedang di tengah-tengah pemimpin negara paling dominan di dunia. Jokowi berdiri diapit salah satu Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sesi foto dilangsungkan sangat meriah. Para pemimpin dunia yang datang satu per satu disambut tarian dan lampu warna-warni di sepanjang jalan mengarah ke arena Watercube.

Presiden Jokowi datang bareng Ibu Negara Iriana dengan menggunakan baju khas Tiongkok berwarna merah marun. Keduanya berbaur dengan pemimpin negara beda dan mengobrol hangat.

Saat sesi potret dimulai, Presiden Jokowi berada di barisan depan bareng Presiden Rusia Vladimir Putin, kemudian Presiden China Xi Jinping dan istri di sebelahnya, di sebelahnya lagi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, baru Presiden Obama dan istinya Michelle. Mereka memakai pakaian dengan motif dan warna senada.

Di Hotel Kempinski, Beijing, Selasa (11/11/2014), Jokowi sempat mengucapkan makna dari posisinya ketika sesi foto bareng pemimpin APEC itu. “Kamu mesti lihat tadi misalnya santap malam laksana ini mengapa kanan saya Presiden Xi Jinping, lantas di sana terdapat Pak Obama, di kirinya terdapat Pak Putin. Saya terdapat di mana?” kata Jokowi.

Saat ditanyakan arti posisi fotonya, Jokowi menjawab, “itu simbol, tersebut harus dibaca. Kita jadi rebutan gitu loh.”

Kendati demikian, Presiden Jokowi menegaskan akan setia pada konstitusi.  “Di tengah gitu, bebas aktif. Kamu tidak boleh keluar dari rel konstitusi,” ujar Jokowi.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana pun menafsirkan urusan yang sama. Kata dia, posisi berdiri Jokowi tersebut dapat dimaknai bahwa Indonesia jadi rebutan 2 negara besar yaitu AS dan Tiongkok.

“Memang dari perspektif Indonesia posisi berdiri (Jokowi) ini bisa dimaknai sebagai Indonesia menjadi ‘rebutan’ 2 negara besar, AS dan Tiongkok. Ini tentu menciptakan Indonesia tersanjung,” kata Hikmahanto.

Presiden Jokowi (kanan) bareng Presiden Obama, Presiden Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin (Xinhua)

Namun posisi berdiri ini seharusnya disaksikan juga dari perspektif tuan rumah, yakni Tiongkok. Perspektif Tiongkok penting sebab sebagai tuan lokasi tinggal maka tuan lokasi tinggal yang ‘mengatur’ posisi.

Hal ini pernah dilaksanakan oleh Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono, pada KTT East Asia Summit (EAS) 2011, saat terjadi ketegangan antara AS dan Tiongkok berhubungan masalah Laut Cina Selatan. Indonesia saat tersebut menjadi tuan lokasi tinggal KTT EAS 2011‎.

“Secara sengaja SBY mendudukan Presiden AS dan PM China Wen Jiabo bersebelahan. Tujuannya, supaya ketegangan bisa cair melewati komunikasi informal kedua kepala pemerintahan,” ucap Hikmahanto.

Untuk itu, kata Hikmahanto, posisi Jokowi juga dapat dilihat dari perspektif Indonesia sebagai penengah. Di sini, kata Hikmahanto, Tiongkok memerlukan pihak ketiga dalam menyikapi ketegangan Tiongkok dengan negara-negara lain, tergolong AS. Dan pihak ketiga itu ialah Indonesia melewati personifikasi Jokowi.

Masih kata Hikmahanto, ‎sebenarnya sebagai presiden negara besar, Obama sepantasnya berdiri di samping Xi Jinping selaku tuan lokasi tinggal KTT APEC. Namun guna menghindari kesan bahwa ketegangan teratasi dengan penyelenggaraan KTT APEC, maka Presiden Jokowi diposisikan salah satu 2 negara besar yang tercebur dalam ketegangan.

“Di sini Indonesia memang dijadikan negara yang netral dan bisa berperan sebagai juru damai yang jujur. Peran ini yang sudah dibangun Presiden SBY dan diapresiasi oleh masyarakat internasional,” ucap dia.

Oleh sebab itu, tidak sedikit negara lain bercita-cita Jokowi mempunyai peran yang sama dalam membawa Indonesia sebagai negara juru damai. Sebab peran urgen Indonesia tersebut harus terus dilanjutkan oleh Jokowi. “Presiden Jokowi mesti menyampaikan untuk masyarakat internasional bahwa peran itu akan tetap diemban‎,” tukas Hikmahanto.

Cara Di Antara Kita Bahasa Indonesia – cara among us bahasa indonesia

Tips Trick How to Play Among Us Mobile Game Completely - cara among us bahasa indonesia
Tips Trick How to Play Among Us Mobile Game Completely – cara among us bahasa indonesia | cara among us bahasa indonesia
[SUB INDO] How to Make Among Us Character in PowerPoint (Easy Steps)   FKSTUDIO - cara among us bahasa indonesia
[SUB INDO] How to Make Among Us Character in PowerPoint (Easy Steps) FKSTUDIO – cara among us bahasa indonesia | cara among us bahasa indonesia
Cara merubah bahasa di game Among Us - cara among us bahasa indonesia
Cara merubah bahasa di game Among Us – cara among us bahasa indonesia | cara among us bahasa indonesia
CARA MENGGANTI BAHASA DI AMONG US - YouTube - cara among us bahasa indonesia
CARA MENGGANTI BAHASA DI AMONG US – YouTube – cara among us bahasa indonesia | cara among us bahasa indonesia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed