Home / Tekno / Cara Hapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android Tanpa Root

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android Tanpa Root

Beberapa dari kita pasti ketika membeli ponsel baik new maupun second pasti ada saja aplikasi bawaan pabrik yang kita tidak tahu apa fungsinya. Selain tidak tahu fungsinya, juga tentu membuat ruang penyimpanan kita penuh, bukan?

So, ada lho cara uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik tanpa harus root ponsel kamu. Tapi, sebelum uninstall aplikasi-aplikasi bawaan tersebut, ada baiknya kamu tahu lebih dulu apa fungsinya jika tidak ingin terjadi masalah ke depannya.

Tapi ada juga kok aplikasi bawaan yang tidak begitu dipentingkan fungsinya. Nah! Dari pada memenuhi ruang penyimpanan, mending uninstall saja.

Mau tau bagaimana cara uninstall aplikasi bawaan smartphone Android tanpa harus root? Simak penjelasan berikut sebagaimana dilansir Rancah Post di bawah ini.

1) Download Aplikasi CCleaner

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk uninstall aplikasi bawaan ponsel tanpa harus root adalah download lebih dulu aplikasi CCleaner. Nah! Perlu kamu ketahui gengs! Aplikasi CCleaner ini adalah aplikasi resmi milik Google Play Store jadi sangat bisa  dipastikan cukup aman dipakai ya, gengs!

2) Masuk ke Aplikasi CCleaner

Langkah berikutnya setelah kamu berhasil mendownload aplikasi CCleaner, tinggal masuk saja ke aplikasi tersebut jika kamu memang benar-benar ingin menguninstall aplikasi bawaan tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

3) Menekan tiga garis

Langkah selanjutnya setelah kamu masuk pada aplikasi tersebut, maka kamu akan menjumpai halaman utama, di mana pada halaman utama sebelah pojok kiri atas terdapat garis tiga yang bisa kamu klik. Akan muncul opsi-opsi yang bisa kamu pilih, maka klik lagi opsi App Manager.

Langkah berikutnya, pilihlah System, kemudian kamu tinggal pilih aplikasi bawaan ponsel android yang ingin dihapus. Perlu diingat kembali nih, gengs! Pastikan aplikasi yang kamu pilih itu memang benar-benar tidak terpakai sehingga memungkinkan kamu untuk menghapusnya, ya! Lalu tinggal kamu klik uninstall saja, maka aplikasi tersebut otomatis akan berproses untuk dihapus.

Perlu diingat ya, gengs! Bahwa kamu tidak boleh sembarangan menghapus aplikasi yang sudah tertanam sejak membeli ponsel baru ini. Karena bisa saja kamu tidk mengetahui fungsinya namun sebenarnya sangat berguna atau berhubungan langsung dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang melancarkan sistem aplikasimu.

Selain itu, jika kamu mau lebih simplenya coba saja untuk menonaktifkan aplikasi bawaan ini. Caranya sangat mudah, kamu tingal pergi ke menu setelan atau setting, setelah itu kamu pilih aplikasi, lalu carilah aplikasi yang mau dinonaktifkan. Setelah itu, klik aplikasi tersebut. Lalu, pada bagian kanan atas terdapat icon kotak, biasanya berwarna abu-abu dan tertera jelas tulisan nonaktifkan atau hentikan. Maka klik saja. Otomatis aplikasi tersebut akan menghebtikan kinerjanya. Bagaimana? Mudah sekali, bukan?

Namun perlu kamu pahami lebih dalam lagi ya, gengs! Bahwa pelepasan aplikasi yang sudah tertanam pada ponsel sejak kamu membelinya ini tidak boleh sembarangan. Karena pihak produksi pasti mengerti bahwa aplikasi yang sudah terpasang ini memang sngat penting digunakan jadi sudah langsung terpasang.

Namun, jika menurut kamu tidak begitu penting fungsinya, bisa kok diuninstall saja. Cara termudah tanpa harus root ponsel yaitu tadi. Download lebih dulu aplikasi CCleaber setelah itu baru bisa menguninstalk aplikasinya. Atau jika kaku rela ponselmu terkena beberapa ganggung tidak masalah melakukan root.

So, sudah tahu cara-cara menguninstall aplikasi system yang tidak diketahui fungsinya, bukan? Apakah kamu mau menguninstall sebagai langkah praktik berikutnya? Semoga artikel ini bermanfaat ya, sob!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *