Cara Lengkap Mengurus Sertifikat Tanah Dan Biaya Yang Dibutuhkan

Posted on

nosoproject.com– Sertifikat tanah merupakan salah satu bukti bahwa tanah tersebut memang milik anda. Karena menurut PP No 24 Tahun 1997 tentang pendaftaran tanah, sertifikat ialah bukti hak atas tanah dan bangunan. Dimana sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) berdasarkan kantor pertanahan yang ada di daerah masing-masing.

Sertifikat sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu sertifikat Hak Guna Usaha ( HGU ), Hak Guna Bangunan ( HGB ), dan Sertifikat Hak Milik ( SHM ). Untuk SHM sendiri diperuntukkan untuk warga negara indonesia, sedangkan untuk HGU dan HGB untuk warga negara asing akan tetapi dengan jangka waktu tertentu.

Untuk anda warga kuningan yang mempunyai tanah tapi belum mempunyai sertifikatnya. Segeralah untuk mengurus sertifikatnya ke kantor Badan Pertanahan Nasional yang ada di Jl. RE Martadinata No. 84 Ciporang, Kuningan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum mengurus pembuatan sertifikat tanah :

1. Mempersiapkan Dokumen

Sebelum pergi untuk mengurus pembuatan sertifikat tanah, anda harus terlebih dahulu mempersiapkan dokumennya. Dimana dokumen tersebut menjadi syarat dalam pembuatan sertifikat tanah. Berikut adalah syaratnya :

  1. Sertifikat Asli Hak Guna Bangunan ( SHGB ).
  2. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ).
  3. Identitas diri berupa kartu tanda penduduk ( KTP ) dan juga kartu keluarga ( KK ).
  4. SPPT PBB.
  5. Surat pernyataan kepemilikan lahan.

Selain hal tersebut, bagi anda yang memiliki tanah yang berasal dari turun temurun tapi belum ada sertifikatnya bisa sekalian untuk membuatnya. Tentu dengan melampirkan beberapa hal berikut ini :

  1. Akta jual beli tanah.
  2. Fotocopy KTP dan KK.
  3. Fotocopy girik yang dimiliki.
  4. Dokumen dari desa ataupun kelurahan, seperti surat keterangan tidak ada sengketa, surat keterangan riwayat tanah dan surat keterangan tanah secara sporadik.

2. Mengunjungi Kantor BPN

Setelah semua dokumen dan persyaratan dilengkapi, anda tinggal mengunjungi kantor badan pertanahan nasional. Untuk di kabupaten kuningan, kantor bpn berada di Jl. RE Martadinata No. 84 Ancaran, Kuningan. Di BPN, belilah formulir pendaftaran. Anda akan mendapatkan map berwarna kuning dan biru. Setelah itu buatlah janji dengan petugas yang akan mengukur tanah anda.

3. Penerbitan Sertifikat Tanah Hak Milik

Setelah proses pengukuran tanah selesai, anda akan mendapatkan data surat ukur tanah. Serahkanlah untuk melengkapi dokumen yang telah ada sebelumnya. Setelah itu anda hanya tinggal menunggu proses penerbitan sertifikat tanahnya.

Alamat Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kuningan :

Jl. RE Martadinata No. 84 Ciporang, Kuningan.

No Telepon : (0232) 871582

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *