by

Cegah Laka Lantas, Satlantas Dan Dishub Kabupaten Kuningan Lakukan Cek Kelayakan Jalan Bus

nosoproject.com– Dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Satuan lalu lintas (satlantas) Polres Kuningan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan melaksanakan cek uji kelayakan bus. Dalam cek kelayakan bus tersebut, Kasat Lantas Polres Kuningan, AKP Dr. M. Tony Gusmanto S.E., M.Si menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sudah rutin dilaksanakan dan merupakan tindak lanjut arahan pimpinan untuk melakukan pengecekan terhadap kelayakan jalan kendaraan berpenumpang khususnya bus antar provinsi.

Hal tersebut sebagai upaya pencegahan terjadinya laka lantas seperti halnya yang terjadi dimana sebuah bus mengalami rem blong. Ataupun menabrak kendaraan didepannya. Rabu (26/9).

Dikatakan lebih lanjut, dalam pemeriksaan kali ini pihaknya melakukan pemeriksaan tidak hanya surat-surat kendaraan. Namun kelengkapan lainnya juga turut diperiksa meliputi kir, kelayakan kendaraan dan juga komponen lainnya. Dimana pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Terminal Type A Kertawangunan Kuningan.

“Ini merupakan arahan dari pimpinan dan juga antisipasi agar tidak terjadi kecelakaan,” ungkapnya.

Pihaknya juga terus menghimbau kepada semua pengguna jalan khususnya kendaraan berpenumpang. Agar memperhatikan kondisi kendaraan dan juga selalu melakukan pengecekan sebelum memakai kendaraan tersebut untuk perjalanan jarak pendek ataupun jarak jauh.

“Seluruh komponen kita periksa, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Karena diwilayah Kabupaten Kuningan medannya banyak tanjakan dan turunan yang tajam. Sehingga sangat rawan terjadinya rem blong maupun kecelakaan lainnya,” lanjutnya.

Sumber : Humas Polres Kuningan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *