by

Contoh-Acuan Bisnis Modern Modal Kecil Yang Bisa Kau Mulai

Banyak orang yang ingin mulai buka usaha tetapi takut untuk mengawali sebab banyak sekali kendala yang ada. Kendala utama yang menghalangi orang untuk mulai berbisnis ialah problem ketersediaan modal.

bisnis modern modal kecil

Akan namun, sebetulnya ada banyak versi bisnis terbaru dengan modal kecil tetapi mampu menciptakan laba besar. Masalah ketersediaan modal permulaan juga sebetulnya masih bisa disiasati dengan berbagai cara, selama ada cita-cita yang kuat untuk memulai.

Memang menjalankan usaha atau bisnis sendiri mempunyai risiko besar. Sehingga perlu motivasi yang kuat dan keteguhan hati untuk menjalaninya. Dengan memiliki perjuangan sendiri juga sangat berguna antara lain:

Belajar menjadi bos

Melalui bisnis atau usaha yang dirintis sendiri, seseorang akan menjadi bos, sekecil apapun bisnisnya. Seperti kata Bob Sadino yang merupakan pebisnis sukses bahwa setinggi apapun jabatan seseorang, ia tetaplah hanya pegawai selama masih bekerja pada orang lain.

Melalui bisnis yang dirintis sendiri, seseorang tidak terikat dengan aturan apapun dari orang lain, dan justru dia yang membuat hukum serta kendali yang mesti dijalani dalam membuka usaha.

Dengan menjalani bisnis sendiri, seseorang akan mencar ilmu menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab alasannya adalah mesti mampu memilih arah usaha yang dijalaninya, sekaligus juga harus mempertimbangkan nasib dari karyawan yang beliau pimpin.

Karakter kepemimpinan akan terbentuk seiring waktu selama seseorang bersungguh-sungguh dan serius menjalani usahanya.

Penghasilan yang tidak terbatas

Menjalani perjuangan sendiri akan membuat seseorang mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas, selama perjuangan dijalani dengan strategi bisnis yang tepat. Sementara bekerja menjadi pegawai cuma menciptakan pemasukan yang stagnan.

Orang yang memiliki perjuangan sendiri yaitu orang yang tetap berpenghasilan dengan jumlah penghasilan yang variatif, tergantung pada bagaimana dia mengerjakan bisnisnya.

Sementara pegawai yakni orang yang berpenghasilan tetap. Mau sebesar apa kerja dan bisnisnya, tetapi penghasilannya tetap dan dibatasi oleh perusahaan.

Bisa membuka lapangan pekerjaan

Orang yang merintis usaha sendiri bisa memberikan kesempatan untuk menunjukkan pekerjaan terhadap orang yang belum melakukan pekerjaan dengan menjadi karyawan di perjuangan yang dijalaninya.

Seorang usahawan meskipun kecil-kecilan bila telah mampu merekrut pegawai, maka dia telah berkontribusi pada pengurangan tingkat pengangguran sekaligus juga membantu perekonomian orang lain yang menjadi karyawannya.

Akan tetapi, menjadi seorang usahawan pemula memang tidak gampang alasannya adalah penuh tantangan dan risiko.

Namun, kondisi tersebut akan menciptakan hidup lebih berwarna dan menawan, utamanya bagi orang yang menggemari tantangan.

Berdasarkan faedah dan keistimewaan yang bisa didapatkan seseorang yang mengerjakan usahanya sendiri, berikut ini adalah teladan usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil:

Membuka perjuangan laundry

Membuka usaha laundry - Contoh-Contoh Bisnis Modern Modal Kecil Yang Bisa Kamu Mulai

Membuka usaha laundry juga ialah salah satu bisnis modern dengan modal kecil sekitar hanya Rp6 juta saja untuk pengadaan alat-alat berbentukmesin cuci, detergen, pengering, timbangan, setrika, plastik, dan perlengkapan lainnya.

Jasa laundry memiliki prospek bisnis yang cantik karena saat ini banyak orang yang ingin serba instan, tergolong dalam mencuci pakaian. Sehingga mereka lebih memilih untuk membawa cuciannya ke jasa laundry, dibanding harus mencuci sendiri alasannya adalah menguras banyak waktu dan tenaga.

Bisnis ini juga memperlihatkan laba yang cukup menjanjikan dan menggiurkan dari setiap kilogram cucian yang dicucinya.

Usaha basuh kendaraan beroda empat dan motor

Usaha cuci mobil dan motor - Contoh-Contoh Bisnis Modern Modal Kecil Yang Bisa Kamu Mulai

Saat ini banyak orang yang mempunyai kendaraan, baik itu mobil ataupun motor yang mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan. Namun, tidak siapa pun mempunyai waktu luang untuk mencuci dan membersihkan kendaraannya yang kotor selepas digunakan.

Oleh sebab itu, perjuangan jasa cuci kendaraan beroda empat dan motor memiliki potensi yang cukup prospektif untuk ditekuni. Untuk mengawali bisnis modern dengan modal kecil ini memerlukan modal usaha cuma Rp2 juta bila sudah ada tempat sendiri untuk mengawali perjuangan. Modal usaha tersebut dipakai untuk berbelanja pompa air sampai peralatan pembersih kendaraan yang lain.

Penyedia menu sarapan

Penyedia menu sarapan - Contoh-Contoh Bisnis Modern Modal Kecil Yang Bisa Kamu Mulai

Jasa penyedia sajian sarapan merupakan salah satu jenis usaha yang mempunyai potensi besar alasannya banyaknya orang yang terburu-buru waktu untuk melakukan pekerjaan di pagi hari sehingga tidak sempat sarapan, apalagi menawarkan sajian sarapan.

Bisnis modern modal kecil ini ialah salah satu perjuangan yang gampang dilaksanakan, terlebih lagi oleh orang yang kegemaran mengolah makanan. Walaupun saat ini sudah banyak usaha sejenis di pinggiran jalan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba dengan strategi dan versi bisnis lain, seperti misalnya jasa antar hidangan sarapan ke rumah atau kantor, atau dengan pengembangan inovasi lainnya.

Modal yang diharapkan untuk menjalankan usaha ini hanya sekitar Rp3 juta sama dengan jam kerja yang fleksibel, tetapi lebih sering melakukan pekerjaan di pagi hari sebelum matahari terbit untuk menawarkan ragam sajian sarapan yang mampu dijual.

Selain modal usaha, untuk mengerjakan usaha ini juga membutuhkan pemahaman wacana cara mengolah makanan serta cita rasa masakan yang nikmat dengan rasa yang berbeda dari pesaing lainnya.

Menjadi reseller

Menjadi reseller - Contoh-Contoh Bisnis Modern Modal Kecil Yang Bisa Kamu Mulai

Reseller bermakna memasarkan kembali barang yang dijual oleh orang lain untuk memperluas jangkauan pasar. Menjadi reseller itu bahkan bisa dilakukan tanpa modal sedikitpun.

Yang perlu dijalankan ialah menghubungi penjual utama untuk meminta izin menjadi reseller. Setelah itu, kau bisa menolong memasarkan barang-barang yang dijual penjual utama tersebut terhadap relasimu atau melalui media sosialmu.

Kamu bisa mengambil margin keuntungan dari selisih harga antara harga dari penjual utama dan harga yang kau berikan terhadap pembelimu. Ada berbagai jenis reseller, antara lain kamu mengambil barang atau membeli barang dari penjual utama dengan harga reseller, gres lalu kamu memasarkan kembali.

Selain itu, ada juga reseller dropship yakni reseller yang tidak perlu membeli barang dari penjual utama dan hanya memasarkan barangnya saja. Pada tata cara ini nantinya barang-barang yang dibeli akan diurus dan dikirim oleh penjual perjuangan. Reseller dropship berperan kurang lebih mirip sales ataupun marketing dari penjual utama.

Selain itu, masih banyak jenis perjuangan lain yang mampu dijalani dengan modal minim. Seperti jasa web development, menjadi penulis lepas, dagangkelontong, usaha fotokopi, dan jenis usaha yang lain.

Sementara itu, apabila ada keterbatasan modal untuk mengawali usaha, mampu disiasati dengan banyak sekali cara, antara lain mengajukan dana dukungan ke perbankan. Ada banyak jenis santunan yang mampu dimanfaatkan untuk menerima dana.

Seperti lewat Kredit Usaha Rakyat atau pendanaan Usaha Mikro yang merupakan program dari pemerintah atau bisa juga melalui Kredit Tanpa Agunan berupa dukungan terhadap perbankan tanpa penyertaan agunan.

KUR dan UMi

Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga merupakan program pemerintah untuk menunjukkan pembiayaan kepada penduduk yang ingin menjalankan perjuangan atau yang sudah mempunyai usaha baik skala mikro ataupun ritel.

Dana KUR bisa disalurkan untuk pelaku perjuangan mikro, kecil, dan menengah, kandidat tenaga kerja Indonesia yaNg akan bekerja di mancanegara, kandidat pekerja magang di luar negeri, serta anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau melakukan pekerjaan sebagai tenaga kerja Indonesia.

Suku bunga kredit yang berlaku untuk seluruh jenis KUR sungguh terjangkau, adalah cuma 6% per tahun alasannya menerima subsidi bunga dari pemerintah.

Total plafon pembiayaan dari KUR ini sebesar Rp25 juta hingga Rp500 juta tergantung pada jenis perjuangan yang diajukan.

Sementara Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan program tahap lanjutan dari acara santunan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar perjuangan mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum mampu difasilitasi perbankan lewat program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

UMi memberikan akomodasi pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). UMi adalah acara pembiayaan dari pemerintah untuk memberdayakan penduduk , utamanya ibu rumah tangga.

(Baca Juga: bisnis-online-modal-kecil-yang-menjanjikan/”>Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan)

Pemerintah menunjuk Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) sebagai coordinated fund pembiayaan UMi. Pembiayaan UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Saat ini forum yang menyalurkan pembiayaan UMi antara lain: PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Sumber pendanaan berasal dari APBN, bantuan pemerintah tempat dan forum-forum keuangan, baik domestik maupun global.

BLU PIP memperlihatkan sumbangan ke LKBB dengan bunga 2-4 persen per tahun.

Sementara bunga yang dikenakan LKBB untuk debitur beraneka ragam, mulai dari 8-12 persen per tahun. Besaran bunga ini jauh lebih ringan ketimbang perlindungan dari perbankan mirip Kredit Tanpa Agunan.

UMi menunjukkan pemberian jangka pendek, yaitu dengan tenor hingga 52 ahad dan plafon tunjangan sampai Rp 10 juta.

Pembiayaan lewat KTA

Opsi lainnya yang bisa dicoba untuk menerima modal perjuangan yaitu dengan mengajukan derma ke perbankan lewat sketsa Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari perbankan.

Pengajuan KTA dikala ini mampu dikerjakan secara online tidak perlu datang ke kantor cabang bank. Sehingga sangat memudahkan dan tidak mencampakkan banyak waktu.

Secara lazim, persyaratan yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan KTA antara lain:

  • Berkewarganegaraan Indonesia
  • Usia sekurang-kurangnya21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Berpenghasilan tetap minimal Rp2,5 juta per bulan
  • Fotokopi KTP, KK, dan surat nikah jika sudah berkeluarga
  • Fotokopi NPWP langsung ataupun SPT PPh 21
  • Cetak rekening simpanan 3 bulan terakhir
  • Surat Keterangan Kerja asli dan slip honor
  • Tagihan kartu kredit terakhir jikalau ada
  • Salinan SIUP, TDP, NPWP perusahaan untuk wiraswasta
  • Salinan izin praktik profesional untuk profesi tertentu
  • Salinan pembukuan keuangan untuk wiraswasta
  • Materai

Bunga yang ditawarkan kredit tanpa agunan lebih tinggi ketimbang bunga pada perlindungan pembiayaan UMi ataupun KUR, alasannya adalah tidak mendapatkan subsidi pemerintah.

Bunga yang ditawarkan mulai dari 0,95% per bulan dengan limit pinjaman bisa meraih Rp300 juta dengan tenor pengembalian 12 sampai 60 bulan.

Memulai usaha membutuhkan ketabahan dan kebulatan tekad. Masalah permodalan bantu-membantu bukan menjadi hambatan, selama ada impian dan motivasi yang besar lengan berkuasa untuk menjalani usaha ataupun bisnis sendiri. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Jika niat kamu untuk memulai perjuangan telah mantap, lalu modalnya bagaimana? Tidak perlu cemas alasannya kau bisa mengajukannya di CekAja yang kondusif dan terpercaya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed