Hari Kartini: 7 Film Terbaik Perihal Perjuangan Wanita Penting, Wajib Ditonton

Posted on

Hari Kartini, atau dikenal dengan istilah Hari Ibu Kita Kartini ini, ialah hari di mana usaha sosok RA Kartini diperingati setiap tahunnya, yakni setiap tanggal 21 April. Bukan cuma sekedar peringatan semata, Hari Kartini juga sering dijadikan sebagai hari yang menginspiratif, khususnya untuk para kaum wanita.

Hari Kartini: 7 Film Terbaik Tentang Perjuangan Wanita Ini, Wajib Ditonton

Biasanya, Hari Kartini diperingati dengan berbagai cara, seperti menghias diri bagai perempuan Jawa dan berkebaya, mendahulukan perempuan di setiap aktivitas, memakai jasa perempuan di berbagai pelayanan, dan lain-lain.

Hal tersebut dijalankan untuk menyuarakan bahwa, perempuan juga mempunyai hak-hak yang sama dengan laki-laki, termasuk dalam hal pekerjaan.

Tidak cuma di bidang pendidikan dan sosial saja, sosok RA Kartini, juga sangat menginspirasi para Kartini terbaru dikala ini, bahkan di banyak bidang, mirip di pemerintahan.

Bahkan, saking memberi inspirasi banyak wanita, dongeng kecanggihan Kartini dan wanita jago lainnya, juga banyak yang difilmkan loh.

Terlebih, film terbaik perihal usaha wanita ini, memang sengaja dibentuk untuk menyadarkan bahwa wanita, juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki.

Sehingga, jikalau kamu menonton film terbaik wacana usaha perempuan di Hari Kartini ini, kamu jadi mampu merasakan kesetaraan gender, bahkan wanita bisa jadi lebih tinggi dibanding pria.

Nah, biar hari-hari mu di Hari Kartini ini jadi berwarna dan memberi ide dirimu sendiri sebagai wanita, yuk nonton film terbaik ihwal perjuangan wanita berikut ini, sekaligus menemani kamu berkegiatan di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung.

(Baca Juga: Film Terbaik Tentang Persahabatan)

7 Film Terbaik Tentang Perjuangan Wanita yang Cocok Ditonton di Hari Kartini

1. Sokola Rimba (2013)

Film terbaik ihwal perjuangan wanita yang pertama yaitu Sokola Rimba. Film ini ternyata bukanlah diangkat dari dongeng fiksi, melainkan cerita aktual, dari seorang wanita bernama Saur Marlina, atau dikenal sebagai Butet Manurung.

Film Sokola Rimba ini menceritakan ihwal sosok Butet Manurung, yang diperankan oleh Prisia Nasution mengajar bawah umur rimba di hutan Taman Nasional bukit Dua Belas, Jambi. Butet Manurung sendiri menuliskan kisahnya tersebut di sebuah buku, yang terbit 2007 lalu.

Lalu, cerita nyatanya yang ada di dalam buku tersebut, diangkat menjadi suatu film memberi inspirasi, oleh Mira Lesmana dan Riri Riza. Film ini terperinci sungguh mengedukasi dan mempunyai banyak pelajaran, terlebih cerita ini menceritakan seorang perempuan jago.

Kaprikornus, film Sokola Rimba sangat sesuai dijadikan sebagai film keluarga, dan ditonton di rumah untuk mengisi hari-hari kau di sela-sela Work From Home (WFH).

2. Pendekar Tongkat Emas (2014)

Masih diproduseri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza, film terbaik wacana usaha wanita selanjutnya ini ialah Pendekar Tongkat Emas, yang dirilis pada 2014. Film yang dimainkan oleh Eva Celia, Christine Hakim, Reza Rahadian, Nicholas Saputra, hingga Tara Basro.

Tidak kalah menawan dan memberi inspirasi, film ini juga bisa membuatmu para wanita merasa kuat. Kaprikornus, list juga film Pendekar Tongkat Emas, untuk dijadikan tontonan keluarga di rumah ya!

3. Athirah (2016)

Film terbaik tentang usaha wanita yang selanjutnya ini yaitu Athirah. Film yang menceritakan sosok lembut dan ahli dari ibu Jusuf Kalla ini, memang menciptakan semua orang yang menontonnya takjub sampai berlinang air mata.

Athirah yang diperankan oleh Cut Mini ini ialah sosok, yang melambangkan kekuatan, di dalam keluarga. Lalu, Jusuf Kalla yang diperankan oleh Christoffer Nelwan ini, ialah sosok anak yang sungguh menyayangi ibunya.

Athirah yang ialah ibu Jusuf Kalla ini, harus mengahadapi kenyataan pahit di hidupnya. Bahkan, ia rela mempertahan kan harga diri dan keluarga, meski menerima luka yang amat dalam. Perjuangan di keluarganya pantas kau saksikan, di film terbaik perihal usaha perempuan ini.

4. 3 Srikandi (2016)

Selanjutnya ada 3 Srikandi yang menjadi salah satu film terbaik perihal usaha perempuan. 3 Srikandi juga ialah suatu film biopik Indonesia yang dirilis tahun 2016 dan disutradarai oleh Iman Brotoseno.

Film 3 Srikandi ini menceritakan ihwal tiga atlet panahan asal Indonesia, yang berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade. Di film ini juga, kau akan diajak kembali mengingat prestasi yang diukir Indonesia pada zaman kau masih belia.

Para atlet panahan putri adalah, Nurfitriyana yang diperankan Bunga Citra Lestari, Lilies Handayani atlet Surabaya oleh Chelsea Islan, dan Kusuma Wardhani atlet asal Makassar yang diperankan sangat bagus dengan logat Makassar kental oleh Tara Basro.

Selain itu, ada juga Donald Pandiangan yang diperankan Reza Rahardian. Bagaimana, kehebatan wanita mampu dilihat dari banyak sekali bidang bukan? Seperti bidang olahraga panahan, yang mampu diraih 3 Srikandi tersebut. Hebat deh atlet wanita Indonesia!

(Baca Juga: #Dirumah Aja, Ini 5 Film yang Asik Buat Temenin Kamu)

5. Surat Cinta untuk Kartini (2016)

Sebelum film Kartini dirilis, film Surat Cinta untuk Kartini telah lebih dahulu tayang pada 2016 lalu, dan menjadi film terbaik ihwal usaha perempuan. Film ini menceritakan sudut pandang seorang tukang pos, yang jatuh hati terhadap Kartini.

Bagaimana tidak, Kartini memang ialah wanita yang mempunyai tampangayu dan juga mempunyai rasa kepedulian tinggi, khususnya terhadap rakyat kecil dan juga pendidikan. Sehingga, film ini sangat cocok untuk ditonton ketika Hari Kartini diperingati, sambil melihat sejarah perjuangannya.

6. Kartini (2017)

Film yang diangkat pribadi dari dongeng RA Kartini ini menjadi salah satu film terbaik perihal usaha perempuan berikutnya. Sosok Kartini yang ada di film Kartini ini, diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

Dirilis pada tahun 2017, film Kartini ini menceritakan sejarah perjuangan Kartini terhadap hak-hak perempuan zaman dulu, beserta riwayat Kartini selama hidupnya. Film ini juga menciptakan para penontonnya bisa mengetahui perayaan Hari Kartini bekerjsama.

Bahkan, kau para wanita mampu jadi punya semangat lebih besar lagi, dalam menjalani kehidupan. Selain itu, film ini juga bisa membuat para pria, bisa lebih menghargai lagi para perempuan, entah itu ibunya, istrinya, adiknya, saudaranya, rekannya, dan perempuan yang lain.

7. Mimpi Sejuta Dolar – 2014

Film terbaik perihal perjuangan perempuan yang mungkin telah sangat familiar ialah Mimpi Sejuta Dolar. Film yang diangkat dari kisah nyata wanita anggun berjulukan Merry Riana ini, memang sangat memberi gagasan para kaum perempuan lho.

Mimpi Sejuta Dolar ialah film yang menceritakan tentang kisah usaha Merry Riana (diperankan Chelsea Islan) semenjak sampaumur, yang hidupnya sangat sulit. Namun, ia sukses menjadi orang berhasil dan kaya berkat kegigihannya.

Dengan dongeng perjalanan hidupnya, Merry juga mempelajari apa arti hidup. Hingga jadinya, kini menjadi perempuan yang mahir dan memotivasi banyak orang.

Nonton Film di Hari Kartini Sambil Bisnis, Kenapa Enggak?

Nah, itu beliau beberapa film terbaik wacana perjuangan perempuan, yang mampu memberi gagasan kau, di Hari Kartini ini. Meski sedang diterapkan PSBB, kau bisa melakukan kegiatan menonton film tersebut, sambil melaksanakan acara lain di rumah.

Misalnya, mengolah masakan, membuat pernak-pernik, kerajinan tangan, dan lain-lain yang mungkin mampu menghasilkan pundi-pundi di tengah pandemi Covid-19 mirip ini. Memulai perjuangan yang bisa menghasilkan sesuatu, juga mampu dijadikan sebuah usaha Anda selaku wanita, atau ibu rumah tangga.

Yuk Kaprikornus Wanita Hebat dengan Memulai Bisnis dan Cari Modal Usaha di CekAja.com!

Mau mulai usaha tetapi modal tak memadai? Jangan cemas, di tengah mewabahnya virus corona, pelayanan derma dana tunai tetap mampu kamu peroleh, mirip mengajukan pinjaman di CekAja.com.

Dengan proses cepat, syarat gampang dan pastinya kondusif, menciptakan kegiatan meminjam mu jadi lebih tenteram dan mudah. Yuk secepatnya ejekan santunan dana tunai hanya di CekAja.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *