by

Huawei P40, Flagship Teranyar Dari Huawei

Pada tanggal 26 Maret 2020, Huawei merilis seri flagship terbarunya ialah Huawei P40 yang berdasarkan bocoran akan tersedia varian Pro nya juga. Dikenal dengan kerjasamanya bersama Leica, Huawei senantiasa menghadirkan kamera yang memukau dibanding para pesaingnya. Lalu kira-kira apa saja spek yang dibawanya? Berikut ulasannya.

Daftar Isi

Desain dan Layar

Huawei P40

Di sisi desain, Huawei memperlihatkan performa yang premium dengan materi kaca. Untuk bab belakangnya, terdapat kamera yang tergabung dalam bracket hitam yang sedang menjadi musim ketika ini. Hanya saja untuk varian standarnya, jumlah kameranya lebih minim ketimbang Huawei P40 Pro. Untuk layar depan, Huawei P40 tampil mempesona dengan rancangan punch hole camera yang unik.

Layar dari Huawei P40 sendiri juga lebih kecil dari versi Pro nya ialah berskala 6,41 inch saja. Namun belum dimengerti apa saja spek dari layarnya tersebut. Diduga berpengaruh, Huawei akan menambahkan layar OLED dengan refresh rate yang tinggi yaitu 120Hz. Warna yang tersedia cukup variatif. Setidaknya telah timbul 3 jenis warna, meskipun belum diketahui nama setiap warnanya.

Performa

Di sisi tampilan, baik Huawei P40 Pro maupun varian standarnya ini akan menggunakan chipset Kirin 990 yang sudah mendukung jaringan 5G. Yang menawan dari chipsetnya ini yaitu Kirin menggunakan tata cara SuperCool yang mampu meminimalisir panas processor dengan bahan graphene nya. Tak ada metode pendingin lain yang ditemukan, namun mungkin saja hal ini akan menjadi animo.

Untuk pilihan ram dan internal hanya ada satu varian saja yakni 8 GB dan internal 128 GB. Beberapa bocoran mengatakan bahwa Huawei hanya akan menyertakan slot aksesori memori berjenis NanoMemory2 dan tidak memberi kemungkinan untuk jenis memori lainnya mirip microSD. Tentu ini menjadi pertimbangan untuk pengguna smartphone yang memerlukan penyimpanan besar.

Untuk baterainya, Huawei menyertakan kapasitas 3800 mAh dengan kemampuan charge hingga 22,5 W, speknya ini sama mirip flagship tahun lalu. Namun data ini mungkin berlainan kedepannya. Di tengah kabar perseteruannya dengan Google, Huawei tetap memakai Android 10 meski tidak didukung dengan layanan Google. Huawei telah menawarkan aplikasi AppGallery selaku pengganti Play Store.

Kamera

Di segi kamera, Huawei menyertakan 3 kamera utama dan tetap mempertahankan spesifikasi kelas wahid yaitu kamera utama 50 MP dengan UltraVision Cam. Kamera keduanya berjenis telephoto dengan resolusi 8 MP. Kedua kameranya tersebut telah didukung dengan OIS sehingga hasil fotonya terlihat lebih tajam. Satu kamera terakhir yaitu kamera Ultra Wide dengan sensor 16 MP.

Untuk kamera depannya, Huawei mengandalkan kamera beresolusi 32 MP. Meskipun berukuran sama tetapi varian standarnya ini tidak memiliki kamera sensor kedalaman seperti yang ada pada varian Pro nya. Kamera dari Huawei P40 juga konon akan ditunjang dengan Huawei XD Fusion Engine yang akan memaksimalkan hasil jepretannya.

Harga

Untuk harga dari flagship modern Huawei ini sesungguhnya belum dirilis. Namun mirip biasa, dari bocoran yang beredar harga untuk varian P40 patokan akan dijual berkisar 849 Euro atau 14 jutaan. Sedangkan untuk varian Pro nya konon akan mencapai angka 1139 Euro atau 18,8 jutaan rupiah.

Dengan harga diatas, kau juga perlu menimbang-nimbang bahwa perangkat ini tidak memiliki santunan dari layanan Google sehingga kau akan mengalami kesulitan untuk penggunaan aplikasi yang membutuhkan Google Service tersebut. Meski di segi perangkat keras, Huawei P series ialah salah satu yang terbaik. Namun, keputusan tetap ada di tanganmu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed