Menu

Mode Gelap

- · 1 Des 2020 03:00 WIB ·

Jakarta Terapkan Psbb, Bakal Ada Jaminan Rp600 Ribu Per Bulan


 Jakarta Terapkan Psbb, Bakal Ada Jaminan Rp600 Ribu Per Bulan Perbesar

Wilayah DKI Jakarta sudah menerima restu untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari Kementerian Kesehatan. Kebijakan tersebut baru akan dieksekusi mulai tanggal 10 April hingga 23 April 2020. Untuk menjamin semuanya berjalan lancar, pemerintah menawarkan insentif berbentukjaminan logistik senilai Rp600 ribu setiap bulan bagi masyarakat yang terdata.

Jakarta Terapkan PSBB, Bakal Ada Jaminan Rp600 Ribu

Demi meredam penyebaran virus novel corona, Pemerintah Pusat dan Pemda sudah bersepakat untuk mengambil sejumlah langkah-langkah. Salah satunya yakni dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Adalah kawasan DKI Jakarta yang hendak melaksanakan hal tersebut terhitung sejak tanggal 10 April sampai 23 April mendatang.

Sesuai dengan Undang-Undang wacana kekarantinaan, pemerintah wajib menjamin ketersediaan pasokan bahan pangan untuk masyarakat di daerah yang dilakukan karantina, dalam hal ini PSBB.

Nah berikut merupakan beberapa hal yang akan dijalankan pemerintah demi menjaga semuanya kondusif dikala PSBB berlangsung.

(Baca juga: Daftar Larangan dan Kegiatan Usaha yang Boleh Beroperasi Selama PSBB)

1. Jaminan Rp600 ribu setiap bulan

Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal memperlihatkan pinjaman sosial (bansos) khusus senilai Rp600 ribu per keluarga semala 3 bulan.

Hal itu dibilang oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara ialah derma yang diperlukan dapat menopang hidup penduduk kecil yang terdampak wabah.

Namun tidak semua daerah di Indonesia yang menerima bansos khusus tersebut. Hanya wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi alias Jabodetabek.

Tetapi hening, diluar itu juga masih ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per keluarga selama periode waktu 3 bulan juga.

Nah penerima tunjangan ini yaitu mereka yang berada di luar Jabodetabek dan belum terdaftar dalam program Jaring Pengaman Sosial.

Nah sembari menanti realisasi bansos tersebut, pemerintah bakal mendistribusikan 200 ribu paket sembako senilai Rp200 ribu di wilayah Jakarta.

2. Ojol dilarang bawa penumpang

Kebijakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 juga berimbas pada pemasukan pengemudi ojek daring alias ojol.

Pasalnya dalam keadaan PSBB, motor yang masuk dalam kategori transportasi biasa hanya dibolehkan untuk mengantar barang.

Sedangkan orang boleh memakai kendaraan roda empat dengan jumlah penumpang yang terbatas.

Hal itu eksklusif direspon oleh para pengemudi dengan bermacam-macam cara. Ada yang meminta kepada pemerintah biar memberikan BLT senilai Rp100 ribu per hari karena hilangnya fitur penumpang.

Selain itu ada juga yang mengusulkan kepada Pemerintah untuk memanfaatkan jasa ojol ketika melakukan pengantaran pertolongan.

(Baca Juga: Di Masa Pandemi, Ini Dia Cara Praktis Mengajukan Pinjaman P2P)

3. Berkumpul maksimal 5 orang

Saat PSBB berjalan, kau juga tidak diperkenankan untuk berkumpul. Maksimal jumlah orang yang diperbolehkan dalam kerumunan hanya sebanyak 5 orang.

Jika kedapatan ada yang lebih dari itu, maka pemerintah akan berusaha membubarkan kerumunan tersebut.

Jakarta selaku ibukota memang menyumbang jumlah korban yang tidak sedikit dalam pandemi novel corona. Pasalnya lebih dari setengah pasien terjangkit secara nasional berasal dari DKI Jakarta.

Oleh sebab itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa hari kemudian sudah meminta persetujuan kepada pemerintah pusat untuk menerapkan status PSBB di wilayah administratifnya.

Bagaimanapun, kita semua berharap semoga semuanya secepatnya berlalu dengan hening. Karena status PSBB ini mampu diperpanjang jika memang dirasa perlu dilaksanakan.

Selama belum tampakada penurunan jumlah pasien gres, tampaknya hal tersebut akan terus dilakukan.

Bahkan Pemerintah Pusat juga sudah merencanakan skenario lanjutannya ialah berbentukDarurat Sipil.

Namun masa status itu sudah diberlakukan, mempunyai arti kondisinya telah makin buruk.

Disitu pemegang kekuasaan tertinggi adalah Presiden Joko Widodo atau Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia.

Jadi ikuti apa kata pemerintah untuk tetap dirumah dan jaga Kesehatan diri. Kamu yang berada di daerah PSBB bila membutuhkan uang tunai secara cepat, bisa kanal Kredivo.

Banner Kredivo

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengobatan Asuransi Untuk Pekerja Dan Jenis-Jenisnya

2 Desember 2020 - 11:18 WIB

Pentinglah Asuransi Untuk Barang Elektronik Dan Contohnya

2 Desember 2020 - 11:15 WIB

5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

2 Desember 2020 - 11:09 WIB

tips Mengubah Kartu Kredit Yang Rusakâ Dan tips Mencegahnya

2 Desember 2020 - 11:06 WIB

Mengenal Pemahaman Dan Perbedaan Asuransi Perjalanan Syariah

2 Desember 2020 - 11:03 WIB

Rekomendasi 7 Daftar Buku Terbaik Untuk Belajar Saham

2 Desember 2020 - 11:00 WIB

Trending di -