Jangan Pernah Takut Untuk Berzakat

Posted on

nosoproject.com– Di Bulan Ramadhan ini, biasanya kita akan menunaikan salah satu kewajiban kita selaku umat muslim. Selain menjalankan ibadah puasa dan shalat tarawih tentunya. Salah satu kewajiban tersebut yang harus ditunaikan ialah membayar Zakat Fitrah. Yang memang harus selalu dibayarkan oleh setiap muslim disaat Bulan Ramadhan.

Zakat sendiri adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama islam dan nantinya akan diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya. Namun, ternyata masih banyak masyarakat yang belum paham benar terkait Zakat. Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui perihal Zakat :

1. Zakat wajib dikeluarkan bagi mereka yang sudah mampu. Jadi bagi masyarakat yang memang dalam kondisi ekonomi yang kurang, tidak wajib untuk mengeluarkan zakat. Namun ada beberapa syarat yang harus anda ketahui ketika akan berzakat, diantaranya :

  • Beragama Islam.
  • Telah memiliki harta berlebih baik untuk diri sendiri ataupun untuk keluarga.
  • Yang harus dibayarkan zakatnya adalah seluruh anggota keluarga (terutama yang belum bekerja atau belum bisa menghasilkan uang sendiri.
  • Bayi yang lahir sebelum magrib 1 syawal ataupun Istri yang dinikahi sebelum magrib 1 Syawal yang wajib dibayarkan zakatnya.

Setelah kita mengetahui syarat dalam berzakat dan hal yang lainnya. Tentu kita akan berpikiran, kepada siapa zakat yang kita keluarkan akan diberikan ?

Ternyata zakat yang kita keluarkan tersebut, nantinya akan diberikan kepada golongan yang berhak untuk menerimanya. Dimana ada 8 golongan yang nantinya akan menerima zakat yang sudah kita keluarkan. Diantaranya ialah golongan fakir, miskin, amil, muallaf, ghamir, raqib, fi sabillilah dan Ibnu Sabil.

Sekedar projectrmasi tambahan, Zakat yang wajib kita keluarkan ternyata tidak hanya zakat fitrah saja yang dikeluarkan pada waktu bulan ramadhan. Ada juga zakat mal yang harus kita keluarkan dalam jangka waktu satu tahun sekali sesuai dengan nisab dan haulnya.

Jangan Takut Berzakat, Berzakat Tidak Membuat Kita Miskin

Sebenarnya, dengan berzakat setiap bulan ramadhan tidak akan membuat kita menjadi miskin. Justru dengan giat mengeluarkan zakat yang memang seharusnya kita keluarkan. Kita akan merasa tidak ada beban lagi, memperluas rezeki kita, bahkan kita sudah membantu sesama yang membutuhkan. Karena dari zakat yang kita keluarkan, zakat tersebut akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Itu beberapa hal yang admin rasakan ketika rajin mengaluarkan zakat. Baik itu perihal zakat fitrah yang dikeluarkan ketika bulan ramadhan ataupun zakat mal yang dikeluarkan dalam periode satu tahun sekali.

Dampak dari rajinnya kita mengeluarkan zakat juga akan mendorong perekonomian dari masyarakat yang menerima zakat tersebut. Jadi sudah sejauh mana anda mengeluarkan zakat atau menghitung zakat yang akan anda keluarkan pada ramadhan kali ini ?

Berbicara perihal berapa banyak zakat yang harus kita keluarkan, kini semakin mudah dengan hadirnya Dompet Dhuafa dengan program #JanganTakutBerzakat pada ramadhan kali ini. Dimana, didalam website Dompet Dhuafa tersebut, kita bisa menghitung berapa banyak zakat yang harus kita keluarkan. Bahkan kita juga bisa menyalurkan zakat yang akan kita keluarkan melalui Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa sendiri merupakan salah satu lembaga filantropi islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF), serta dana halal lainnya. Dimana Dompet Dhuafa juga berkhidmat dalam pemberdayaan budaya melalui kegiatan filantropis dan wirausaha sosial profetik.

Untuk itu, bagi anda yang ingin membayar zakat fitrah, zakat mal dan bersedekah. Bisa langsung memilih lembaga Dompet Dhuafa yang sudah terpercaya perihal pengelolaan dana tersebut. Mari kita keluarkan zakat yang sudah seharusnya kita keluarkan, karena hal tersebut merupakan salah satu kewajiban kita selaku umat muslim. #JanganTakutBerzakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *