Home / Kesehatan / Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Mata adalah salah indera penglihatan manusia yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan. Tanpa mata, seseorang tentunya tidak akan mampu melihat keindahan yang ada disekitarnya. Dan pastinya dengan anugerah tersebut, manusia juga sepatutnya untuk menjaga kesehatan mata dengan baik. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun cara yang paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang diketahui dapat membantu fungsi penglihatan agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya.

Sebenarnya ada makanan lain selain wortel yang sebenarnya baik untuk kesehatan mata kita. Dan berikut ini ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata yang perlu kamu ketahui.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau diketahui memiliki kandungan lutein yang tinggi, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk menjaga kesehatan mata terutama pada lensa mata dan retina mata kita. Lutein iin memiliki fungsi sebagai penyerap dan melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet. Jenis sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan lutein diantaranya adalah pada sayuran bayam kale. Sayuran tersebut memiliki kandungan lutein sebanyak 11.4 mg per 100 gram nya. Dengan mengkonsumsi sayuran ini sebanyak 80 gram kale, memiliki kandungan lutein setera dengan mengkonsumsi 41 buah jeruk dan 71 butir telur.

Buah – buahan

Retina mata memerlukan setidaknya makanan yang mengandung vitamin A untuk memperjelas penglihatan pada saat malam hari. Mengkonsumsi buah – buahan yang berwarna seperti halnya buah mangga dan pepaya. Keduanya merupakan buah – buahan yang memiliki sumber betakaroten, yaitu suatu zat gizi yang ada dalam tubuh yang bisa berubah menjadi vitamin A.

Daging, Kacang dan Biji – bijian

Zinc merupakan salah satu mineral yang dikatakan memiliki fungsi kesehatan yang baik untuk mata di Negara Eropa. Dan setelah dilakukannya uji coba oleh para ilmuan, mereka mengatakan bahwa mineral tersebut sangat bagus untuk kesehatan mata manusia. Sebenarnya kandungan Zinc banyak ditemukan pada ayam kalkun, ikan sarden, kepiting, tiram serta kacang mete dan gandum yang juga memiliki kandungan zinc.

Ikan

Ikan laut seperti ikan tuna dan ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang memiliki fungsi untuk menormalkan sel – sel retina yang lemah. Sebaiknya kamu bisa memasukkan ikan – ikan tersebut kedalam menu makan sehat kamu setidaknya satu minggu sekali, untuk melengkapi  kebutuhan asam lemak omega 3 untuk membuat mata kamu tetap sehat dan menjaga ketajaman penglihatan.

Nah itulah bebebarapa makanan sehat yang sebaiknya kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mata kamu. Kamu bisa memasukkan makanan – makanan tersebut kedalam menu makanan sehat sehari – hari kamu untuk membuat mata kamu tetap sehat dan indah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Mengatasi Ketombe Dengan Masker Yogurt

Mengatasi Ketombe Dengan Masker Yogurt

Masalah ketombe pada rambut merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh sebagian besar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *