Kabupaten Kuningan Semakin Serius Garap Tour De Linggarjati ( TdL )

Posted on

nosoproject.com– Tour de linggarjati adalah kejuaraan balap sepeda resmi berskala internasional, yang diselenggarakan di kabupaten kuningan, provinsi jawa barat. Ajang wisata yang berbasis olahraga kebanggaan kabupaten kuningan ini sudah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya.

TdL 2017 yang mengusung tema ” lintasi alam, kenali budaya, cintai sejarah ” ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta. Peserta tersebut datang tidak hanya dari indonesia saja akan tetapi luar indonesiapun turut serta. Contohnya saja mongolia, malaysia, filipina dan singapura.

Dalam acara welcome dinner TdL 2017 yang dilangsungkan di pendopo kuningan, Kamis (30/11/17). Pelaksana tugas asisten deputi pengembangan pemasaran wisata mancanegara, Hariyanto mengatakan bahwa sport tourism merupakan bagian yang sangat penting.

” Sport tourism merupakan bagian yang sangat penting. Salah satunya adalah aspek media value, yang berguna untuk mempromosikan potensi-potensi pariwisata,” ujar Hariyanto.

Bupati kuningan, Acep Purnama, mempercayai jika ajang ini mampu menjadi media promosi pariwisata. Yang akan berdampak kepada peningkatan pendapatan dari sektor wisata dan juga ekonomi kreatif. Linggarjati merupakan daerah pedesaan di kaki Gunung Ciremai yang memiliki beragam potensi. Tak hanya bentang alamnya yang indah, namun sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia juga dipatri ditempat ini. Tepatnya di gedung linggarjati, tempat dimana perundingan linggarjati antara pemerintah Indonesia dengan Belanda.

Sejalan dengan terbukanya aksebilitas wilayah dengan dibukanya akses tol cikampek palimanan ( Cipali ). Rencana akses tol cisumdawu dan bandara internasional jawa barat, menjadi peluang emas bagi kabupaten kuningan untuk mengulang sejarah, Kuningan sebagai kota perundingan.

Kabupaten Kuningan sangat konsen terhadap pengembangan pariwisata nuansa baru ” MICE ” ( Meeting, Intensive, Convention anda Exhibition ). Mengingat industri ” MICE ” merupakan bagian dari industri pariwisata. Balap sepeda tour de linggarjati merupakan bagian exhibition yang nantinya akan digelar setiap tahun. ( AR ).

Sumber : sportourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *