Ketentuan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi ( SIM )

Posted on

nosoproject.com– Seperti yang sudah kita ketahui, surat izin mengemudi ini merupakan salah satu persyaratan penting. Agar kita bisa mengendarai kendaraan bermotor tanpa melanggar aturan dan juga ketentuan yang berlaku. Ternyata dalam membuat atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi ( SIM ) ada ketentuan yang harus kita patuhi. Dimana ketika akan memperpanjang jangan sampai melebihi batas masa berlaku dari sim itu sendiri. Kalau sudah melebihi batas yang berlaku, kita akan dikenakan tarif sama seperti dengan membuat sim yang baru.

Seperti yang telah ditulis di PERKAP Kapolri No. 9 Tahun 2012/ Pasal 28 Ayat 3 :

  1. Perpanjangan SIM dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya.
  2. SIM yang telah lewat masa berlaku ( lewat 1 hari ), diajukan untuk proses permohonan sim baru.

Sumber projectrmasi dari instagram sat lantas polres kuningan.

Jadi bagi anda jangan sampai lupa mengenai masa berlaku dari sim yang anda miliki. Karena telah 1 hari saja kita untuk memperpanjang sim tersebut, maka dengan otomatis kita akan membuat sim baru dengan harga pembuatan sim. Bukan dengan harga atau tarif untuk memperpanjang surat izin mengemudi ( SIM ) tersebut.

Demikianlah beberapa ketentuan perilah perpanjangan sim atau proses permohonan pembuatan sim baru. Sekali lagi saya ingatkan jangan sampai tidak mengecek kapan masa berlaku dari sim yang anda miliki habis. Informasi tersebut diambil dari instagram satlantas polres kuningan, jadi dapat anda percaya untuk kebenarannya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *