Kuningan Memasuki Masa Pancaroba Menuju Musim Hujan

Posted on

nosoproject.com– Saat ini wilayah Kabupaten Kuningan dan Sekitarnya sudah mulai memasuki musim hujan. Dimana nantinya sebelum benar-benar masuk ke musim hujan kita akan terlebih dahulu mengalami masa pancaroba. Atau masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Mari kita sama-sama kenali perihal masa pancaroba dan apa yang harus kita persiapkan.

Musim Pancaroba ialah masa peralihan antara dua musim utama yakni musim hujan dan juga musim kemarau. Dimana waktunya akan terjadi pada bulan april-maret untuk menuju musim kemarau. Dan akan terjadi pada bulan oktober-november untuk menuju musim hujan. Sedangkan untuk ciri-cirinya sudah musim pancaroba sebagai berikut :

  • Udara akan terasa panas atau berbeda dari hari biasanya.
  • Arah angin menjadi tidak teratur.
  • Potensi cuaca ekstrim semakin meningkat.

Untuk cuaca ekstrim ini jelas harus anda hindari. Dimana nantinya akan terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam jangka waktu yang singkat dan datang secara tiba-tiba. Selain kedua hal tersebut, dalam masa pancaroba ini berpotensi terjadinya angin puting beliung yang akan terjadi pada siang dan sore hari.

Lantas bagaimana caranya untuk menghadapi cuaca ekstrim ?

  1. Selalu update seputar cuaca terkini melalui aplikasi dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).
  2. Selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Menjauhi pohon-pohon tinggi ketika terjadi hujan lebat, petir ataupun angin kencang. Karena dikhawatirkan pohon tersebut tumbang.
  4. Selalu menjaga dan mematuhi keselamatan dalam berkendara.
  5. Jangan keluar rumah jika memang kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk anda keluar rumah.
  6. Jangan berteduh dibawah pohon ketika hujan lebat.

Saat ini wilayah kabupaten kuningan dan sekitarnya sedang berada dimasa pancaroba. Tetap berhati-hati dan tetap waspada. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *