by

Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? Penting 7 Tanggapan Hebat

Selain mempertanyakan antara ayam dan telur siapa yang duluan, ternyata ada juga pertanyaan yang tidak kalah sulit dijawab. Pertanyaan itu terkait dengan kesehatan dan fitnes.

Pertanyaannya adalah lebih baik makan sebelum olahraga atau sesudahnya aja ya? Hal itu pasti perlu dikenali jawabannya mengenang observasi telah menunjukkan bahwa tubuh akan menawarkan respon yang berlawanan terhadap olahraga pada saat kau makan atau tidak sebelum olahraga. 

Daripada berspekulasi dan tidak menerima balasan yang niscaya lebih baik kita bertanya pada hebat. Para peneliti di University of Bath, Birmingham, Newcastle, dan Stirling menganalis energi yang dikeluarkan oleh pria sehat yang berusia 20-26 tahun. Berikut yaitu rangkumannya:

1. Olahraga sebelum makan, bakar lemak lebih banyak

Masing-masing pria menjalani tiga percobaan. Mereka diminta untuk sarapan dengan susu dan oats, kemudian istirahat (tanpa olahraga), makan sarapan yang serupa 2 jam sebelum bersepeda, dan tidak sarapan sebelum melaksanakan olahraga selama 60 menit.

Hasil dari uji coba tersebut menunjukkan bahwa laki-laki yang tidak sarapan mengalami defisit kalori yang lebih besar. Dalam satu hari, ia mengalami defisit rata-rata sekitar 150 kalori. Itu artinya tidak makan apapun sebelum berolahraga bisa menjadi cara untuk menurunkan berat tubuh.

Penelitian lainnya yang dilakukan terhadap 273 orang memberikan hasil yang serupa. Mereka membakar lebih banyak lemak pada dikala berolahraga tanpa makan apalagi dahulu.

2. Serap lemak dalam tubuh

Ada klarifikasi lebih lanjut terkait penurunan berat badan dan opsi untuk tidak sarapan sebelum olahraga. Ketika kau berolahraga dalam keadaan perut kosong, tubuh tidak mempunyai energi yang diserap pribadi dari kuliner sehingga pada karenanya badan akan mengambil energi dari sumber yang lain. 

(Baca juga: Olahraga Malam Bikin Serangan Jantung? Ini Tips Aman Melakukannya)

Sumber lain yang dimaksud yakni lemak yang tersimpan dalam badan. Pada dikala lemak tersebut ditarik untuk menjadi sumber energi, di situlah kamu membakar lemak dalam badan secara efektif dan dalam rentang waktu tertentu mampu menurunkan berat tubuh. 

3. Kadar insulin rendah

Perlu dikenali juga bahwa berolahraga dalam keadaan lapar atau perut kosong akan menjaga kadar insulin tetap rendah. Mengapa itu diharapkan? Karena kondisi tersebut akan memungkinkan badan memproduksi lebih banyak hormon yang juga akan mengkremasi lemak.

Seorang andal berjulukan Phoenyx Austin menuturkan bawah pada saat insulin meningkat (lazimnya terjadi sehabis makan), secara alami tubuh akan berada dalam mode ingin menyimpan lemak bukan malah membakar lemak.

Dia menyertakan, walaupun kau olahraga mati-matian setelah makan, tubuh tetep tidak akan mengkremasi lemak hingga kadar insulin turun. Waktu yang diharapkan untuk menurunkan insulin lazimnya antara 2-3 jam.

4. Nggak makan membuatlemas ketika olahraga?

Selama ini kamu sudah terbiasa makan dahulu sebelum olahraga? Kalau nggak makan nanti lemes, takut pingsan. Apakah benar makan akan mempengaruhi penampilan dalam berolahraga? 

Beberapa observasi sudah dikerjakan demi menjawab pertanyaan tersebut. Sejauh ini sebagian besar penelitian memperlihatkan bahwa tidak ada dampak antara makan dengan tampilan dikala berolahraga khususnya jika olahraganya hanya ringan dan berlangsung kurang dari 1 jam.

Lalu energinya dari mana dong jikalau tidak makan? Tidak perlu cemas sebab badan kau itu lebih keren dari yang kamu bayangkan. Tubuh menyimpan sekitar 2.000 kalori dalam bentuk lemak dan glikogen. Simpanan itu cukup untuk memberi kamu energi dalam berolahraga. 

5. Makannya kapan dong?

Sekarang pertanyaan lain yang muncul yakni kapan waktu terbaik buat makan jikalau tidak mengonsumsi apapun sebelum olahraga? Kamu mampu makan secepat mungkin sehabis berolahraga tanpa mesti menunggu 2-3 jam. Makanan yang diusulkan adalah makanan yang kaya akan protein. 

6. Keuntungan makan dulu sebelum olahraga

Dengan penjelasan yang panjang di atas, apakah artinya kita tidak boleh makan sebelum olahraga? Sebenarnya tidak juga alasannya ternyata ada laba yang bisa ditemukan dari makan sebelum olahraga. 

Para peneliti mendapatkan bahwa orang yang sarapan sebelum olahraga mampu memperabukan lebih banyak karbohidrat. Kabar baik yang lain yakni makan sebelum olahraga juga mampu melancarkan metabolisme tubuh loh. 

Makan sebelum olahraga juga disarankan kalau yang kamu lakukan yaitu olahraga dalam durasi yang usang adalah lebih dari 1 jam. Hanya saja kau harus memilih makanan dengan tepat.

(Baca juga: Aplikasi Fitness Terbaik 2020, Bisa Olahraga Kapan Saja, di Mana Saja!)

Para hebat merekomendasikan makanan yang kaya akan karbohidrat yaitu opsi terbaik kalau ingin makan sebelum olahraga. Para atlet umumnya juga akan mengonsumsi kuliner jenis itu 3-4 jam sebelum olahraga untuk mengembangkan performa mereka. 

Kamu tinggal menyesuaikan nih, mana yang ingin kau peroleh dari berolahraga. Apakah ingin sehat sekaligus kurus atau mau sehat dan melancarkan metabolisme?

7. Makan apa yang baik sebelum olahraga?

Jika pilihan kamu jatuh pada yang kedua yakni makan sebelum olahraga, pastikan kau memilih untuk mengonsumsi makanan yang sempurna. 

Ada beberapa masakan yang dianggap kurang manis nih jika dimakan sebelum kamu berolahraga antara lain pisang, minuman yang mengandung kafein mirip kopi dan teh, alpukat, bunga kol, salad, minuman berkarbonasi, dan kacang-kacangan. 

Kesimpulannya yakni kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan. Jika kamu memang tidak berolahraga yang terlalu berat dan usang, tidak akan menjadi duduk perkara jikalau perut kosong dikala berolahraga. Hal itu justru terbukti elok untuk tubuh.

Dapatkan beragam kiat menjaga kesehatan badan lainnya dari CekAja.com. Kamu juga mampu mendapatkan produk asuransi kesehatan terbaik untuk diri sendiri dan keluarga, dengan mengajukannya secara gampang dan cepat melalui CekAja.com.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed