Mau Menyalip ? Coba Baraya Perhatikan Kondisi Berikut

Posted on

nosoproject.com– Berkendara kendaraan bermotor merupakan salah satu rutinitas yang mungkin setiap hari baraya lakukan. Baik itu berkendara ketika akan pergi bekerja, berlibur bersama keluarga ataupun kegiatan lainnya yang mengharuskan baraya menggunakan kendaraan bermotor. Namun, dalam berkendara biasanya ada kondisi dimana baraya harus menyalip kendaraan yang ada didepan.

Akan tetapi, menyalip kendaraan tentu tidak sembarangan menyalip. Ada beberapa kondisi yang harus baraya hindari jika akan menyalip kendaraan yang ada didepan baraya. Berikut adalah beberapa kondisi yang harus baraya hindari, dilansir dari laman instagram @satlantaspolrestacirebon :

1. Ketika Ragu-Ragu

Ketika akan menyalip kendaraan yang ada didepan, jangan lakukan jika baraya merasa ragu-ragu untuk menyalip. Karena biasanya, hal-hal seperti ragu-ragu dalam menyalip ini rentan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bisa berakibat patal. Untuk itu hindari menyalip ketika ragu-ragu.

2. Ketika Jalanan Menikung

Ketika kondisi jalanan yang akan memasuki tikungan, jangan coba untuk menyalip kendaraan yang ada didepan baraya. Terlebih lagi kendaraan tersebut memiliki body yang cukup besar, sehingga titik tak terlihatnya akan cukup besar. Yang tentu akan mengakibatkan baraya tidak dapat melihat kendaraan yang berlawanan arah dan rentan terjadi kecelakaan.

3. Saat Dijalan Menanjak

Saat berada dijalan yang menanjakpun harap hindari menyalip kendaraan yang berada didepan baraya. Pasalnya ketika jalanan menanjak, otomatis kendaraan yang berlawanan arah dengan kita dalam keadaan cepat. Sedangkan kendaraan yang kita kendarai juga sama sedang dalam keadaan cepat. Meskipun demikian ada baiknya hindari menyalip ketika berada dijalan yang menanjak.

4. Dijalan Raya Dengan Marka Jalan Tidak Terputus

Jika sepanjang jalan yang baraya lalui tidak terdapat garis marka putus-putus, jangan pernah menyalip kendaraan yang ada didepan. Karena marka jalan tidak terputus berarti kendaraan dilarang mendahului kendaraan yang berada didepannya.

5. Diarea Penyebrangan Jalan Atau Sekolah

Dilarang menyalip ketika kendaraan mendekati area penyebrangan jalan ataupun sekolah. Pasalnya diarea tersebut rentan sekali ada orang ataupun anak sekolah yang akan menyebrang. Tentu hal tersebut dapat berbahaya dan mengakibatkan kecelakaan jika kendaraan dalam kecepatan yang cukup cepat sulit untuk dikendarai.

6. Dijembatan Yang Kondisi Jalannya Sempit

Dijembatan dengan kondisi jalan kurang lebar jangan pernah baraya menyalip kendaraan yang ada didepan baraya. Pasalnya jika dalam kondisi jalan seperti itu, akan sulit menghindar jika muncul mobil ataupun kendaraan lain didepan baraya.

Semua kondisi diatas tentu memang sangat tidak aman untuk digunakan menyalip kendaraan yang ada didepan baraya. Selain itu juga tentu dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain jika memaksakan menyalip dalam kondisi tersebut.

Sumber Gambar : Oto Jurnalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *