Mau Nikah ? Begini Prosedur Lengkapnya

Posted on

KNGInfo.com – Pernikahan merupakan suatu acara yang sakral yang dilakukan oleh dua orang. Dimana tujuannya jelas agar pernikahan yang dilakukan sah didepan hukum yang berlaku di Indonesia. Dan juga sah menurut agama yang dianut oleh kedua mempelai yang akan menikah. Akan tetapi sebelum menuju hal tersebut, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan baik oleh calon mempelai pria ataupun calon mempelai wanita.

Berikut adalah beberapa prosedur yang harus ditempuh oleh kedua orang calon pengantin sebelum melaksanakan pernikahan. Disimak baik-baik agar pada saat melakukan prosedur tersebut tidak terjadi kesalahan.

1. Datang ke KUA dengan membawa dokumen sebagai berikut :

Pengantar dari Kelurahan atau Kepala Desa yang terdiri dari :

  • Surat keterangan untuk menikah.
  • Surat keterangan asal usul orang tua.
  • Surat keterangan tentang orang tua.

Menyertakan persyaratan sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP kedua calon pengantin.
  • Fotokopi KK kedua calon pengantin.
  • Pas Foto berukuran 2×3 dengan latar biru ( sebanyak 4 lembar ) beserta dengan softcopynya.

2. Pemeriksaan Berkas Nikah Oleh Petugas KUA

Setelah melakukan prosedur yang pertama, prosedur yang kedua berkas akan diperiksa oleh petugas KUA setempat. Tempat dimana anda tinggal atau berdomisili. Disini akan dilakukan verifikasi data dan juga kelengkapan persyaratan serta rukun nikah.

3. Dianjurkan untuk mengikuti bimbingan perkawinan (Bimwin) dan dikonsultasikan dengan KUA Setempat.

Bimbingan perkawinan ini merupakan salah satu prosedur yang harus anda ikuti. Sebelum melakukan bimbingan tersebut harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan KUA setempat.

4. Biaya Nikah

Setelah selesai mengikuti ketiga prosedur diatas, prosedur berikutnya ialah mengenai biaya nikah. Untuk biaya nikah yang dilakukan di KUA tidak ada biaya / GRATIS. Sedangkan untuk biaya nikah yang dilakukan diluar KUA ataupun dilakukan diluar jam kerja. Dikenakan biaya sebesar Rp. 600.000,- yang dibayarkan melalui bank dengan membawa kode pembayaran dari KUA.

5. Pelaksanaan Akad Nikah

Setelah keempat prosedur diatas dilaksanakan, tentu anda tinggal melaksanakan akad nikah. Dimana nantinya anda akan mendapatkan buku nikah yang diberikan oleh penghulu sesaat setelah akan nikah selesai dilaksanakan.

Itulah beberapa prosedur yang harus dilaksanakan ketika akan melakukan pernikahan. Informasi diatas diberikan langsung oleh Dirjen Bimas Kementrian Agama Republik Indonesia. Jika terdapat pungutan liar atau pungli ataupun penyimpangan lainnya. Bisa langsung melaporkan ke twitter/instagram @bimasislam atau ke no 0811189044. Kontak tersebut bisa melalui sms ataupun melalui whatsapp. Terimakasih semoga bermanfaat.