Mekanisme Dalam Menggunakan E-Samsat

Posted on

nosoproject.com– Pembayaran pajak kendaraan bermotor kini semakin mudah dan prosesnya sangat cepat. Hal ini tentu yang sangat diinginkan oleh warga masyarakat, terutama dalam hal ini warga masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Perlu anda ketahui bahwa badan pendapatan daerah provinsi jawa barat beberapa waktu yang lalu meluncurkan aplikasi e-samsat. Aplikasi tersebut diluncurkan guna memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan juga pengesahan STNK. Dengan cara pembayaran melalui ATM Bank yang tentunya telah bekerjasama di seluruh wilayah indonesia.

Lalu apa keuntungannya menggunakan E-Samsat Jabar ?

E-Samsat Jabar ini memberikan banyak sekali keuntungan serta kemudahan yang nantinya akan anda dapatkan. Pembayaran yang dilakukan langsung oleh wajib pajak bisa via ATM. Hal tersebut diharapkan dapat menghindarkan pencaloan, menghilangkan korupsi penerimaan pajak, ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan. Serta tentunya memberikan kenyamanan bagi para wajib pajak.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui E-Samsat ini bisa langsung dilakukan di 80.000 jaringan ATM-ATM Bank. Yang tentunya sudah melakukan kerjasama dengan E-Samsat ini diseluruh wilayah indonesia.

Untuk mekanisme cara pembayarannya sendiri sangatlah mudah. Anda tinggal mendatangi ATM yang sudah bekerjasama dengan E-Samsat Jabar untuk membayar pajak kendaraan bermotor anda.

Sedangkan berikut ini adalah syarat dan ketentuannya :

  1. Kendaraan tidak dalam status blokir ranmor atau blokir data kepemilikan.
  2. Wajib pajak memiliki telepon dan nomor seluler yang aktif.
  3. Wajib pajak memiliki nomor rekening tabungan dan kartu ATM di Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA atau Bank BRI dengan identitas yang sama dengan data kendaraan yang dimaksud.
  4. Kendaraan yang bisa melakukan daftar ulang adalah yang wajib pajak yang NIK/No. KTPnya telah sesuai (sama) antara yang terdaftar diserver samsat dan di rekening bank bjb atau bank bni atau bank bca atau bank bri.
  5. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 tahunan.
  6. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 tahunan.
  7. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.
  8. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan/badan sosial).
  • Mohon diperhatikan untuk pembayaran melalui e-samsat jabar ini, identitas pemilik kendaraan harus sama dengan identitas pada rekening bank yang akan digunakan.
  • Wajib pajak agar menukarkan struk dengan SKPD dan melakukan pengesahan STNK diseluruh layanan samsat daerah hukum kepolisian daerah jawa barat. Selambat-lambatnya dalam waktu 30 hari, apabila tidak dilakukan pengesahan STNK dinyatakan tidak sah secara operasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *