Mencari Talenta Penerus Kejayaan Sepakbola Indonesia Melalui Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019

Posted on

nosoproject.com– Sepakbola merupakan olahraga yang digemari oleh masyarakat diseluruh dunia. Termasuk di Indonesia, dimana sepakbola bisa menyatukan berbagai kalangan didalam satu stadion. Berbicara lebih jauh lagi perihal Sepakbola memang tidak akan ada habisnya, terlebih lagi mengenai prestasi Tim Nasional Indonesia dikancah Internasional.

Indonesia begitu sulit untuk kembali menjadi macan asia, seperti yang pernah terjadi diera tahun 80an sampai dengan 2000an. Prestasi Tim Nasional Sepakbola Indonesia dari tahun ketahun semakin sepi akan prestasi yang membanggakan. Padahal dimanapun dan kapanpun Tim Nasional Indonesia bermain, akan selalu ada pasukan Garuda yang mendukung.

Beruntungnya, dalam beberapa tahun ini prestasi garuda muda cukup menjanjikan. Dimana pada tahun 2013 dan 2019 garuda muda berhasil menjadi juara dan menjadi yang terbaik dikawasan Asia Tenggara. Mengalahkan Thailand dan Vietnam yang memang sepakbolanya sedang dalam kondisi maju.

Guna mendukung kemajuan Tim Nasional Sepakbola Indonesia dan juga mencari talenta-talenta penerus kejayaan Sepakbola Indonesia. Kementrian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019. Dimana Liga Sepakbola tersebut secara resmi dibuka oleh Menpora Imam Nahrawi di Lapangan Sepakbola UPI, pada Sabtu 16 Maret 2019.

Dimana nantinya Liga Sepakbola Berjenjang tersebut akan diselenggarakan diseluruh Indonesia. Tentu hal tersebut akan memudahkan tim kemenpora mencari talenta-talenta muda penerus kejayaan Sepakbola Indonesia.

Latar Belakang Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019

Liga Sepakbola ini merupakan bukti nyata komitmen Kementrian Pemuda dan Olahraga untuk melakukan percepatan prestasi Sepakbola Indonesia. Liga ini merupakan gelaran yang ke-4 kalinya diadakan oleh Kemenpora. Sedangkan untuk dasar Pelaksanaan liga berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yaitu :

  • Melakukan pembinaan usia dini dan usia muda secara berjenjang.
  • Menyelenggarakan kompetisi sepakbola kelompok usia tingkat elit (unggulan) satuan pendidikan dan Sekolah Sepak Bola.

Tujuannya jelas untuk percepatan peningkatan prestasi sepakbola nasional dan internasional.

Yang Istimewa ?

Yang sangat istimewa dalam gelaran Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019 ini ialah adanya Liga Sepakbola Putri U-17. Dimana liga tersebut merupakan liga yang pertama dan terbesar yang diselenggarakan di Indonesia. Karena memang menjangkau tim sepakbola putri yang tersebar di 34 Provinsi diseluruh Indonesia. Jelas ini merupakan bukti nyata dari Pemerintah. Yang tidak hanya memfasilitasi bakat sepakbola yang dimiliki oleh putra terbaik Indonesia. Akan tetapi Putri juga difasilitasi secara baik dan maksimal oleh Pemerintah.

Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019 ini akan diikuti oleh 4.000 Sekolah Sepak Bola. Dari 400 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia. Dimana Liga ini juga dibuka untuk U-12, U-14, U-16 dan U-21. Selain itu juga dibuka untuk Putri U-17.

Liga yang bergulir disetiap kelompok umur dijalankan oleh operator dengan latar belakang yang berbeda. Yaitu mulai dari jurnalis, praktisi, pengamat sepakbola, akademisi serta mantan pemain sepakbola nasional.

Menjadi Ajang Unjuk Gigi Pesepakbola Muda

Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019 kali ini jelas bisa dijadikan ajang unjuk gigi bagi para pesepakbola muda. Pasalnya, selama gelaran liga berlangsung, Kementrian Pemuda dan Olahraga akan menurunkan tim pencari bakat. Untuk mencari para pemain, talenta-talenta berbakat yang hadir dalam gelaran Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019 kali ini.

Nantinya, team pemandu bakat tersebut akan diisi oleh orang-orang yang ahli dibidangnya. Diantaranya adalah Fachri Husaeni, Ricky Yakobi, Rudi Keltjes, Firman Utina dan yang lainnya. Nantinya, tim juara (60%) dan peserta berbakat (40%) akan difasilitasi oleh Kemenpora untuk mengikuti pertandingan bertaraf Internasional di Asia, Eropa dan juga Amerika.

Penggunaan VAR (Video Asisstant Referee)

Dalam gelaran kali ini, Menpora Imam Nahrawi juga langsung meninjau penggunaan VAR atau Video Asisstant Referee. Bagi anda penggemar liga-liga eropa mungkin sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Dimana gunanya memang untuk membantu wasit dalam pengambilan keputusan terhadap apa yang terjadi didalam kotak penalty. Yang memang rawan sekali menimbulkan protes dari para pemain ketika terjadi kontak atau pelanggaran didalam kotak penalty.

VAR ini nantinya memang akan digunakan diseluruh pertandingan Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019. Jika VAR ini sukses dilakukan dan diterapkan diajang Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2019. Mungkin kedepannya Menpora Imam Nahrawi akan mengusulkan kepada PSSI untuk menggunakan VAR diajang Liga 1 atau bahkan kompetisi lainnya yang digelar di Indonesia.