Pemburu Berita Kuningan, Digratiskan Mengikuti Uji Kompetensi Wartawan

Posted on

nosoproject.com– Puluhan pemburu berita yang bertugas diwilayah kabupaten kuningan. Baik yang bekerja di media cetak, media radio, media elektronik maupun media online. Digratiskan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi S.IP., menyebutkan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pemburu berita. Pihaknya berusaha untuk melakukan terobosan-terobosan baru melalui peningkatan wawasan dan pengetahuan kewartawanan.

Termasuk pemahaman mengenai kode etik jurnalistik yang harus dijadikan pedoman pergerakan dalam bekerja dan mencari berita. Oleh seluruh jurnalis, agar segala sesuatunya tidak keluar dari yang telah ditetapkan. Sehingga pemberitaan-pemberitaan yang dibuatpun benar-benar berimbang sekaligus dapat dipertanggungjawabkan atau dengan kata lain bukan berita hoax.

Khususnya untuk tahun 2018 ini, PWI Kabupaten Kuningan akan menyelenggarakan kegiatan UKW supaya para wartawan memiliki kompetensi sebagaimana mestinya sesuai dengan program dewan pers. Namun diakui, dalam penyelenggaraan UKW diperlukan biaya yang cukup lumayan besar dan para wartawan biasanya terkendala dari sisi pembiayaannya. Sehingga khusus bagi wartawan yang bertugas di kabupaten kuningan, diringankan dengan dibebaskan dari segala biaya alias gratis.

Asalkan mereka memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Diantaranya ialah bekerja di perusahaan media yang berbadan hukum, Perseroan Terbatas (PT) atau yayasan. Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan redaksi (pimred), mengisi formulir yang sudah disediakan dan sebagainya.

” Insya allah sesuai jadwal, Rencananya UKW akan diselenggarakan pada tanggal 21-22 September 2018 di Wisma Permata. Dan bagi wartawan kabupaten kuningan, kami menyediakan kuota gratis sebanyak 30 orang. Tetapi sampai sekarang yang mendaftar baru 25 orang saja, sehingga masih kurang 5 orang lagi.

Padahal jauh-jauh hari, para pengurus PWI mengprojectrmasikan rencana UKW yang akan melibatkan tujuh penguji pusat dan provinsi kepada wartawan yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Termasuk organisasi-organisasi kewartawanan yang ada dikabupaten kuningan,” Ujarnya, Selasa (18/9/2018).

Disinggung peserta dari luar daerah, Iyan Irwandi menerangkan berdasarkan data yang masuk ke panitia. Ada belasan wartawan wilayah III yang akan ikut, tetapi mereka dikenakan biaya seperti penyelenggaraan UKW pada umumnya.