Perbedaan Asuransi Berjangka Dan Seumur Hidup

Posted on

Bagi kau yang ingin mengambil produk asuransi, niscaya sudah tak asing dengan perumpamaan asuransi berjangka dan asuransi seumur hidup. Sebenarnya, kedua produk asuransi ini sungguh berlawanan dan memiliki keunggulan maupun kelemahan masing-masing. Sebelum kamu menetapkan, produk asuransi mana yang hendak dipilih, maka pahami dengan baik dari pemahaman asuransi berjangka dan asuransi seumur hidup ini.

Perbedaan Asuransi Berjangka dan Seumur Hidup

Setiap orang mempunyai risiko ajal yang tak bisa diprediksi, sehingga produk asuransi jiwa berjangka maupun asuransi jiwa seumur hidup mampu menjadi salah satu penyelesaian yang sempurna untuk melindungi kita dari risiko tersebut. Apalagi, bila nasabah atau tertanggung merupakan pencari nafkah utama dalam keluarga, maka duit pertanggungan yang diberikan dari perusahaan asuransi tentunya akan sangat membantu perekonomian keluarga setelah ditinggalkan.

Oleh alasannya adalah itu, memilih produk asuransi jiwa yaitu hal yang sangat tepat untuk melindungi keluarga tersayang dari kerugian finansial yang mengintai sewaktu-waktu. Dengan memiliki asuransi jiwa, bekerja pun jadi lebih kondusif dan nyaman alasannya adalah keluarga terhindar dari risiko yang tak diharapkan.

Akan namun, setiap orang mempunyai kebutuhan dan kesanggupan finansial yang berlainan. Sehingga penting bagi kita untuk mengenali apa saja santunan yang diberikan oleh produk asuransi tersebut. Selain itu, harga premi akan menjadi salah satu pertimbangan kuat untuk memilih produk asuransi. Perhatikan juga metode pembayaran premi yang dilakukan pada asuransi seumur hidup maupun asuransi berjangka yang akan kau pilih.

Berikut ini ialah ulasan lengkap perihal asuransi jiwa berjangka dan asuransi seumur hidup yang kamu ketahui. Jangan lupa, tentukan kau memilih produk asuransi sesuai dengan keperluan biar keuangan tetap sehat. Dengan demikian, sumbangan asuransi pun bisa terus berlangsung hingga abad perlindungan berakhir.

Asuransi Berjangka

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance ialah produk asuransi jiwa yang memperlihatkan pemberian sesuai jangka waktu yang dipilih pemegang polis. Perlindungan terhadap jiwa ini misalnya selama 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, atau hingga dengan usia tertentu (contohnya hingga usia 60 tahun). Kemudian, sehabis kurun santunan selsai, maka pemegang polis asuransi mampu memilih untuk memperpanjang santunan hingga batas usia tertentu atau membiarkan asuransinya rampung.

Manfaat asuransi jiwa berjangka ini yaitu pemberian dengan waktu era yang ditetapkan dengan risiko meninggal dunia, cacat tetap maupun sebagian, sampai ongkos pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Selain itu, manfaat nilai tunai akan diterima bila risiko terjadi di luar rentang waktu pertanggungan.

Kelebihan dari asuransi jiwa berjangka, salah satunya yakni premi yang rendah. Selain itu, polis juga dapat diperpanjang jikalau masa berlakunya telah rampung. Selain itu, ada manfaat nilai tunai (cash value) yang bersifat opsi dan asuransi ini juga bisa dikombinasikan dengan asuransi lain, seperti asuransi kesehatan dan kecelakaan diri.

Pada asuransi berjangka, premi ditetapkan lewat beberapa faktor mirip usia, jenis kelamin, pekerjaan, tes kesehatan, riwayat penyakit di keluarga, status perokok atau non perokok sampai catatan penggunaan obat-obatan. Sehingga, kemungkinan premi satu orang berbeda dengan premi lainnya. Hal ini sesuai dengan beberapa aspek underwriting yang sudah disebutkan sebelumnya.

Asuransi berjangka juga mempunyai beberapa tipe yang mampu diseleksi dengan keperluan dari pemegang polis, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Asuransi Berjangka Masa Aktif Satu Tahun

Asuransi berjangka dengan abad aktif satu tahun ini bisa diperbaharui setiap tahunnya oleh pemegang polis sampai batas usia. Biasanya usia 65 hingga 70 tahun. Akan namun, premi polis asuransi akan meningkat setiap kali diperbarui. Hal ini meningkat makin bertambahnya usia pemegang polis, alasannya semakin besar juga terjadinya hasilnya.

2. Asuransi Berjangka Tetap

Asuransi berjangka tetap ini memiliki jangka waktu yang sudah ditetapkan sesuai waktu dukungan pada polis. Sehingga jangka waktu polis asuransi mampu lebih dari satu tahun. Pemegang polis tidak perlu melakukan pembaharuan untuk jenis asuransi ini.

3. Asuransi Berjangka Meningkat

Asuransi ini akan melindungi polis dari inflasi sebab sumbangan yang meningkat setiap tahunnya. Sehingga asuransi akan dimulai dari jumlah tertentu dengan persentase yang sudah ditetapkan secara terpola saat polis masih aktif, misalnya lima persen per tahunnya. Premi otomatis akan berkembangsesuai dengan peningkatan uang pertanggungan. Namun, asuransi jenis ini cukup jarang di pasaran.

4. Asuransi Berjangka Menurun

Asuransi berjangka menurun ini artinya, faedah akan menurun selama jangka waktu polis berlangsung. Biasanya, polis asuransi ini bekerjasama dengan bantuan kredit. Besarnya faedah yang didapatkan akan menurun perlahan hingga jadi nol, pada simpulan rentang waktu polis.

Selain itu, dalam asuransi berjangka umumnya akan ditawarkan manfaat tambahan. Seperti faedah penghasilan keluarga untuk memperlihatkan faedah berupa penghasilan kepada keluarga jika kepala keluarga (tertanggung) meninggal pada kurun pertanggungan. Besar premi polis umumnya tetap sama selama polis berjalan.

Selain itu asuransi berjangka ini lebih cocok buat kamu yang ingin memilih jenis asuransi jiwa yang menunjukkan jaminan kepada pemegang polis (tertanggung) dalam jangka waktu tertentu. Apabila dalam rentang waktu tersebut pemegang polis terkena musibah yang menyebabkannya meninggal dunia, pihak asuransi menunjukkan pertanggungan berupa klaim tunai. Akan tetapi, jika rentang waktu tersebut habis dan pemegang polis tidak mengalami risiko yang dipertanggungkan (misalnya meninggal dunia), maka premi yang telah dibayarkan akan dianggap hangus atau tidak bisa dicairkan menjadi uang tunai.

Kaprikornus, bisa ditarik kesimpulan asuransi berjangka memiliki manfaat yang sangat besar bagi kamu yang ingin memberikan sumbangan sesuai rentang waktu yang dikehendaki. Sehingga, jika kau lebih suka mengorganisir tabungan, investasi dan asuransi secara terpisah, maka produk asuransi berjangka ini lebih cocok alasannya adalah tidak ada faedah tabungan atau investasi pada asuransi ini.

Tidak hanya premi yang terjangkau, rentang waktu polis yang mampu diadaptasi dengan kebutuhan juga menjadi salah satu kelebihan asuransi berjangka ini. Asuransi berjangka ini memberikan dukungan atau perlindungan dari risiko ajal dikala kau menjadi pencari nafkah utama di keluarga.

Dengan demikian, banyaknya pilihan asuransi yang mampu kamu beli dibutuhkan mampu menawarkan kamu penyelesaian derma yang paling ideal dan sesuai dengan kebutuhan. Nah, asuransi berjangka ini ialah opsi yang cukup ideal buat kamu yang tengah memerlukan derma dengan harga premi yang ramah di kantong.

Selain itu, akomodasi penyeleksian waktu yang fleksibel juga bakal menawarkan kenyamanan buat kamu. Kamu pun mampu memperpanjang polis sesuai kebutuhan, atau menambahkan faedah suplemen yang lain jika kamu memerlukan tunjangan yang mudah dan sesuai dengan kemampuan finansial. Alhasil, keuangan kau pun akan tetap tersadar.

Asuransi Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup yakni perlindungan derma jiwa yang berlaku hingga seumur hidup. Proteksi ini bakal diberikan untuk nasabah pemegang polis selama tertanggung masih aktif dan belum meninggal dunia. Asuransi jiwa yang juga disebut Whole Life Insurance ini menerapkan batas-batas optimal pertanggungan. Di Indonesia, batasan usia asuransi seumur hidup di usia 99 tahun atau 100 tahun. Batasan ini sesuai dengan catatan dari angka keinginan hidup di Indonesia yang meraih 70 tahun untuk pria dan 72 tahun untuk wanita.

Asuransi jiwa seumur hidup ini mengembalikan total dari seluruh premi yang dibayarkan oleh nasabah dan ditambah bunga sekitar empat persen setiap tahunnya. Akan namun bila nasabah tidak melaksanakan klaim, duit premi tidak akan hilang. Sebab klaim tidak akan berpengaruh pada duit pertanggungan asuransi seumur hidup.

Meskipun kontran asuransi telah selesai, seluruh premi mampu tetap kamu miliki. Namun ada syaratnya. Harga premi asuransi seumur hidup ini besarnya mampu dua kali lipat melampaui asuransi jiwa bejangka. Tapi, besarnya duit pertanggungan yang hendak diberikan ke keluarga kau dikala terjadi risiko meninggal dunia mampu menjadi salah satu pertimbangan. Agar lebih mantap untuk mengajukan asuransi seumur hidup, kenali berbagai jenis asuransi seumur hidup ini:

1. Polis langsung

Polis eksklusif ini artinya, proses pembayaran premi harus dijalankan selama hidup hingga pemegang polis meninggal dunia. Namun, pembayaran ini akan berhenti secara otomatis jika tertanggung mencapai usia 100 tahun.

2. Polis pembayaran terbatas

Buat kamu yang tidak ingin membayar premi seumkur hidup, kau mampu menentukan polis pembayaran terbatas ini. Dalam polis pembayaran terbatas ada waktu yang telah disepakati hingga beberapa tahun tertentu. Makara, ada waktu yang ditetapkan ketika kamu telah tidak perlu membayar premi lagi, namun tetap mendapatkan pertolongan sampai final era pinjaman.

3. Polis tidak menyesuaikan diri

Polis jenis ini memperlihatkan duit yang diperoleh dari klaim dalam jumlah terbatas, sesuai dengan uang pertanggungan yang sudah disepakati di awal kalau tertanggung meninggal dunia.

4. Polis mengikuti keadaan

Polis mengikuti keadaan ini memberikan jumlah duit pertanggungan yang bisa lebih besar lagi. Karena ada bonus dan pembagian laba dari pihak perusahaan asuransi. Namun jumlahnya tidak pasti, tergantung dari kebijakan penyedia layanan proteksi yang ada.

Setelah mengetahui jenis dari asuransi jiwa seumur hidup, maka kamu bisa mengambil produk yang sesuai dengan kesanggupan dan tentunya kebutuhan pemberian. Selain itu, pertimbangkan beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dalam polis asuransi tersebut mirip nilai tunai yang berasal dari nilai tunai yang berasal dari pembayaran premi setiap bulannya. Selain itu, premi tidak akan hangus kalau nasabah tidak melaksanakan klaim hingga final kurun pertanggungan berjalan.

(Baca Juga: Senang Naik Transportasi Umum? Ini 3 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki)

Selain itu, dalam asuransi seumur hidup ini nasabah mampu mempergunakan nilai tunai dari premi tunai untuk melunasi tunggakan premi sampai untuk membayar premi selanjutnya. Ketika polis berakhir periode perlindungannya, uang yang telah dibayarkan akan diberikan sepenuhnya.

Melihat laba yang lumayan banyak dalam pinjaman jiwa pada asuransi seumur hidup. Kamu mampu menentukan produk asuransi ini untuk menjadi salah satu proteksi dari risiko yang mengancam sewaktu waktu. Meski premi yang dibayarkan lebih besar dari asuransi berjangka, keuntungan yang ada pada asuransi seumur hidup ini cukup layak dipertimbangkan.

Jangan lupa untuk memilih asuransi jiwa di perusahaan asuransi terpercaya dan sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan. Dengan demikian, kamu mampu lebih aman dan tenteram dalam membeli produk asuransi. Untuk menerima info produk asuransi terpercaya, kamu mampu mengajukan asuransi dengan mudah di Cekaja.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *