by

Presiden umumkan vaksin Covid-19 gratis, BPOM bersiap selesaikan rencana vaksinasi ?

Presiden Indonesia Joko Widodo mengumumkan vaksin Covid-19 akan didistribusikan tanpa syarat dan gratis pada Rabu (16 Desember 2020).

Sesuai dengan kebijakan vaksin Covid-19 gratis ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (BPOM) saat ini sedang menyelesaikan rencana atau rencana vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

 

Dr. Siti Nadia Tarmizi M. Epid, juru bicara Kementerian Kesehatan, mengatakan: “Kami dapat menekankan bahwa vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat tanpa syarat apapun, dan tidak ada persyaratan keanggotaan dan kegiatan BPJS Kesehatan.”

 

Hal tersebut terungkap dalam keterangan pers juru bicara vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada Jumat (18/12/2020), bertajuk “Mengembangkan Formulasi Vaksin Covid-19” .

Nadia mengatakan, saat ini Kementerian Kesehatan dan berbagai kementerian atau lembaga sedang memperdalam dan menyesuaikan rencana dan mekanisme vaksinasi.

 

Ia mengatakan: “Setelah rencana selesai, akan segera disosialisasikan dengan pemerintah daerah dan masyarakat.”

Sebagai rujukan, rencana vaksinasi Covid-19 menjadi prioritas pemerintah, dan akan dilaksanakan secara bertahap setelah BPOM mengeluarkan izin dan rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan penyediaan vaksin.

Dia menjelaskan: “Kementerian Kesehatan akan memastikan bahwa semua fasilitas pelayanan kesehatan, petugas kesehatan dan sistem distribusi siap untuk vaksinasi.”

 

Tujuan penerapan vaksin Covid-19 adalah untuk mempercepat upaya memutus mata rantai penularan atau mengurangi kecepatan penularan, penyakit, dan kematian akibat virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

 

Namun, upaya ini juga harus dilaksanakan sehubungan dengan penguatan 3T atau pengujian pemerintah, pelacakan dan tindak lanjut, dan prosedur kesehatan masyarakat.

 

Dia berkata: “Kami mendesak masyarakat untuk memberikan dukungan untuk program vaksinasi ini.”

Cara masyarakat dapat mendukung tidak dengan santai dan taat pada disiplin pemakaian masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan bersiap untuk divaksinasi nanti pada saat persiapan vaksin.

 

“Kami membangun kekebalan kelompok bersama untuk melindungi diri kita sendiri, melindungi negara dan mengakhiri pandemi.” Jelasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *