by

Rekomendasi 7 Daftar Buku Terbaik Untuk Belajar Saham

Di antara kamu mungkin ada yang kesengsem untuk mencar ilmu saham dan sedang mencari acuan buku wacana saham terbaik yang mampu kau jadikan tutorial. Pada potensi kali ini, CekAja.com akan mengulas daftar buku terbaik untuk berguru saham khusus untuk kamu. Simak bantu-membantu yuk!

Daftar Buku Terbaik untuk Belajar Saham

Sejatinya, saham tidak hanya berkutat seputar investasi saja, melainkan ada banyak hal yang mampu kau ulik perihal itu.

Kamu mampu mendapatkan beberapa informasi dan mencar ilmu wacana saham dari beberapa sumber, seperti ebook, blog ataupun mengikuti beberapa pelatihan yang diadakan oleh sebuah forum dan sebagainya.

Hanya saja, mencar ilmu melalui buku masih tetap menjadi metode terbaik dan paling efektif untuk sebagian orang, meskipun kamu perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli buku-buku tersebut.

Untuk itu, di bawah ini delapan daftar buku terbaik untuk mencar ilmu saham yang berhasil CekAja.com rangkum untuk kau.

1. The Intelligent Investor

Penulis: Benjamin Graham

Tahun Terbit: 1949

Tebal Buku: 640 halaman

Kisaran Harga: Rp185.000,-

Daftar buku terbaik untuk berguru saham yang pertama ialah The Intelligent Investor. Di dalam buku ini, Benjamin Graham mengajarkan tipe-tipe investor utamanya ketika sedang menanti waktu yang sempurna untuk menebak saham yang memiliki valuasi murah semarak.

Tidak cuma itu, buku ini juga berisi perihal sejarah dari pasar modal di kurun kemudian. Hal tersebut yang membuat buku The Intelligent Investor ini mempunyai jumlah halaman yang sangat banyak, sehingga buku ini tampaksangat tebal.

Buku karangan Benjamin Graham ini sudah dibuat lebih dari 50 tahun silam, namun tetap memiliki rancangan berpikir yang sama dan sangat cocok untuk para value penanam modal.

2. Smart Trader Rich Investor

Penulis: Ellen May

Tahun Terbit: 2013

Tebal Buku: 272 halaman

Kisaran Harga: Rp98.400,-

Daftar buku terbaik untuk belajar saham berikutnya adalah Smart Trader Rich Investor. Buku wacana saham karangan Ellen May ini banyak membicarakan hal-hal fundamental tentang saham.

Beberapa hal yang dibahas dalam buku ini berasal dari pertanyaan-pertanyaan, seperti kenapa mesti berinvestasi, awal mengenal saham, kenapa harus saham dan beberapa hal mendasar yang lain yang bekerjasama dengan pasar modal.

Buku ini sangat sesuai untuk kau pemula yang ingin berguru tentang saham dari awal. Hal tersebut alasannya adalah, buku ini memakai bahasa yang ringan sehingga gampang dimengerti oleh pembaca.

Terlebih, beberapa bab dalam buku ini dikemas dalam bentuk komik, sehingga lebih menarik untuk dibaca.

3. Invested

Penulis: Danielle Town

Tahun Terbit: 2018

Tebal Buku: 336 halaman

Kisaran Harga: Rp255.000,-

Invested menempati posisi ketiga dalam daftar buku terbaik untuk belajar saham. Di dalam buku ini Danielle Town bercerita tentang perjalanannya mengenal saham selama 12 bulan yang mendapatkan banyak dukungan pelajaran dari ayahnya.

Serupa dengan buku karangan Ellen May yang berjudul Smart Trader Rich Investor, buku yang satu ini lebih direkomendasikan untuk kau pemula yang memang baru ingin mencar ilmu wacana dunia saham.

Sebab, buku yang rilis pada 2018 ini tidak terlalu banyak membahas secara mendalam dan analisis terkait saham. Namun, ada perspektif mempesona yang mampu kau peroleh di buku Invested ini.

(Baca Juga: 4 Rekomendasi Buku Motivasi Diri Terbaik Sepanjang Masa)

4. Bandarmology

Penulis: Ryan Filbert Wijaya, S.Sn, ME

Tahun Terbit: 2014

Tebal Buku: 220 halaman

Kisaran Harga: Rp71.500,-

Daftar buku terbaik untuk berguru saham keempat adalah Bandarmology. Buku karangan seorang praktisi dunia investasi dan pasar modal sejak 2004 ini, berisi kiat-tips untuk mengetahui keadaan pasar modal, saat undangan saham sedang tinggi maka harga yang disediakan pun niscaya naik.

Tidak hanya itu, buku ini juga mengungkapkan keadaan pasar saham yang bergotong-royong dikendalikan oleh pihak yang memiliki modal besar.

Terutama jikalau menyaksikan pasar modal di Indonesia, yang realitanya orang Indonesia sendiri masih enggan untuk melakukan transaksi di pasar modal sendiri.

Hal itu yang balasannya menimbulkan nyaris 50% pasar modal, masih dikuasai oleh trader asing.

Dan balasannya yaitu tak jarang bila sebuah saham masih bisa dimainkan harganya, tidak hanya oleh trader aneh, melainkan juga oleh trader setempat.

Dalam buku Bandarmology ini, Ryan Filbert juga membahas beberapa perkara aktual secara mendalam, seperti mencari tahu siapa bandar dari perkara tersebut hingga kapan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar atau memasarkan saham sesuai dengan timing si bandar.

5. Investory

Penulis: Andhika Diskartes

Tahun Terbit: 2017

Tebal Buku: 160 halaman

Kisaran Harga: Rp160.000,-

Buku kelima dalam daftar buku terbaik untuk mencar ilmu saham ialah Investory. Buku ini memang sangat sesuai untuk dipelajari oleh para pemula, sebab tidak cuma membahas wacana saham saja, melainkan juga membahas beberapa topik yang lain seperti pengenalan reksadana, sampai alternatif investasi di dunia fintech dan sebagainya.

Semua materi tersebut dibahas secara mendasar, alasannya adalah pembahasan mendalamnya akan membicarakan wacana analisis saham itu sendiri bukan produk dari investasi lainnya.

Meski begitu, ada beberapa pendalaman materi saham yang dibahas dalam buku ini, di antaranya mirip teknik analisis teknikal, mendasar hingga dengan materi dalam menyusun suatu portofolio.

Tidak cuma itu, buku ini juga akan mengajarkan mu bagaimana cara membuat garis analisis secara sederhana, cara menggunakan google finance, candlestick dan yahoo finance.

6. Visual Guide to Elliott Wave Trading

Penulis: Wayne Gorman

Tahun Terbit: 2013

Tebal Buku: 288 halaman

Kisaran Harga: Rp585.208,-

Daftar buku terbaik untuk belajar saham yang keenam ialah Visual Guide to Elliott Wave Trading. Buku karangan Wayne Gorman ini tidak dianjurkan bagi kamu yang masih awam dengan dunia saham, pasar modal dan sebagainya.

Sebab, buku ini lebih rincian menjelaskan ihwal segi teknikal elliot wave trading yang juga akan menjelaskan ihwal evaluasi fibonacci. Untuk itu, buku ini sangat sesuai untuk kau yang ingin menjadi seorang trader. Karena seorang trader sudah pasti harus paham akan grafik.

7. I Made 2,000,000 in The Stock Market

Penulis: Nicolas Darvas

Tahun Terbit: 2015

Tebal Buku: 127 halaman

Kisaran Harga: Rp130.000,-

Daftar buku terbaik untuk berguru saham yang terakhir yaitu I Made 2,000,000 in The Stock Market. Sejatinya, buku ini merupakan buku lama yang wajib kau baca.

Sebab, buku ini secara tidak eksklusif menggambarkan pola pikir para investor dan trader zaman dahulu.

Sejatinya, buku ini dikarang oleh Nicolas Darvas, seorang dancer kaliber internasional yang kemudian masuk ke dalam dunia pasar modal tanpa memiliki niat spesifik.

Masuk ke dunia pasar modal secara tak sengaja, justru menciptakan Nicolas senang dan menyukai hingar bingar dan keramaian saham.

Tidak cuma itu, Nicolas Darvas dalam buku ini menemukan teori Darvas Box yang membantu para trader menciptakan keputusan dalam kegiatan jual beli saham.

Buku saham yang memiliki pinsip semakin sederhana, makin baik ini terbit untuk pertama kalinya pada 1960.

Cara Memilih Buku Terbaik untuk Belajar Saham

Sebelumnya kamu telah mengenali tujuh daftar buku terbaik untuk belajar saham, yang bisa dijadikan panduan untuk kau yang ingin menggeluti ke dalam dunia pasar modal.

Namun, jika kau ingin mencari buku untuk belajar saham lainnya, alangkah lebih baik bila mengetahui bagaimana cara memilih buku terbaik.

Hal tersebut bermaksud semoga kau tidak salah berbelanja buku yang nantinya akan jadi panduan mu dalam berinvestasi dan sebagainya. Untuk itu, di bawah ini CekAja.com sudah merangkum beberapa cara, diantaranya sebagai berikut.

  • Melihat Latar Belakang Penulis

Melihat latar belakang penulis menjadi hal pertama yang penting untuk kamu lakukan. Sebab, melalui latar belakang kamu akan mengetahui kapabilitas atau kemampuan penulis tersebut di bidang pasar modal.

Kamu bisa mengetahui kapabilitasnya lewat cara penulis tersebut membagikan ilmu dan keahliannya dari blog, vlog atau pun media sosial.

  • Hindari Pom-pomers

Hal berikutnya yang harus kamu amati ialah pom-pomers. Sejatinya, pom-pomers ialah orang yang kadang-kadang memberitakan saham secara berlebihan agar saham tersebut naik atau pun turun.

Kamu mampu mengetahuinya dengan melihatnya di media umum ataupun lembaga-lembaga yang orang tersebut sering membicarakan ihwal satu saham secara terus menerus. Jika hal itu terjadi, maka telah dipastikan itu ialah pom-pomers.

Untuk itu, seharusnya jika kau menghindari berbelanja buku yang ditulis oleh penulis-penulis yang hanya mengikuti setiap kata si penyebar info, sebab kapabilitasnya tidak terbukti.

Beberapa daftar buku terbaik untuk belajar saham beserta cara memilih buku saham terbaik telah kau ketahui di atas. Bagaimana, apakah di antara buku tersebut ada yang menarik minatmu?

Untuk bisa memiliki buku-buku tersebut, kau bisa membelinya offline store ataupun melalui ecommerce.

Untuk sistem pembayarannya, selain memakai duit cash kau juga mampu menggunakan kartu kredit, lho.

Tidak perlu khawatir jikalau kau belum mempunyai kartu kredit. Kamu mampu melakukan perbandingan dan mengajukannya dengan proses cepat hanya di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed