Menu

Mode Gelap

- · 2 Des 2020 07:09 WIB ·

Review 7 Keuntungan Cimb Niaga Mastercard Syariah Platinum


 Review 7 Keuntungan Cimb Niaga Mastercard Syariah Platinum Perbesar

Jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia terbilang masih minim. Bank Indonesia mencatat volume transaksi kartu kredit pada semester I 2019 cuma tumbuh 1,15%. Sementara nominal transaksi kartu kredit tercatat naik 9,53% dari Rp 151,49 triliun menjadi Rp 166,07 triliun. Kenaikan nominal transaksi kartu kredit utamanya terjadi pada penggunaan untuk acara belanja yang mencapai 9,93%.

Review 7 Keuntungan CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum

Penggunaan belanja dengan kartu kredit makin populer seiring dengan banyaknya promo yang ditawarkan banyak sekali kartu kredit, mulai dari produk fashion, kuliner hingga tiket pesawat bisa didapat dengan skema cicilan kartu kredit.

Namun, tidak siapa saja terpesona dengan faedah yang disediakan. Ada beberapa argumentasi mengapa penduduk menolak penggunaan kartu kredit, salah satunya yakni beban hutang dan riba.

Ya, meski kartu kredit memudahkan dalam sisi pembayaran karena menerapkan skema cicilan namun jumlah bunga yang harus dibayar cukup besar.

(Baca juga: Langkah Praktis & Tepat Cara Pengajuan Reimburse Asuransi Jiwa)

Menurut data State of the Global Islamic Economy 2017-2018, pangsa pasar Muslim meraih US$2,006 miliar atau berkontribusi sebesar 11,9% kepada pengeluaran global pada tahun 2016.

Pasar ini diprediksi akan berkembang7,3% menjadi US$3,081 miliar pada tahun 2022. Melihat tingginya angka keperluan produk keuangan berbasis syariah CIMB Niaga menjajal mengambil tugas secara eksklusif dengan menghadirkan CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum.

Tentang CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum

Kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum merupakan kartu kredit yang khusus disediakan bagi golongan mapan dengan penghasilan minimum Rp 7,500,000 /bulan.

Ini yakni kartu pembiayaan Syariah pertama di Indonesia yang menunjukkan program cashback bulanan sampai 5%. Salah satu keunggulan dari kartu kredit ini ialah dikerjakan dengan prinsip syariah.

Setiap transaksi yang dilakukan dilandasi dengan janji-komitmen sesuai prinsip Syariah, adalah Akad Kafalah (penjaminan), Ijarah (pembiayaan jasa), dan Qardh (pinjam-meminjam).

Kaprikornus Anda tidak butuhragu soal kehalalan dalam setiap transaksi alasannya adalah sudah sesuai syariat islam. Tidak ada istilah bunga pada kartu kredit CIMB Niaga Syariah Platinum ini melainkan Kafalah Fee.

Kafalah Fee ialah ongkos atas fasilitas penjaminan yang diberikan Bank bagi Pemegang Kartu terhadap Merchant atas semua keharusan bayar yang timbul dari transaksi antara Pemegang Kartu dengan Merchant. Perhitungan Kafalah Fee ditentukan menurut kredit limit.

Semakin tinggi limit maka semakin besar pula kafalah fee yang mesti dibayar.Kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum ini memperlihatkan limit sampai Rp 1M.

Pada dasarnya, hak Bank atas Kafalah Fee yakni sebesar biaya yang sudah disepakati sebagaimana tertuang dalam Tabel Kafalah Fee. Namun demikian terdapat prosedur rebate yang ialah apresiasi yang diberikan Bank kepada Pemegang Kartu.

Rebate sendiri ialah nilai yang mengurangi Kafalah Fee, yang diberikan Bank terhadap Pemegang Kartu dengan memperhitungkan jumlah transaksi yang dilaksanakan dan jumlah pembayaran atas tagihan kartunya.

Ada pula perumpamaan Net Kafalah Fee yang merujuk pada biaya Kafalah Fee yang telah dikurangi dengan rebate, yang dibebankan terhadap Pemegang Kartu setiap bulannya lewat lembar tagihan.

Ilustrasi: Jika Pemegang Kartu melakukan pembayaran tagihan secara sarat (full payment) sebelum tanggal jatuh tempo dan tidak ada kondisi yang menyebabkan konsekuensi ongkos, maka Bank dapat memperlihatkan apresiasi terhadap Pemegang kartu berupa penghematan Kafalah Fee secara penuh (full rebated). Sehingga pemegang kartu tidak dibebankan Net Kafalah Fee.

7 Keuntungan Memiliki CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum

Ada beberapa keuntungan yang mampu Anda nikmati bila memiliki kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum ini, diantaranya:

1. Bebas Iuran Tahunan & Fasilitas Cicilan Tetap

Salah satu laba terbesar menjadi nasabah kartu kredit CIMB Niaga Syariah Platinum ini ialah gratis iuran tahunan selama menjadi Pemegang Kartu.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan fasilitas cicilan tetap dalam setiap pembelanjaan retail anda dengan Kartu Kredit CIMB Niaga menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan dengan jangka waktu angsuran 3, 6 dan 12 bulan dan 36 bulan.

Fasilitas cicilan tetap ini mempermudah nasabah mengontrol keadaan finansialnya, sehingga hanya mengambil kredit sesuai dengan kemampuan pembayaran. Selain itu tidak ada bagan bunga untuk setiap cicilan jadi nasabah bisa bertransaksi tanpa memikirkan dilema riba.

2. Cash Back Setiap Bulan sampai 5%

Pengguna kartu kredit ini dapat menikmati cashback setiap bulan untuk pembelanjaan ritel di mana saja. Tiering cashback selaku berikut :

  • Spending Rp 500.000 – < Rp 1 juta : 1%
  • Spending Rp 1 juta – < Rp 2 juta : 2.5%
  • Spending Rp 2 juta – < Rp 3 juta : 3.5%
  • Spending Rp 3 juta : 5%

Maksimum cash back adalah Rp 150.000 per bulan per kartu kartu utama sementara transaksi yang tidak dihitung ialah tarik tunai, cash plus, transaksi ritel yang dibatalkan, transaksi yang diubah menjadi cicilan, recurring, iuran keanggotaan (ijarah fee), Net Kafalah Fee, transaksi gesek tunai, biaya dan denda.

Cashback akan diberikan terhadap nasabah dengan kondisi lancar dan tidak blokir. Cashback akan dikreditkan ke Kartu Syariah Platinum Anda selaku pengurang tagihan.

Transaksi pembelanjaan yang dipertimbangkan ialah transaksi pembelanjaan pada Kartu  Utama dan Kartu Tambahan. Cashback akan diberikan pada Kartu Utama. Total pembelanjaan yang diperhitungkan yaitu transaksi pembelanjaan yang tercatat pada tata cara Bank.

3. Nilai Tukar Kompetitif

Pemegang kartu kredit juga akan mendapatkan manfaat nilai tukar kompetitif untuk transaksi dengan mata uang asing, utamanya bagi Anda yang ber umroh / haji. Nilai tukar yang kompetitif tersebut juga berlaku untuk fasilitas cash advance. Sehingga Anda mampu lebih berhemat saat membeli atau melakukan transaksi di mancanegara.

4. Quick Pay & Otopay

Salah satu fitur unggulan dari kartu kredit ini yaitu Kemudahan pembayaran tagihan bulanan mirip listrik, telepon, handphone, TV kabel hingga internet dalam 1 (satu) lembar tagihan kartu kredit. Pemegang kartu cukup mengenang tanggal jatuh tempo tagihan kartu  tanpa perlu khawatir.

Ada Pula fitur otopay yang memberi akomodasi fasilitas pembayaran tagihan kartu secara otomatis lewat rekening simpanan/rekening Koran Anda di CIMB Niaga dimana Anda diberikan keleluasaan untuk menentukan pembayaran kartu setiap bulannya dengan opsi pendebetan 10% (minimum payment) atau 100% untuk full payment.

5. Transaksi Tarik Tunai

Kartu CIMB Niaga Syariah Platinum dilengkapi dengan kemudahan penarikan duit tunai dengan segera dan mudah lewat ATM dan bank lain berlogo MasterCard / Cirrus di seluruh dunia.

6. Poin XTRA

Setiap transaksi ritel kelipatan Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) akan mendapatkan 1 (satu) Poin Xtra, kecuali transaksi penarikan tunai (cash advance), transfer balance, cash plus, cashback, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/membership dan pembayaran angsuran.

Khusus Kartu Kredit Premium, setiap transaksi ritel kelipatan Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) akan menerima :

  • 9 (sembilan) Poin Xtra berlaku untuk Kartu Kredit CIMB Niaga Ultimate
  • 2 (dua) Poin Xtra berlaku untuk Kartu Kredit CIMB Niaga World
  • 1 (satu) Poin Xtra berlaku untuk Kartu Kredit CIMB Niaga Infinite Preferred

Poin Xtra yang dikumpulkan mampu ditukarkan dengan pilihan hadiah menawan mirip voucher belanja, mileage penerbangan dan barang yang lain pada Katalog Poin Xtra yang dapat diakses lewat https://cards.cimbclicks.co.id.

7. Perlindungan diri dengan Asuransi

Keuntungan lain yang mampu didapat para nasabah yakni proteksi diri dengan asuransi. Ya, setiap pemegang kartu kredit sudah dilengkapi dengan tunjangan jiwa mirip asuransi kecelakaan, santunan pembelian dan ketidaknyamanan perjalanan.

Asuransi akan mengganti ongkos perbaikan atau penggantian perlengkapan yang dibeli secara sah dengan kartu kredit tertanggung, dimana kehilangan atau kerusakan perlengkapan tersebut disebabkan oleh kebakaran, kerusakan yang tidak disengaja, pencurian, perampokan dan perampasan, masuknya cairan yang disebabkan oleh tumpahan air yang tidak disengaja, dan musibah.

Namun ada pengecualian untuk sejumlah barang ialah:

  • Harta benda yang dibeli untuk usaha atau bisnis
  • Efek, obligasi , saham dan surat berguna dan dokumen
  • Barang-barang yang terbuat dari emas/perak batangan atau tambahan, kerikil permata dan batu mulia
  • Binatang ternak
  • Gigi Palsu atau alat bantu pendengaran
  • Barang-barang hiasan dan pecah belah
  • Segala macam naskah dan karya seni atau barang kuno
  • Jam tangan, voucher belanja, tiket, busana dan gadget
  • Harta benda yang dijual atau diberikan terhadap pihak lain diluar anggota keluarga terdekat

Itulah beberapa laba yang dihadirkan oleh kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum. Jika Anda ingin mengganti transaksi tunai ke non tunai tanpa ada unsur riba dan sesuai dengan syariat islam kartu kredit ini mampu jadi nasehat terbaik.

Syarat dan Pendaftaran CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum

Jika Anda kepincut memiliki kartu kredit ini Anda mesti lebih dulu mempunyai pemasukan minimal Rp 7,5 Juta/perbulan. Sementara untuk standar umum dan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pengerjaan kartu kredit adalah sebagai berikut:

Persyaratan Umum:

  • Umur Pemegang Kartu Utama 21 – 65 tahun
  • Umur Pemegang Kartu Tambahan 17 – 70 tahun
  • Persyaratan Dokumen
  • Fotokopi KTP/Paspor (khusus WNA)
  • Fotokopi Slip Gaji/Asli Surat Keterangan Penghasilan/Fotokopi SPT PPH 21 Fotokopi Rekening Koran/Tabungan (3 bulan terakhir)
  • Fotokopi Akta Perusahaan dan/atau SIUP/Surat Ijin Praktek (bagi profesional dan pebisnis) Personal/ Company Guarantee
  • Fotokopi KITAS / KITAP
  • Fotokopi NPWP (batas limit >Rp 50 juta)

Biaya dan denda

Sementara untuk informasi perihal biaya dan denda yang diterapkan oleh CIMB Niaga Syariah Platinum ini yakni sebagai berikut:

  • Ijarah Fee Rp 300.000,-
  • Biaya tahunan Kartu tambahan Rp150.000
  • Min. pembayaran setiap bulan 10% dari jumlah total tagihan atau Rp50.000 (mana yang lebih besar)
  • Biaya penarikan tunai minimum Rp100.000/transaksi
  • Batas fasilitas penarikan tunai per hari 50% dari limit kartu

Itulah review tentang CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum yang mampu menjadi usulanuntuk Anda yang menginginkan jaminan halal dalam penggunaan kartu kredit.

Bijaklah dalam memilih kartu kredit maupun tujuan penggunaannya.Ingat kartu kredit yakni pengganti transaksi tunai bukan alat untuk terus berhutang. Bijak memakai kartu kredit akan menghindarkan Anda dari kebiasaan dan jeratan hutang yang tidak cocok dengan syariat Islam.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengobatan Asuransi Untuk Pekerja Dan Jenis-Jenisnya

2 Desember 2020 - 11:18 WIB

Pentinglah Asuransi Untuk Barang Elektronik Dan Contohnya

2 Desember 2020 - 11:15 WIB

5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

2 Desember 2020 - 11:09 WIB

tips Mengubah Kartu Kredit Yang Rusakâ Dan tips Mencegahnya

2 Desember 2020 - 11:06 WIB

Mengenal Pemahaman Dan Perbedaan Asuransi Perjalanan Syariah

2 Desember 2020 - 11:03 WIB

Rekomendasi 7 Daftar Buku Terbaik Untuk Belajar Saham

2 Desember 2020 - 11:00 WIB

Trending di -