Samsat Gendong, Semakin Mempermudah Warga Dalam Membayar Pajak

Posted on

nosoproject.com–¬†Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama dengan tim pembina Samsat Jawa Barat kembali melakukan terobosan baru yang inovatif. Sebagai alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor. ” SAMDONG ” kependekan dari samsat gendong, merupakan terobosan inovatif ini berawal dari diperlukannya pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ). Yang dapat menjangkau daerah ataupun wilayah yang tidak terjangkau oleh pelayanan samsat induk maupun samsat keliling. Untuk melayani keinginan komunitas warga yang ingin melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ).

Seperti layanan inovatif lainnya seperti samsat keliling, samdong melayani pengesahan Surat Tanda Kendaraan Bermotor ( STNK ) setiap tahun, pembayaran PKB dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Apabila dibandingkan dengan layanan samsat lainnya, samdong sendiri memiliki mekanisme yang lebih sederhana yakni :

  • Jarak yang ditempuh lebih dekat karena dua petugas samsat ( 1 petugas polri dan 1 petugas samsat ) membuka stand dilokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat disuatu lokasi. Contohnya saja di balai RW dan lokasi lainnya.

Syarat dan Ketentuan Samsat Gendong :

  1. Identitas Asli Pemohon atau pemilik yang sah.
  2. STNK Asli.
  3. Bukti pelunasan PKB dan SWDKLL ( SKPD telah divalidasi ) tahun terakhir.

Mekanisme ketika anda membayar pajak di samsat gendong :

  1. Wajib pajak melaksanakan pendaftaran.
  2. Pendaftaran diterima oleh Petugas Polri untuk diteliti persyaratannya agar sesuai dengan ketentuan.
  3. Petugas Polri melakukan input data dan memvalidasi STNK.
  4. Setelah menerima berkas, kemudian ditetapkan pajak dari SWDKLLJ.
  5. Petugas Dispenda memeriksa kebenaran pajak dan SWDKLLJ sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Melakukan pemanggilan terhadap wajib pajak untuk melakukan pembayaran sesuai dengan yang tertera dimonitor pelayanan.
  7. Setelah menerima pembayaran, kemudian SKPD divalidasi sebagai tanda bukti bahwa pajak telah diterima.

Untuk pelayanan samsat gendong diwilayah kabupaten kuningan dilaksanakan dibeberapa tempat berikut ini, sesuai dengan data yang diperoleh dari BAPENDA Jawa Barat :

  1. Berlokasi di Balai Desa Kadugede, Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.
  2. Berlokasi di POS Polisi Cilimus.

Untuk waktunya sendiri mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB. Bagi anda warga kuningan yang akan membayar pajak melalui layanan samsat gendong ini, diharapkan untuk membawa syarat-syarat yang lengkap agar bisa langsung melakukan pembayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *