by

Tips Diet Untuk Penderita Maag

Jakarta. Untuk umat muslim, menjalankan puasa ketika bulan Ramadan pastilah adalah kewajiban. Sayangnya, penyakit pada lambung laksana maag yang tak dapat diajak kompromi kadang mengganggu kelancaran ibadah puasa.

Tips Diet untuk Penderita Maag - Spesialis Klikdokter
Tips Diet untuk Penderita Maag – Spesialis Klikdokter | tips diet untuk penderita maag
Sakit Maag Jangan Makan Ini Selama Puasa  Indonesia Baik - tips diet untuk penderita maag
Sakit Maag Jangan Makan Ini Selama Puasa Indonesia Baik – tips diet untuk penderita maag | tips diet untuk penderita maag
Tips buat kamu yg punya keluhan asam - Fitri Pelatih Diet  - tips diet untuk penderita maag
Tips buat kamu yg punya keluhan asam – Fitri Pelatih Diet – tips diet untuk penderita maag | tips diet untuk penderita maag
Diet Sehat Untuk Penderita Maag for Android - APK Download - tips diet untuk penderita maag
Diet Sehat Untuk Penderita Maag for Android – APK Download – tips diet untuk penderita maag | tips diet untuk penderita maag

Mengutip kamus kedokteran, maag atau nyeri di lambung dinamakan sindrom dispepsia. Agar hati tenang menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, mengawal kesehatan lambung merupakan hal penting.

Dokter muda sekaligus praktisi kesehatan yang bekerja di di antara puskesmas di Jawa Tengah, Cicie Arina mengatakan, penderita dispepsia terbagi menjadi dua. Yaitu dispepsia organik dan dispepsia fungsional. Jenis kesatu ialah gangguan kesehatan yang ditandai dengan luka atau tukak di lambung dan usus dua belas jari.

Salah satu penyebab dispepsia organik ialah infeksi kuman Helicobacter pylori. Cicie menyarankan, penderita dispepsia organik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum beribadah puasa guna menemukan hal penyebab dispesia dan penanggulangannya.

Selanjutnya, dispepsia fungsional adalah gangguan lambung yang dirasakan sebagian besar orang. Penyakit ini terjadi karena diakibatkan pola santap yang tidak teratur, kelaziman makan camilan berlemak, minum kopi dan minuman bersoda terlampau banyak, stres dan merokok.

Untuk penderita dispepsia fungsional, menurut keterangan dari Cicie, diizinkan dan disarankan tetap berpuasa sekitar Ramadan. Sebab, kegiatan berpuasa tidak memunculkan gangguan signifikan terhadap situasi lambung.

TIPS DIET UNTUK PENDERITA MAAG* - D
TIPS DIET UNTUK PENDERITA MAAG* – D’two Nasa Pelangsing herbal – tips diet untuk penderita maag | tips diet untuk penderita maag

Bahkan, puasa akan membetulkan pola makan. Sebab, pola santap penderita dispepsia fungsional bakal lebih teratur, yakni paling tidak dua kali sehari di masa-masa yang sama masing-masing hari.

Secara umum, ada sejumlah hal praktis yang dapat dilakukan untuk mengawal kesehatan lambung. Berdasarkan keterangan dari Cicie, mereka yang sedang berpuasa dapat menjaga pola santap dengan menghindari makanan yang dapat memacu pengeluaran situasi asam lambung berlebih laksana kopi dan teh.

Cicie mengatakan, saat puasa, metabolisme organ tubuh bakal melambat dalam memahami makanan. Tidak melulu lambung, tetapi kinerja semua organ laksana usus dan sejumlah organ penyokong lain juga melambat.

Kemudian, untuk penderita dispepsia, mematuhi pola santap dan mengonsumsi makanan yang berisi gizi sebanding adalah keharusan. “Untuk penderita dispepsia dan gastritis, boleh puasa dengan menghindari sejumlah makanan terlampau asam atau pedas ketika buka atau sahur,” ujar Cicie.

Budi Warniati, Ahli Gizi RSUD Sayidiman Magetan menambahkan, seseorang yang menjalankan ibadah puasa dapat makan tiga kali sehari. Di samping sahur dan buka, dapat menambah satu kali santap lagi atau saat tiga jam sesudah berbuka puasa.

Tujuannya, meningkatkan jumlah kalori yang masuk. Manfaat lain, menyesuaikan frekuensi makan saat hari biasa. Bagi penderita dispepsia, kata Budi, ada sejumlah hal yang mesti dipatuhi supaya tidak terjadi nyeri lambung.

Pertama, mengawal diet makanan supaya tidak terlampau pedas dan tidak terlampau asam. Kedua, setelah santap sahur,  penderita maag disarankan tidak langsung tidur.

Sebab, istirahat selepas sahur menciptakan kadar asam yang terdapat di lambung menurun dan dapat menyebabkan tersedak. Ketiga, penderita dispepsia mesti menghindari makanan pedas, minum kopi dan makanan asam.

Hindari soda

Tips lain, guna menetralkan asal lambung, pada ketika sahur dan berbuka, Anda dianjurkan untuk meminum susu. Susu bermanfaat menetralisir asam yang terdapat di perut.

Jenis asupan yang pun harus dikurangi ialah yang berisi soda dan berisi lemak tinggi. Makanan yang berlebihan lemak dan soda bakal susah dipahami dan menciptakan kerja lambung menjadi lebih berat.

Selama puasa, kita juga dapat menghindari makanan dengan kandungan gas laksana kubis, kismis dan kacang. Beberapa makanan tersebut dapat menyebabkan eskalasi gas dalam lambung dan mengakibatkan perut seakan bergejolak.

Di luar asupan dan pola makan, Budi pun menekankan kestabilan emosi dan mengawal kebugaran fisik. Hal ini, menurut keterangan dari Budi, memengaruhi kadar asam lambung yang dikeluarkan.

Jika sudah mengawal pola santap yang sehat tetapi lambung tetap nyeri, terdapat baiknya kita memeriksakan diri ke dokter. Berdasarkan keterangan dari Cicie, penderita maag atau dispepsia akut mesti segera menemukan penanganan lebih lanjut supaya luka pada dinding lambung tidak semakin memburuk.

Untuk bantuan kesatu, Cicie menyarankan, penderita maag fungsional dapat segera mengonsumsi obat-obatan untuk meminimalisir gangguan asam lambung. Jika timbul fenomena sakit maag laksana mual, mulas, nyeri uluhati, kembung, segera netralkan dengan obat maag sebelum dan sesudah santap sahur. 

Tips Diet Untuk Penderita Maag – tips diet untuk penderita maag

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *