Menu

Mode Gelap

- · 2 Des 2020 08:39 WIB ·

tips Memajukan Produksi Asi Secara Alami Dengan Cepat


 tips Memajukan Produksi Asi Secara Alami Dengan Cepat Perbesar

Memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada sang buah hati selama enam bulan, ialah hal wajib bagi ibu. Namun, tak sedikit para ibu yang sering mengalami problem, terkait kurangnya buatan ASI. Nah, buat para ibu yang sedang mengalami hal tersebut, cobalah terapkan cara memajukan produksi ASI secara alami, dengan segera berikut ini.

cara meningkatkan produksi asi

Pasalnya, masih banyak ibu yang ternyata belum mengetahui cara meningkatkan bikinan ASI secara alami. Padahal, tubuh seorang ibu sendiri mampu memproduksi ASI secara alami untuk mencukupi keperluan bayinya.

Sehingga, kurangnya buatan ASI, banyak menciptakan ibu merasa cemas akan ketidakcukupan asupan ASI untuk sang buah hati. Meski ASI bisa digantikan dengan susu formula, tetapi para jago menyarankan supaya ibu bisa memperlihatkan ASI setidaknya hingga anak berusia dua tahun.

Nah, buat para ibu yang merasa buatan ASI nya masih dalam batas normal atau malah kurang, berikut cara mengembangkan buatan ASI secara alami, dengan segera.

Cara Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami

1. Sering menyusui sekurang-kurangnyasetiap 2-3 jam

Cara mengembangkan bikinan ASI secara alami yang pertama adalah dengan cara sering menyusui sekurang-kurangnyasetiap 2-3 jam sekali. Pasalnya, dengan menyusui sesering mungkin, maka bisa memicu hormon yang menciptakan payudara menciptakan ASI lebih banyak.

Tidak hanya itu, bila ibu berkala menyusui setiap 2-3 jam sekali, payudara juga akan mengirimkan perintah ke otak, untuk memproduksi ASI lebih banyak. Namun, jikalau ibu tidak konsisten dan jarang menyusui, maka produksi ASI pun akan menyusut.

2. Sering membersihkan bab puting dan lakukan pijatan

Cara memajukan bikinan ASI secara alami yang kedua ialah dengan membersihkan bagian puting, serta berkala melakukan pijatan. Biasanya, pembersihan puting mampu mulai dijalankan pada trimester ke-3, biar jalan keluar ASI lebih tanpa kendala.

Selain itu lakukan pijatan pada payudara dengan memakai baby oil. Misalnya, mirip gerakan pijatan memutar dari kiri kekanan, dan sebaliknya.

(Baca Juga: Cara Menyusui Bayi yang Benar)

3. Mengompres payudara

Tidak hanya memijat dan membersihkan, cara memajukan produksi ASI secara alami juga mampu dikerjakan dengan cara mengompres payudara, dengan air hangat.

Terapkan cara ini, jika payudara Anda terasa keras, yang menimbulkan bayi tidak mampu menghisapnya. Caranya, kompreslah dengan handuk hangat beberapa menit, dan payudara pun perlahan akan melunak dan ASI mampu keluar lebih lancar.

4. Pilih KB yang sempurna untuk ibu menyusui

Tahukah ibu, kalau ternyata penyeleksian KB juga bisa mensugesti bikinan ASI? Sehingga, menentukan KB yang sempurna mampu menjadi salah satu cara memajukan produksi ASI.

Nah, KB dengan menggunakan pil mini, mampu jadi pilihan KB yang tepat untuk ibu menyusui. Namun, kalau Anda tak mau menyangkut ke hormon, Anda mampu memakai alat kontrasepsi mirip kondom.

5. Rajin memompa ASI

Cara mengembangkan buatan ASI secara alami berikutnya adalah dengan tekun memompa ASI. Pasalnya, jika bayi Anda tidak sering menyusui atau kemampuan menyusui Anda belum pandai, maka Anda mampu melakukan pompa ASI.

Biasanya, kegiatan ini dikerjakan bagi para ibu yang gres mencicipi menyusui. Tujuan memompa ASI juga ialah untuk merangsang dan stimulasi pada payudara.

Tidak hanya itu, memompa ASI juga bisa mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi di payudara. Sehingga, payudara bisa memproduksi ASI kembali untuk mengambil alih ASI yang sudah keluar.

6. Sentuhan kulit ke kulit

Selanjutnya, ada cara mengembangkan buatan ASI yang mudah, yakni dengan cara bersinggungan kulit ke kulit antara ibu dan bayi ketika menyusui. Misalnya, bayi yang disusui dalam kondisi telanjang, mampu mendapatkan kontak pribadi ke kulit dada sang ibu.

Hal tersebut pun mampu dijadikan salah satu cara untuk memperbanyak ASI yang keluar. Pasalnya, hal tersebut mampu mendekatkan emosi yang dimiliki bayi dan ibu. Bahkan, beberapa negara juga menganjurkan untuk menyusui dengan metode kulit ke kulit, selaku salah satu cara metode yang baik.

7. Mengonsumsi masakan yang dapat memperbanyak ASI

Banyak ibu menyusui yakin bahwa, makanan juga sangat mempengaruhi produksi ASI. Sehingga, diusulkan untuk mengonsumsi kuliner-kuliner penambah ASI dibandingkan dengan memakai embel-embel atau obat-obatan, selaku cara memperbanyak ASI.

Intip Pilihan Makanan Sehat dan Enak untuk Memperbanyak ASI

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa mengonsumsi makanan tertentu juga mampu menjadi salah satu cara memajukan bikinan ASI secara alami.

Makanan sehat dan yummy untuk memperbanyak ASI disebut juga makanan laktogenik atau ASI booster. Makanan laktogenik ialah jenis kuliner yang mengandung galaktagog, adalah senyawa yang terdapat pada flora.

Senyawa ini, disebut mampu merangsang serta mengembangkan buatan ASI pada ibu menyusui. Tidak cuma itu, senyawa ini juga diduga mampu mengembangkan kadar hormon prolaktin, yakni hormon yang sangat berperan penting, dalam menolong perempuan untuk menghasilkan ASI secara alami sesudah melahirkan.

Apa saja sih kuliner yang dimaksud tersebut? Yuk intip 5 jenis masakan untuk memperbanyak ASI:

1. Sayuran hijau

Selain cara mengembangkan buatan ASI secara alami dengan acara sederhana, para ibu juga mampu melakukannya dengan cara mengonsumsi masakan sehat berikut ini, mirip sayuran hijau.

Namun, tidak semua sayuran mampu membantu memperbanyak ASI loh. Salah satu jenis sayuran yang mengandung galaktagog yaitu sayuran hijau mirip daun katuk, bayam, brokoli, kale, dan daun jinten.

Nah, untuk ibu menyusui, diusulkan untuk menyantap sayuran tersebut 1-2 takaran setiap harinya. Selain mengandung galaktagog, sayuran hijau tersebut juga mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen, dimana senyawa ini baik untuk mendukung buatan ASI.

2. Kacang-kacangan

Makanan berikutnya yang mampu membantu mengembangkan produksi ASI adalah kacang-kacangan. Kacang yang dimaksud disini yaitu mirip kacang almond, kacang kenari, kacang hijau, dan kacang merah.

Tidak cuma baik untuk dijadikan kuliner penambah ASI, kacang-kacangan juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Bahkan, kandungan protein, kalsium hingga zat besinya, yang sungguh kuat kepada bikinan ASI.

3. Biji-bijian

Berikutnya ada biji-bijian yang mampu dijadikan masakan penambah ASI. Biji-biji yang direkomendasikan di antaranya ialah biji wijen, biji chia, dan biji rami atau flaxseed. Pasalnya, biji-bijian ini mengandung senyawa fitoestrogen yang bagus untuk meningkatkan bikinan ASI.

4. Bawang putih

Siapa sangka, bahwa bawang putih ternyata masuk ke dalam salah satu makanan penambah ASI. Pasalnya, ada sebuah peneliti yang menyampaikan bahwa ibu menyusui yang menyantap bawang putih, bawang merah atau bawang bombay, bisa membuat rasa ASI menjadi lebih yummy.

Rasa ASI yang yummy, juga bisa mengakibatkan bayi menyusui lebih lama. Semakin sering bayi menyusui, maka buatan ASI juga akan kian meningkat.

5. Gandum utuh dan oat

Sama seperti kacang-kacangan dan makanan penambah ASI lainnya, gandum utuh dan oat juga mempunyai kandungan serat yang tinggi. Nah, selain bisa membuat ibu kenyang lebih lama, gandum utuh atau bubur oat, juga disebut mampu mengembangkan produksi ASI.

Nah, itulah beberapa informasi yang mungkin bisa berguna untuk Anda, khususnya bagi para ibu menyusui. Tidak lupa juga untuk beli perlengkapan menyusui yang kondusif dan berkualitas, seperti pompa asi, botol susu dan lain-lain.

(Baca Juga: Ragam Menu Mpasi yang Menyehatkan untuk Bayi Usia 6 Bulan)

Yuk, Beli Perlengkapan Menyusui Pakai Kartu Kredit Khusus Belanja

Agar lebih mudah dalam memproduksi ASI, Anda mampu beli semua perlengkapan tersebut di toko baby shop atau toko online langganan para ibu. Namun, jangan lupa kerjakan segala pembayarannya, dengan kartu kredit.

Selain mudah,kartu kredit juga mampu memberikanmu banyak keuntungan. Yuk, usikan kartu kredit pilihanmu, mirip kartu kredit khusus belanja kini juga, hanya di situs Cekaja.com!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengobatan Asuransi Untuk Pekerja Dan Jenis-Jenisnya

2 Desember 2020 - 11:18 WIB

Pentinglah Asuransi Untuk Barang Elektronik Dan Contohnya

2 Desember 2020 - 11:15 WIB

5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

2 Desember 2020 - 11:09 WIB

tips Mengubah Kartu Kredit Yang Rusakâ Dan tips Mencegahnya

2 Desember 2020 - 11:06 WIB

Mengenal Pemahaman Dan Perbedaan Asuransi Perjalanan Syariah

2 Desember 2020 - 11:03 WIB

Rekomendasi 7 Daftar Buku Terbaik Untuk Belajar Saham

2 Desember 2020 - 11:00 WIB

Trending di -