tips Membersihkan Sayuran Saat Pandemi Corona

Posted on

Sejak mewabahnya virus corona Covid-19, kegelisahan penduduk akan kebersihan pangan mulai meningkat.

Cara Membersihkan Sayuran Ketika Pandemi Corona

Tak cuma meliputi materi-bahan yang dipakai untuk menciptakan kuliner tersebut, cara membersihkan sayuran dan buah-buahan pun turut diamati.

Produk-produk yang kamu dapatkan di pasar maupun supermarket mungkin saja sudah disentuh oleh banyak tangan dari orang lain, sehingga kita sendiri pun tak menjamin akan kehigienisannya.

Padahal, virus corona jenis baru ini sungguh mudah tertular, utamanya melalui sentuhan tangan.

(Baca Juga: Situs Belanja Sayur Online dan Cara Memesannya)

Walaupun sejauh ini belum ada bukti faktual bahwa virus corona dapat tertular lewat masakan, bukankah akan lebih baik jikalau kita mulai melakukan antisipasi sejak dini?

Belum lagi, para jago juga turut mengatakan bahwa besar kemungkinannya orang dapat terinfeksi dari barang belanjaan yang terkena cipratan air liur dari batuk dan bersin sang penderita.

Maka dari itu, cara membersihkan sayuran serta aneka macam jenis materi makanan yang lain perlu kau ketahui.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas wacana cara membersihkan sayuran yang bagus dan benar di tengah pandemi corona yang masih mewabah. Yuk disimak bareng !

Cara Membersihkan Sayuran

Dilansir dari wolipop.detik.com, terdapat beberapa cara membersihkan sayuran yang mampu kamu lakukan, ialah:

1. Bersihkan Secara Sederhana

Ketika membersihkan sayuran ataupun buah-buahan, kau tidak perlu menggunakan sabun. Cukup menggosoknya dengan lembut sambal dibilas dengan air.

Sementara itu untuk beberapa materi masakan yang keras seperti melon, mentimun, wortel, dan sejenisnya, kau mampu menggosoknya memakai sikat sampai bersih.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tetap harus menggosoknya secara lembut semoga bahan masakan tidak rusak.

Seorang profesor dan spesialis penyuluh keselamatan pangan di North Carolina State University, Ben Chapman, dikala beliau melaksanakan penelitian wacana penyakit bawaan dan virus, tampak bahwa sebanyak 90 persen sampai 99 persen virus dan kuman pada kuliner justru mampu hilang hanya dengan memakai air mengalir saja.

2. Menggunakan Air Dingin

Idealnya, cara membersihkan sayuran dan buah-buahan yang akan kau konsumsi yakni memakai air dingin.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan air panas justru mampu menjadikan kerusakan pada materi masakan itu sendiri.

Banyak orang yang berpikir bahwa virus dapat hilang bila kita memakai air panas. Namun pada kenyataannya, virus dan bakteri gres akan mati bila kita menggunakan air yang sangat panas dan tentunya itu juga akan merusak sayur dan buah sekaligus mengkremasi tanganmu.

3. Bilas Sayur dan Buah Saat Akan Dikonsumsi atau Dimasak

Selain itu, Chapman juga menyarankan bahwa kita perlu membilas buah dan sayur sebelum akan disantap maupun dimasak, buka setelah kamu pulang dari toko.

Mengapa? Karena ternyata membilas sayur dan buah sepulangnya dari toko justru akan membuat bahan kuliner menjadi lebih singkat rusak.

Hal tersebut dikarenakan senyawa aktif yang terdapat pada produk untuk menangkal pembusukan akan lebih singkat hilang bila kamu membilasnya.

Maka dari itu, cara membersihkan sayuran dan buah-buahan yang tepat yakni ketika kau akan menyantap atau memasak bahan masakan tersebut.

Namun, jika kamu memang merasa lebih nyaman untuk langsung membersihkan makanan sepulangnya dari toko, maka kamu tetap mampu melakukannya.

4. Selalu Mencuci Tangan

Nah, inilah cara membersihkan sayuran yang terpenting untuk kau kerjakan, yaitu dengan selalu mencuci tangan, utamanya sebelum memegang bahan kuliner di dapur.

Hal tersebut dikarenakan kau mungkin tidak sadar tentang barang-barang apa saja yang kau sentuh saat membeli di supermarket.

Dan mungkin, mampu saja virus yang sangat mudah tersebar lewat sentuhan tangan tersebut terbawa ke rumah tanpa kau sadari.

Maka dari itu, sangat penting hukumnya untuk selalu mencuci tangan dengan memakai sabun sebelum menjamah aneka macam bahan makanan di dapur, baik itu untuk dikonsumsi maupun diolah.

5. Bersihkan dari Bagian yang Kotor

Langkah pertama dalam cara membersihkan sayuran yaitu dimulai dari bab yang kotor tersebut. Ini penting semoga bagian yang kotor nanti tidak akan tertinggal atau terlewatkan.

Ketika membersihkan bahan makanan, mungkin kadang kala kita lupa membersihkan sudut-sudut tertentu. Padahal, sudut itulah yang penting.

(Baca Juga: Ibu Hamil Terpapar Corona dari Tukang Sayur, Bagaimana Penyebarannya?)

Maka dari itu, supaya tidak lupa mulailah membersihkan sayuran dari bagian yang kotor terlebih dahulu, gres mulai menyebar ke bagian-bagian yang lain.

Sekarang, kau sudah tahu kan bahwa mengenali cara membersihkan sayur yang baik dan benar juga sungguh penting, utamanya dikala pandemi corona masih mewabah sampai ketika ini.

Yuk, ketahui lagi banyak sekali gosip modern mengenai virus corona di Indonesia, lifestyle, finansial, sampai kesehatan di CekAja.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *