tips Menentukan Masker Orisinil Untuk Menangkal Penyebaran Covid-19

Posted on

Cara menentukan masker orisinil tampaknya telah mesti dimengerti oleh setiap lapisan penduduk agar tidak terkecoh dengan banyaknya masker-masker ilegal yang dijual dipasaran.

Cara Memilih Masker Asli untuk Mencegah COVID-19

Dengan masih mewabahnya virus Corona Covid-19 di seluruh dunia tergolong Indonesia, penggunaan masker itu sendiri menjadi hal yang wajib dilakukan guna menekan penyebaran virus mematikan satu ini.

Hanya saja, ternyata pandemi corona yang tengah terjadi dikala ini justru turut dimanfaatkan oleh sebagian oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melaksanakan penipuan dengan memasarkan masker-masker imitasi.

(Baca Juga: Tips Aman Pakai Masker Kain)

Mungkin sebagian dari kamu akan bertanya, memang apa bedanya masker orisinil dan masker imitasi  dan kira-kira bagaimana sih cara memilih masker orisinil yang baik untuk mencegah corona?

Nah, maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang perlu kamu pahami supaya tidak terkecoh dalam berbelanja masker untuk menangkal penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia.

Cara Memilih Masker Asli

Cara memilih masker asli bantu-membantu mampu dipraktekan oleh siapapun, termasuk masyarakat awam. Hal tersebut dikarenakan perbedaan antara masker orisinil dan artifisial intinya mampu dilihat secara kasat mata.

Dilansir dari Tempo.co, masker artifisial tidak mempunyai filter molekul, sehingga fungsinya cuma sebatas menahan udara dari luar saja.

Padahal, masker yang benar semestinya bisa menahan molekul yang berterbangan di sekitar kita guna menangkal penularan penyakit.

Maka dari itu semoga tetap kondusif, cara memilih masker asli dimulai dari memilih masker yang memiliki dua warna yang berlainan, mirip hijau dan putih.

Kaprikornus, warna hijau senantiasa berada di posisi luar sementara yang putih berfungsi selaku lapisan penyaring untuk molekul besar seperti virus dan basil.

Sedangkan jikalau kau melihat dari bentuk fisiknya, maka mampu diketahui bahwa masker asli biasanya mempunyai bentuk yang lebih tebal alasannya adalah terdiri dari tiga lapisan. Sementara itu masker imitasi biasanya memiliki bentuk yang lebih tipis.

Jenis-jenis Masker

Tak boleh terlewatkan, di dalam cara memilih masker asli kamu juga perlu mengetahui beberapa macam masker yang lazimnya dijual di pasaran. Pada biasanya, masker terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Masker N95

Jenis masker ini dapat memfilter 95 persen partikel berukuran 0.3 um sekaligus menahan virus dari luar.

Masker satu ini lazimnya sungguh efektif digunakan untuk menghalangi penularan penyakit yang ditularkan lewat airborne atau udara.

  • Masker Surgical

Selanjutnya ada masker surgical yang memiliki tiga jenis lapisan. Lapisan terluar biasanya berwarna biru atau hijau yang bersifat water repellent untuk mencegah percikan masuk ke dalam masker.

Sementara itu lapisan tengah berfungsi selaku filtrasi yang dapat menahan sampai 90 persen partikel berukuran 5 um dan lapisan paling dalam untuk mengabsorbsi bagian yang lembab atau basah.

  • Masker Kain

Nah, yang terakhir ada masker kain atau masker yang yang dibuat dari bahan dasar katun. Jika dilihat dari efisiensi, jenis masker satu ini memang terbilang rendah untuk menghalangi virus dan kuman.

Selain itu, bahan katun yang tebal juga kerap kali menciptakan penggunanya menjadi merasa pengap.

Tata Cara Menggunakan Masker yang Baik dan Benar

Dilansir dari liputan6.com, terdapat beberapa cara dalam memakai masker yang baik dan benar, yakni:

  • Pastikan bahwa ukuran masker sesuai dengan bentuk muka kamu dan bisa menutupi bagian mulut, hidung, dan dagu. Selain itu, pastikan pula bahwa masker berwarna selalu berada di depan.
  • Selalu basuh tangan sebelum menjamah masker semoga tidak terkena kuman dan kuman yang terdapat di tangan sebelumnya.
  • Ganti masker secara rutin. Apabila kau memakai masker sekali pakai, maka langsung buanglah masker ke tong sampah kalau telah tamat digunakan. Namun bila kamu menggunakan masker kain, cucilah masker secara rutin.
  • Selalu cuci tangan dengan sabun sehabis mencampakkan masker yang sudah dipakai ke tong sampah.
  • Selalu kenakan masker jika bersin, batuk, atau jikalau sedang flu.

Tips Memilih Masker Pelindung

Setelah kau mengenali ihwal cara menentukan masker orisinil dan perbedaannya dengan masker imitasi serta jenis-jenis masker dan metode memakai masker yang baik dan benar, sekarang saatnya mengenali wacana kiat menentukan masker itu sendiri.

Perlu dikenali bahwa membeli masker tidak hanya dilihat dari keasliannya saja lho, melainkan juga dari faktor-faktor lainnya yang tepat dengan kebutuhan sehari-hari. Nah, apa sajakah itu?

  • Mempertimbangkan Kenyamanan

Terutama ketika masih mewabahnya virus corona Covid-19 di Indonesia, memakai masker sudah merupakan kewajiban sehari-hari yang tentunya akan kamu kenakan dalam rentang waktu yang cukup usang.

Dikarenakan hal itulah, menentukan masker yang nyaman perlu kamu jadikan sebagai bahan pendapatutama dalam memilih masker.

Pastikan bahwa tali masker yang kamu beli tidak menyakiti area telinga atau menyusahkan kau untuk bernafas.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli masker, tentukan bahwa tali karet mempunyai materi yang lembut dan tidak menyakiti.

Selain itu, penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama acap kali juga bisa menawarkan problem gres pada kulit.

Oleh alasannya adalah itu, disarankan pula untuk menentukan masker dengan materi katun, terutama untuk di bab masker yang menutupi wajah secara langsung.

  • Mempertimbangkan Fungsi

Perlu dimengerti bahwa jenis masker yang dijual dipasaran lazimnya memiliki fungsi yang berlawanan-beda lho.

Sebagai contoh, masker dengan materi non woven biasanya sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melindungi diri dari bubuk.

Sementara masker dengan materi kasa akan berfungsi untuk menangkal penyebaran penyakit sebab memiliki lapisan dan filter.

  • Mempertimbangkan Harga

Banyak pakar medis yang menyarankan untuk masyarakat mengganti masker secara berkala . Walaupun banyak masker yang dibanderol dengan harga yang tergolong tidak murah, namun menjaga kebersihan tetap menjadi nomor satu.

Tak jarang produsen yang menjual masker dalam bentuk bungkus box. Nah, hal inilah yang kadang-kadang mampu membantumu dalam menekan pengeluaran masker karena biasanya, harga masker yang dijual per box akan jauh lebih murah dibandingkan masker yang dijual secara eceran.

(Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Masker)

Ditengah pandemi corona yang masih mewabah sampai ketika ini, memang seharusnya penduduk berhubungan untuk membantu pemerintah dalam menekan penyebaran virus mematikan satu ini, salah satunya dengan berdiam diri di rumah, physical distancing, dan senantiasa menggunakan masker jika memang mempunyai kepentingan untuk beraktivitas di daerah umum.

Dengan banyaknya oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan memasarkan masker palsu, memang sebaiknya kau juga mempunyai pengetahuan yang cukup perihal cara memilih masker orisinil, agar tidak terkecoh.

Yuk, pahami lagi informasi modern yang lain tentang Covid-19, finansial, kesehatan, sampai lifestyle di CekAja.com sembari mengisi waktumu karantina mandiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *