by

Ucl

Jika Manchester United mengungguli Ajax Amsterdam di final Liga Europa, maka Inggris akan mengantarkan lima wakil ke Liga Champions, selain tersebut Everton pun sudah berhak ke Liga Europa walau berada di posisi ketujuh. Sekarang bagaimana andai Juventus juara Liga Champions, apakah tim Serie A bakal mendapatkan ekstra jatah di Liga Champions?

Major
Major ‘zero-day’ ransomware attack strikes UCL university campus – ucl | ucl
UCL to ban intimate relationships between staff and their students  - ucl
UCL to ban intimate relationships between staff and their students – ucl | ucl
IAFOR to Collaborate with University College London (UCL) in  - ucl
IAFOR to Collaborate with University College London (UCL) in – ucl | ucl

Dua finalis Liga Champions musim ini, Real Madrid dan Juventus, memang telah meyakinkan diri sebagai juara liga masing-masing, yang dengan kata lain secara klasemen dua-duanya langsung lolos ke fase grup Liga Champions musim depan. Maka Real Madrid dan Juventus secara tidak langsung menyerahkan satu slot saldo di fase grup. Hal ini disebabkan pemenang partai final Liga Champions menemukan jatah otomatis langsung ke fase grup Liga Champions musim depan.

Namun yang butuh diketahui, juara Liga Champions tak memengaruhi apapun bersangkutan peningkatan kuota di Liga Champions di setiap liga. Maka kekosongan tersebut tidak dipenuhi oleh tim dari liga tim yang juara. Karena kekosongan itu akan dipenuhi oleh juara Liga Europa.

UCL to ban intimate relationships between staff and their students  - ucl
UCL to ban intimate relationships between staff and their students – ucl | ucl

Secara regulasi, juara Liga Europa menemukan jatah di Liga Champions dengan terlebih dahulu berlaga di babak play-off, kecuali andai kesebelasan itu berhak ke fase grup langsung dari jalur posisi di liga. Namun andai situasinya laksana di atas, adanya slot kosong di fase grup sebab finalis Liga Champions musim ini telah meyakinkan lokasi lewat posisi di liga, maka juara Liga Europa-lah yang memenuhi slot kosong di fase grup tersebut.

Ini pun yang sebetulnya terjadi pada Liga Champions musim ini. Sevilla sejatinya mesti mengawali Liga Champions dari babak play-off sebab mereka ke Liga Champions berasal dari jalur juara Liga Europa. Namun sebab Real Madrid yang menjadi juara Liga Champions musim lalu telah mendapatkan tiket ke fase grup Liga Champions lewat jalur liga (posisi kedua di La Liga), maka slot tiket otomatis ke fase grup dari juara Liga Champions dipungut alih oleh Sevilla yang juara Liga Europa. Padahal Sevilla secara klasemen di La Liga musim lalu melulu menempati posisi tujuh.

Sebenarnya, penentuan siapa yang berlaga ke Liga Europa dan Liga Champions di Inggris lebih pelik sebab adanya jatah dari Piala Liga dan Piala FA, diperbanyak kesebelasan itu berada di posisi yang meloloskan mereka ke persaingan antar tim Eropa, yaitu Liga Champions dan Liga Europa. Sementara di Italia kepelikan tersebut sudah didapat oleh Milan yang meyakinkan tiket Liga Europa.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Jatah UCL dan UEL Liga Inggris

Jadi sekali lagi, siapapun juara Liga Champions, tidak akan meningkatkan jatah suatu liga guna Liga Champions pada musim depan. Real Madrid juara, La Liga Spanyol tetap akan mengantarkan empat wakil pada musim depan. Begitu juga andai Juventus juara, Serie A Italia tetap cocok dengan kuotanya pada musim depan, yaitu tiga tim saja. Bagi peringkat ketiga juga masih mesti berlaga lewat fase play-off.

(ard)

Ucl – ucl

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *