Wilayah Potensi Gerakan Tanah Di Kabupaten Kuningan Bulan November 2018

Posted on

nosoproject.com– Wilayah Kabupaten Kuningan dan sekitarnya saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Dimana biasanya ketika musim penghujan datang, potensi gerakan tanah akan lebih besar terjadi dibandingkan hari-hari biasanya sebelum musim penghujan datang. Gerakan tanah ialah proses pemindahan massa tanah atau batuan dengan arah tegak, mendatar atau miring dari kedudukan semula. Hal itu dikarenakan pengaruh gravitasi, arus air ataupun beban luar.

Wilayah di kabupaten kuningan sendiri memang banyak sekali pegunungan ataupun tebing. Tentu hal tersebut sangat riskan terjadi pergerakan tanah ataupun tanah longsor yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari laman Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Jawa Barat, berikut adalah beberapa wilayah di kabupaten kuningan yang rentan terjadi pergerakan tanah ataupun tanah longsor :

[table id=14 /]

Keterangan :

  • Menengah : Daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.
  • Tinggi : Daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Sedangkan berikut adalah gambaran mengenai potensi terjadinya gerakan tanah diwilayah kabupaten kuningan pada bulan november 2018.

Gambar diatas merupakan pemetaan prediksi pergerakan tanah yang mungkin terjadi diwilayah kabupaten kuningan. Yang didapatkan langsung dari website resmi KemenESDM PVMBG dan BMKG. Dikala musim hujan ini ada baiknya lebih berhati-hati lagi ketika berada diluar rumah terutama ketika hujan turun.